Senin, 01 Mei 2017

Biografi Frank Miller, Kreator The Dark Knight Returns


Simak biografi Frank Miller, pria yang berani membuat Batman keluar dari masa pensiunnya!


Selowae.NetFrank Miller bukan nama yang asing lagi di dunia komik. Kreator, penulis sekaligus artist ini mungkin bisa dibilang salah satu jenius yang membawa komik melampaui batas-batas yang ada. Para fans komik akan langsung mengasosiasikan nama Frank Miller dengan The Dark Knights Returns, Daredevil, 300 atau Sin City.

Biografi Frank Miller, Kreator The Dark Knight Returns
Biografi Frank Miller

Pria kelahiran 27 Januari 1957 di Maryland, AS ini mulai disorot ketika ia menjadi artist untuk Peter Parker: Spectacular Spider-Man edisi #27 dan #28 pada tahun 1979. Marvel Comics tertarik dengan hasil kerja Miller di Spectacular Spider-Man dan mengangkatnya sebagai penciller untuk serial Daredevil setelah Gene Colan memutuskan untuk berhenti.

Miller pun berhasil mengangkat Daredevil dari komik yang kurang mendapatkan perhatian menjadi komik yang paling banyak dicari oleh para penggemar. Semua itu berkat gaya gambar Frank Miller yang realistis dan berbeda. Ia memberi kedalaman pada setiap tokohnya (juga konflik emosional yang mereka hadapi) dengan penuturan cerita yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam komik mainstream. Pada awalnya, ia hanya bertugas sebagai artist, tapi akhirnya Frank Miller juga menulis sekaligus menjadi artist untuk serial Daredevil.

Biografi Frank Miller, Kreator The Dark Knight Returns

Bersama DC Comics, Miller meroketkan karyanya, Ronin serta beberapa kisah Batman yang menurut pendapat banyak penggemar dianggap sebagai salah satu kisah Batman terbaik. Sebut saja seperti The Dark Knight Returns, Batman: Year One dan The Dark Knights Strikes Again.

Dalam The Dark Knights Returns, Frank Miller menampilkan sudut pandang elseworld di mana Batman memutuskan untuk pensiun setelah kematian Jason Todd. Lalu Batman kembali dari pensiunnya dan mendapatkan Robin baru, seorang remaja perempuan bernama Carrie Kelley. The Dark Knight Returns tidak hanya mengisahkan kembalinya Batman, namun juga menyajikan pertikaian legendaris antara Batman dan Superman yang kemudian menjadi salah satu inspirasi film Batman v Superman: Dawn of Justice (2016). Miniseri ini dilanjutkan Miller dalam komik The Dark Knights Strikes Again pada tahun 2002.


Artikel terkait:



Pada tahun 1991, Frank Miller kembali mengguncang industri komik Amerika ketika ia menerbitkan Sin City (yang saat ini telah dibuat versi filmnya). Karya Frank Miller yang satu ini mengejutkan banyak penggemar dan kritikus dengan cerita detektif bergaya noir dan artwork yang menakjubkan. Bersama Lynn Varlet, istrinya yang juga seorang pelukis, Frank Miller kembali membuat para penggemarnya tercengang dengan 300. Sebuah cerita yang diangkat dari kisah 300 tentara Sparta yang harus menghadapi Persia, dan kenyataan bahwa mereka tidak mungkin bisa menghindari kekalahan.

Tidak hanya di dunia komik saja, Miller juga merambah media lain dengan menulis naskah untuk serial animasi Big Guy and Rusty The Boy Robot serta beberapa naskah film seperti Robocop 2, Robocop 3, Elektra, Sin City dan sebagainya.


Demikian biografi Frank Miller dan sedikit sepak terjangnya dalam industri komik Amerika. Klik Next untuk membaca biografi John Romita Sr.


Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: