Senin, 01 Mei 2017

Mengenal DC New 52, Titik Baru untuk Memulai dan Perubahan Dunia DC

Dari mana sebaiknya membaca komik DC? Ketika ditanya pertanyaan tersebut, mungkin banyak yang menyarankan untuk memulai dari jajaran komik New 52. Memangnya apa sih New 52 itu? Simak pembahasannya berikut ini!


Mengenal DC New 52, Titik Baru untuk Memulai dan Perubahan Dunia DC

Selowae.Net – Harus diakui bahwa ketertarikan masyarakat pada film bertema superhero meningkat cukup signifikan sejak adanya proyek MCU dari Marvel dan proyek DCEU dari DC. Bahkan akhir-akhir ini, di internet mulai beredar komik-komik superhero yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Padahal sebelumnya hanya komik jepang (manga) saja yang banyak ‘dibajak’ ke bahasa Indonesia, sementara komik Amerika jarang bahkan mungkin hampir tidak ada.

Tapi bagi pembaca baru, bisa dipastikan akan merasa kebingungan ketika mau mulai mengikuti komik DC maupun Marvel. Karena memang komik-komik superhero Amerika sangat kompleks, terpisah-pisah dan ada berbagai macam versi.

Untuk mengatasi problem di atas, sebenarnya DC Comics sudah berkali-kali melakukan re-boot yang bertujuan memudahkan para pembaca baru untuk mengikuti cerita-cerita komik DC yang sudah berjalan selama hampir 90 tahun (yang secara logika nyaris mustahil untuk diikuti semuanya dari awal).

Re-boot pertama DC Comics yang menghebohkan diceritakan dalam event Crisis on Infinite Earths (1985) yang banyak mengakibatkan kematian superhero DC (termasuk kematian The Flash dan Supergirl). Re-boot setelah event ini adalah dunia DC yang dulunya terdiri dari banyak bumi (universe) dipadatkan menjadi satu bumi (universe).

Re-boot keduanya diceritakan dalam event Zero Hour: Crisis in Time (1994). Dikisahkan Parallax merasuki Hal Jordan (Green Lantern), ia mulai menggila akan kekuatan yang dimilikinya dan me-reset big bang di awal waktu. Beberapa superhero yang tergabung dalam JSA menjadi korban dalam kejadian ini. Setelah event ini, semua komik terbitan DC diberi nomor #0 dan beberapa karakter (seperti Hawkman) mendapat asal-usul baru.


Baca juga:


Re-boot ketiga termasuk yang paling besar, diceritakan dalam event Infinite Crisis (2005). Kejadian ini mengembalikan konsep bumi yang menjadi satu di event Crisis of Infinite Earths menjadi banyak kembali (menjadi 52 universe). Setelah Infinite Crisis, sejarah di dunia DC langsung melompat ke satu tahun berikutnya. Komik yang terbit setelahnya mengambil timeline setahun setelah kejadian Infinite Crisis.

Re-boot keempat terjadi dalam event Final Crisis (2008), yang merupakan penutup dari krisis yang cukup panjang di dunia DC. Cerita ini berfokus pada kemunculan Darkseid dan pasukannya di planet Bumi. Batman (Bruce Wayne) meninggal dalam event ini dan Barry Allen (The Flash) kembali hidup di dunia DC.

Tahun 2011, DC kembali memperbaharui universe-nya, dimulai oleh event komik The Flashpoint yang kemudian dilanjutkan dalam event New 52. Re-boot New 52 sendiri dilakukan dengan pertimbangan kelanjutan cerita yang sudah terlalu lama dan strategi untuk menarik pembaca baru. Yang mana langkah itu bisa dibilang sukses walaupun banyak juga fans lama yang menyayangkannya.


Awal Era New 52


Cerita New 52 dimulai dari komik berjudul The Flashpoint Paradox, di mana The Flash yang mampu berlari dengan kecepatan cahaya berlari terlampau cepat sehingga dapat pergi ke masa lalu. Namun perjalanan ke masa lalu memiliki risiko yang sangat berbahaya, karena satu kejadian kecil saja yang berubah, masa depan bisa berubah besar-besaran. Dan karena The Flash melindungi ibunya yang seharusnya sudah mati, paradoks waktu pun terjadi. Dampaknya sangat besar. Masa depan berubah besar-besaran. Bukan hanya kehidupan Barry Allen (The Flash) saja yang berubah, tapi juga seluruh semesta DC.

Setelah event ini, komik jilid baru (dari issue 1) pun dirilis oleh DC Comics. Cerita masing-masing karakter dalam komik versi baru sedikit banyak dirubah, walau memang ada beberapa karakter (seperti Batman dan Green Lantern) yang mempertahankan sebagian besar cerita di masa lalu.

Dengan adanya New 52, pembaca baru tidak perlu repot-repot mencari cerita-cerita lama untuk bisa memahami universe DC. Karena dalam New 52, cerita versi lama yang sudah dibangun bertahun-tahun itu dianggap tidak pernah ada.


Perubahan dalam New 52


apa itu new 52 adalah komik dc

Dengan adanya New 52, berbagai perubahan cerita dan visual tentu diberlakukan oleh DC Comics. Berikut merupakan beberapa perubahan dalam komik era New 52:


  • Dalam New 52, aktivitas superhero di dunia DC baru ada (dimulai) 5 tahun lalu. Di awal kemunculannya, para superhero dianggap sebagi vigilante (main hakim sendiri) yang tidak disenangi oleh pemerintah. Jadi jangan kaget kalau ada adegan Batman diburu petugas kepolisian saat beraksi.
  • Semua superhero dan super-villain DC mendapat desain kostum baru, termasuk karakter ikonik seperti Superman, Batman, Wonder Woman dan The Flash. Desain kostum versi baru terlihat lebih kompleks dan modern. Contohnya saja The Flash yang kostumnya memiliki kesan armor dan Superman yang sudah tidak memakai celana dalam di luar (kostumnya seperti yang dipakai dalam film Man of Steel dan Batman v Superman).
  • Asal-usul Cyborg (Victor Stone) dibuat mirip seperti film BvS, di mana ia nyaris tewas karena terkena ledakan Boom Tube. Akibat kejadian itu, Silas Stone, ayahnya yang seorang ilmuwan terpaksa harus membuat ulang anaknya sehingga menjadi Cyborg. Ketika berhasil Online, Cyborg langsung membantu superhero lainnya untuk menghadapi pasukan Apokolips dan Darkseid.
  • Martian Manhunter (J’onn J’onzz) yang di beberapa versi sebelumnya selalu menjadi salah satu anggota JLA kini tidak lagi dimasukkan dalam Super Seven (sebutan awal The Flash untuk tujuh superhero pendiri JLA). Dalam New 52, posisinya digantikan Cyborg (Victor Stone) yang di versi sebelumnya hanya tergabung dalam Teen Titans.
  • Teen Titans diceritakan baru terbentuk, dengan anggota awal: Red Robin (Tim Drake), Kid Flash (Bart Allen), Wonder Girl (Cassie Sandsmark), Superboy (Kon-El), dan tokoh-tokoh baru seperti Solstice, Bunker dan Skitter. Tidak ada referensi sama sekali apakah pernah ada reinkarnasi Teen Titans sebelum ini.
  • Barbara Gordon (Oracle, Batgirl) sudah tidak lagi lumpuh. Diceritakan selama setahun terakhir, Barbara Gordon melakukan operasi rutin yang akhirnya bisa kembali membuatnya berjalan dan sekali lagi menjadi Batgirl.
  • Dalam New 52, Tidak diceritakan adanya aktivitas superhero di era Perang Dunia ke-2. Di versi sebelumnya, aktivitas superhero di jagad DC dimulai sejak tahun 1940-an, dengan Justice Society of America (JSA) menjadi tim superhero pertamanya. Karakter-karakter JSA di versi New 52 kini dikisahkan hidup di Earth 2 (dalam era modern).
  • Superman (Clark Kent) kembali ditinggalkan orang tua angkatnya sejak ia kecil. Di versi New 52, Clark Kent bahkan belum menikah dan membuka rahasia jati dirinya kepada Lois Lane (mirip cerita Man of Steel). The Flash (Barry Allen) juga diceritakan belum menikah dengan Iris West.
  • Selama 5 tahun kehidupan superhero Batman, ia pernah menjadikan Dick Grayson sebagai Robin pertamanya selama 2 tahun. Lalu Jason Todd selama 2 tahun, dan Damian Wayne (anak Bruce Wayne) selama setahun terakhir.
  • Wonder Woman kembali menjalin hubungan dengan Steve Trevor (seperti versi sebelum tahun 1985).
  • Komik-komik Wildstorm (yang dulu dimiliki Jim Lee) tidak lagi dibiarkan hidup dalam dunianya sendiri. Di New 52, semua karakter Wildstorm dicampur aduk dengan karakter DC lainnya.



Demikian sedikit pengenalan tentang DC New 52 dan berbagai perubahan di dalamnya. Klik Next untuk membaca kelanjutan dari New 52, yaitu DC Rebirth.



Next > DC Rebirth

Previous Post
Next Post

post written by: