Sabtu, 27 Mei 2017

Macam-macam Hulk dalam Komik Marvel, dari Savage Hulk sampai World Breaker

Ada berbagai macam Hulk atau inkarnasi Bruce Banner dalam komik Marvel. Simak daftar lengkapnya dalam artikel berikut!


Macam-macam Hulk

Selowae.Net – Bruce Banner adalah ilmuwan cerdas yang memiliki kepribadian ganda akibat trauma masa kecilnya. Setelah terkena radiasi sinar gamma, kerpibadian ganda itu kemudian terwujud dalam sosok Hulk. Dalam wujud ini, Banner mendapatkan kekuatan yang sangat dahsyat namun emosinya jadi susah dikendalikan. Itulah Hulk yang selama ini kita kenal. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak versi lainnya dari Hulk? Jika kamu penasaran, berikut merupakan profil singkat dari berbagai jenis Hulk dalam komik Marvel!


#1 - Savage Hulk


Macam-macam Hulk marvel

Savage Hulk adalah sosok Hulk yang selama ini kita kenal. Dia memiliki fisik yang sangat kuat, namun cenderung bodoh dan susah dikendalikan. Dalam wujud ini, kekuatan Bruce Banner bisa terus meningkat seiring kemarahannya. Bahkan, Beyonder (salah satu karakter terkuat Marvel) beranggapan bahwa yang membatasi kekuatan Savage Hulk hanyalah tingkat kemarahannya. Semakin dia marah, semakin dia tidak terkalahkan.


#2 - Joe Fixit


hulk joe fixit adalah

Joe Fixit atau bisa juga disebut Grey Hulk adalah salah satu inkarnasi Hulk terlemah. Meski begitu, dia memiliki kecerdasan yang bagus dan mampu bersosialisasi dengan orang lain. Joe Fixit memiliki sifat sombong, licik dan pandai berbohong. Tampilannya pun cukup trendy dengan balutan jas lengkap yang bersih dan rapi. Dia bahkan bekerja sebagai tukang pukul di Las Vegas.


#3 - The Professor (Merged Hulk)


jenis hulk yang pintar

The Professor adalah versi Hulk yang dapat dikendalikan Bruce Banner. Dia memiliki kekuatan normal Savage Hulk sekaligus kepintaran Bruce Banner. Sayangnya, dalam wujud ini Bruce Banner tidak dapat bertambah kuat ketika marah, sehingga Bruce Banner lebih memilih Savage Hulk kembali.


#4 - Maestro


maestro adalah

Maestro adalah sosok Hulk dari salah satu dunia alternatif Marvel. Berbeda dengan sebelumnya, versi Hulk kali ini tidak hanya kuat, namun juga pintar, licik dan bahkan hidung belang. Bisa dibilang bahwa Maestro adalah versi gabungan dari Savage Hulk, Joe Fixit dan The Professor. Yup, Maestro memiliki kekuatan Savage (bahkan jauh lebih kuat), kepintaran The Professor dan kelicikan Joe Fixit.


#5 - Mindless Hulk


bruce banner vs hulk

Mindless Hulk ada dalam pikiran Bruce Banner dan hanya dapat ditemui ketika dirinya bermimpi atau tidak sadar. Dia termasuk inkarnasi Hulk yang paling berbahaya karena telah berulangkali mencoba mengambil alih pikiran Bruce Banner dan mengendalikan kekuatan Savage Hulk. Ketika Banner gagal mengendalikan Savage, biasanya Mindless yang mengambil kendali dan membuat Savage melakukan hal buruk.


#6 - Guilt Hulk


guilt hulk adalah

Guilt Hulk adalah salah satu versi Hulk terkuat. Dia sudah lama berada dalam diri Bruce Banner, namun baru muncul dalam wujud fisik ketika Betty Rose, istri Banner meninggal. Sosoknya cukup mengerikan seperti monster, yaitu dengan cakar, taring dan mulut yang berapi.


#7 - Beast Hulk


beast hulk adalah

Beast adalah versi terliar dari Hulk. Dia berada dalam pikiran terdalam Bruce Banner yang bahkan ditakuti oleh versi Hulk lainnya (Beast pernah mengalahkan Savage dan Grey secara bersamaan tanpa kesulitan). Satu-satunya cara untuk mengalahkan Beast adalah dengan tekad kuat Bruce Banner untuk menghilangkan sosok Beast dalam pikirannya.


#8 - Ultimate Hulk


Macam-macam Hulk dalam Komik Marvel, dari Savage Hulk sampai World Breaker

Ultimate Hulk berasal atau hidup di dunia Ultimate. Dalam dunia tersebut, Bruce Banner mendapatkan kekuatannya dari serum Super Soldier (sama seperti Captain America). Ultimate merupakan versi Hulk yang lebih kuat, lebih brutal dan lebih ganas daripada versi lainnya. Dia merupakan perwujudan dari seluruh emosi negatif yang terpendam dalam diri Bruce Banner.


#9 - Squared Hulk


jenis hulk terkuat

Squared merupakan versi yang lebih ekstrim dari Savage. Sosok ini muncul ketika Banner terjebak di dimensi waktu, di mana dia berubah menjadi Squared Hulk lalu menghancurkan benteng waktu.

Baca juga: Mengenal Hela the Goddes of Death


#10 - Doc Green


superhero yang lebih kuat dari hulk

Bruce Banner yang kritis karena terkena tembakan tepat di kepala mendapatkan serum extremis dari Tony Stark. Serum ini berhasil menyelamatkan nyawanya namun juga merubah Banner menjadi Hulk baru yang menyebut dirinya Doc Green. Dia memiliki sifat yang sangat arogan dan dipercaya sebagai fase pertama dalam perubahan menuju Maestro.


#11 - Kluh


siapa kluh

Merupakan versi lanjutan dari Doc Green. Dia berubah menjadi Kluh setelah merasa sedih karena diserang oleh superhero Avangers. Kluh memiliki sifat yang sangat egois dan suka merusak sesuatu.


#12 - Green Scar (Sakaarson)


cerita komik planet hulk

Green Scar atau Sakaarson adalah sebutan Hulk dari para penduduk Planet Sakaar. Dalam cerita ‘Planet Hulk’, muncul satu inkarnasi Hulk yang sedikit berbeda. Versi Hulk kali ini memiliki kekuatan seperti Savage Hulk namun dengan kepribadian (mirip) Bruce Banner. Green Scar bahkan memiliki kemampuan berpedang layaknya ksatria. Dalam komiknya, Green Scar sempat menjadi Raja di Planet Sakaar dan menikah dengan Caiera. Dari pernikahannya tersebut, Green Scar memiliki dua anak yaitu Skaar dan Hiro-Kala. (Baca: Superhero Marvel dan DC yang Menikah)


#13 - World Breaker


macam hulk world breaker adalah

Ini dia versi Hulk terkuat dan paling mengerikan. Setelah menyerap ledakan planet Sakaar, Hulk mendapatkan kekuatan yang sangat dahsyat. Ditambah kemarahannya, dia bisa dengan mudah mengalahkan gabungan superhero Fantastic Four, Iron Man, Avengers, X-Men, Sentry dan sebagainya. Setiap langkah dari World Breaker Hulk menyebabkan gempa dan kerusakan di mana-mana. Kalau mau, dia bahkan bisa menghancurkan Bumi dengan mudah.

Masih ada berbagai versi Hulk lainnya dari semesta Marvel. Klik Next untuk mengenal Hulk Aboriginal, Earth X, Devil dan banyak lagi lainnya.

Next > Berbagai Versi Alternatif Hulk

Previous Post
Next Post

post written by: