Selasa, 09 Mei 2017

Macam-macam Lantern Corps dalam DC Universe

Selowae.Net – Selain Green Lantern Corps, DC Comics masih memiliki banyak Lantern Corps lainnya yang tidak kalah keren. Mulai dari Red Lantern Corps, Blue Lantern Corps, Orange Lantern Corps sampai White Lantern Corps. Ingin mengetahui siapa mereka? Berikut merupakan macam-macam lantern corps dalam komik DC!


9 Macam Lantern Corps DC


#1 – Green Lantern Corps, The Color of Will (Kemauan, Kehendak)


Macam-macam Lantern Corps dalam DC Universe

Debut: Green Lantern #11

Markas: Oa

Oath of Green Lantern:

“IN BRIGHTEST DAY, IN BLACKEST NIGHT, NO EVIL SHALL ESCAPE MY SIGHT, LET THOSE WHO WORSHIP EVIL'S MIGHT, BEWARE MY POWER... GREEN LANTERN'S LIGHT!”

Siapa sebenarnya Green Lantern Corps?

Green Lantern Corps adalah kesatuan polisi antar galaksi yang anggotanya (disebut Green Lantern) berasal dari berbagai planet yang ada di tata surya. Masing-masing Green Lantern mempunyai sebuah cincin yang menggunakan energi tekad penggunanya untuk merubah berbagai pikiran serta imajinasi menjadi benda nyata. Cincin Green Lantern termasuk salah satu artifak terkuat di dunia DC karena jika potensinya dimaksimalkan, penggunanya hampir bisa melakukan apa saja. Hal yang membatasi cincin Green Lantern hanya imajinasi dari sang Green Lantern itu sendiri.

Imajinasi dan kreativitas merupakan hal penting yang harus dimiliki para anggota Green Lantern Corps. Green Lantern yang kreatif dapat memanfaatkan kekuatan cincin tanpa banyak menghabiskan energi. Hal ini tentu akan sangat berguna dalam pertempuran.

Kekuatan lain dari cincin Green Lantern adalah bisa menghasilkan berbagai energi tertentu, bahkan mampu menciptakan energi radiasi Kryptonite jika ingin mengalahkan Superman. Cincin Green Lantern juga memungkinkan penggunanya melakukan perjalanan antar galaksi dengan cepat, menerjemahkan berbagai bahasa dan beradaptasi dalam lingkungan apapun. Menariknya lagi, cincin Green Lantern juga memungkinakan penggunanya untuk mengakses pusat informasi terbesar di seluruh alam semesta, yaitu Book of Oa.

Kekurangan dan kelemahan dari para Green Lantern terletak pada orang yang menggunakan cincinnya. Jika digunakan dengan benar, pengguna cincin Green Lantern bisa melakukan hampir apa saja (begitu pun sebaliknya). Selain itu, para Green Lantern cenderung lemah ketika menghadapi Sinestro Corps karena cincin mereka (Yellow Lantern) bisa menghilangkan efek cincin Green Lantern.


#2 – Sinestro Corps, The Color of Fear (Ketakutan)


daftar lantern corps dc

Debut: Green Lantern vol 4 #10

Markas: Qward

Oath of Sinestro Corps

“IN BLACKEST DAY, IN BRIGHTEST NIGHT, BEWARE YOUR FEARS MADE INTO LIGHT, LET THOSE WHO TRY TO STOP WHAT'S RIGHT, BURN LIKE HIS POWER... SINESTRO MIGHT!”

Siapa sebenarnya Sinestro Corps?

Sinestro adalah mantan anggota terbaik dari Green Lantern Corps sekaligus mantan mentor Hal Jordan. Namun suatu hari dia berkhianat dan mulai mempelajari cara membuat cincin untuk dirinya sendiri. Setelah dibuang ke antimatter universe oleh para Guardians, Sinestro menemukan Yellow Lantern dan merekrut ribuan makhluk paling kejam, psikopat dan sadis dari seluruh alam semesta untuk bergabung dengannya.

Cincin Yellow Lantern milik Sinestro Corps juga mampu membentuk konsep cahaya sesuai apa yang mereka inginkan. Selain itu, cincin Yellow Lantern merupakan musuh abadi Green Lantern Corps karena mampu menghilangkan efek kekuatan dari Green Power Ring.

Kelemahan Sinestro Corps adalah cincin Blue Lantern yang mampu menganggu kekuatan cincin mereka.


#3 – Red Lantern Corps, The Color of Rage (Kemarahan)


jenis-jenis lantern corps

Debut: Green Lantern vol 4 #25

Markas: Ysmault

Oath of Red Lantern Corps:

“WITH BLOOD AND RAGE OF CRIMSON RED, RIPPED FROM A CORPSE SO FRESHLY DEAD, TOGETHER WITH OUR HELLISH HATE, WE'LL BURN YOU ALL... THAT IS YOUR FATE.”

Siapa sebenarnya Red Lantern Corps?

Red Lantern Corps adalah salah satu Lantern Corps DC yang menggunakan Rage (kemarahan) sebagai sumber kekuatannya. Cincin Red Lantern dibuat oleh orang yang membunuh Abin Sur, yaitu Atrocitus. Atrocitus sendiri juga terkenal memiliki dendam yang luar biasa terhadap para Guardians.

Cincin Red Lantern dapat mengubah darah para pemakainya menjadi napalm (bensin kental) yang mampu membakar dan melelehkan apapun. Red Lantern bahkan pernah membakar konstruksi cahaya milik Green Lantern.

Kelemahan dari para Red Lantern terletak pada cincinnya yang menghilangkan fungsi jantung pemakai. Sehingga, kehidupan para Red Lantern sangat bergantung pada cincin mereka. Apabila cincin itu lepas (sengaja atau tidak sengaja), maka para pemakainya akan langsung tewas.


#4 – Blue Lantern Corps, The Color of Hope (Harapan)


kekuatan lantern corps

Debut: Green Lantern vol 4 #25

Markas: Odym

Oath of Blue Lantern Corps:

“IN FEARFULL DAY, IN RAGING NIGHT, WITH STRONG HEARTS FULL, OUR SOULS IGNITE, WHEN ALL SEEMS LOST IN THE WAR OF LIGHT, LOOK TO THE STARS... FOR HOPE BURNS BRIGHT.”

Siapa sebenarnya Blue Lantern Corps?

Blue Lantern Corps adalah partner dari Green Lantern Corps. Cincin Blue Lantern menggunakan kekuatan ‘harapan’ yang mampu mengisi ulang cincin Green Lantern dan bahkan melipat gandakan kekuatannya menjadi 2-3 kali lipat dari kekuatan biasanya.

Cincin Blue Lantern yang dibuat oleh Ganthet dan Syd (dua Guardian yang dibuang) tersebut memang bukan untuk bertempur secara langsung, melanikan sebagai support. Kekuatan lainnya dari Blue Lantern adalah mampu menyembuhkan luka, mengurangi atau mengganggu kekuatan cincin Sinestro Corps, membenahi matahari yang sekarat, memadamkan api Red Lantern, melepas paksa cincin Red Lantern dan sebagainya.

Meski begitu, tanpa adanya Green Lantern, Blue Lantern Corps ini hampir tidak ada gunanya.


#5 – Orange Lantern Corps, The Color of Avarise (Ketamakan)


lantern corps terkuat

Debut: Green Lantern vol 4 #25

Markas: Okaara

Oath of Orange Lantern Corps: Tidak diketahui

Siapa sebenarnya Orange Lantern Corps?

Orange Lantern Corps adalah lantern corps yang paling unik, karena percaya tidak percaya anggotanya cuma ada satu alien. Bernama Larfleeze (Agent Orange), merupakan alien yang berasal dari planet Ogatoo (planet berumur milyaran tahun).

Namun jangan salah, meski hanya memiliki satu anggota, Orange Lantern Coprs justru yang paling kuat jika jika dibandingkan dengan Lantern Corps lain.

Kenapa? Karena batas kekuatan Orange Lantern Corps memang paling tidak terhingga sama seperti emosi yang digunakan sebagai sumber kekuatannya, yaitu ketamakan dan keserakahan (yang sulit atau tidak pernah bisa terpuaskan).

Menariknya lagi, cincin Orange Lantern Corps juga mampu menyerap cahaya dari semua Power Ring dan melemahkannya (kecuali Indigo Tribe).

Walaupun hanya seorang diri, Larfleeze sanggup menciptakan ribuan Avatar Orange Lantern dari konstruksi cahaya yang bahkan sanggup melawan pasukan Green Lantern Corps di seluruh alam semesta.


#6 – Star Sapphire Coprs, The Color of Love (Kecintaan)


macam lantern corps dc

Debut: Green Lantern vol 4 #20

Markas: Zamaron

Oath of Star Sapphire Corps:

“FOR HEARTS LONG LOST AND FULL OF FRIGHT, FOR THOSE ALONE IN BLACKEST NIGHT, ACCEPT OUR RING AND JOIN OUR FIGHT. LOVE CONQUERS ALL... WITH VIOLET LIGHT!”

Siapa sebenarnya Star Sapphire Corps?

Star Sapphire Corps dibentuk oleh para Oa wanita yang berpergian dan menemukan cahaya violet di planet Zamaron. Mereka mampu merubah makhluk pilihan mereka menjadi Star Sapphire Corps dengan bantuan Violet Gem. Berbeda dengan Green Lantern Corps yang harus mengisi energi cincin mereka dalam waktu tertentu, tenaga dari cincin Star Sapphire Corps ini hanya diisi satu kali dan belum diketahui berapa lama tenaganya akan habis.

Kekuatan cincin Star Sapphire kurang lebih sama dengan Green Lanten, namun ada beberapa kekuatan tambahan seperti mampu mempengaruhi pikiran lawannya dengan rasa cinta, membungkus musuh dalam kristal violet dan lain sebagainya.

Kelemahan Star Sapphire Corps adalah para anggotanya yang rentan terpengaruh oleh kekuatannya sendiri. Banyak dari mereka yang kehilangan akal sehatnya karena cinta.


#7 – Indigo Tribe, The Color of Compassion (Kepedulian)


siapa lantern corps

Debut: Green Lantern vol 4 #25

Markas: Nok

Oath of Indigo Tribe:

“TOR LOREK SAN, BOR NAKKA MUR, NATROMO FAAN TORNEK WOT UR, TER LANTERN KER LO ABIN SUR, TAAN LEK LEK NOK... FORMORROW SUR.”

Siapa sebenarnya Indigo Tribe?

Satu lagi Lantern Corps yang unik; Indigo Tribe. Para anggota Indigo Tribe ini tidak menggunakan cincin melainkan tongkat sebagai senjata mereka. Meski begitu, kekuatan Indigo Tribe tidak bisa dianggap remeh karena mereka mampu menduplikasi kekuatan Lantern Corps lain (kecuali Black dan White Lantern).

Selain itu, mereka juga mampu melakukan teleportasi dan keberadaannya sulit untuk dilacak. Sayangnya, para Indigo Lantern tidak bisa merasakan apa-apa kecuali rasa kasihan.


#8 – Black Lantern Corps, The Color of Death (Kematian)


black lantern

Debut: Green Lantern vol 4 #43

Markas: Ryut

Oath of Black Lantern Corps:

“THE BLACKEST NIGHT FALLS FROM THE SKIES. THE DARKNESS GROWS AS ALL LIGHT DIES. WE CRAVE YOUR HEARTS AND YOUR DEMISE BE MY BLACK HAND... THE DEAD SHALL RISE.”

Siapa sebenarnya Black Lantern Corps?

Black Lantern Corps bisa dibilang merupakan sekumpulan zombie. Ya, karena para anggotanya adalah mayat dari para superhero dan super-villain yang sebelumnya telah mati.

Kekuatan dari Black Lantern juga mirip-mirip dengan zombie, yaitu mempu beregenerasi (jika ada salah satu bagian tubuh yang hancur, cincin Black Lantern akan membangunnya kembali). Selain itu, mereka mampu melihat keadaan emosional seseorang sebagai aura berwarna (aura kuning adalah takut, aura merah adalah marah dan seterusnya).

Pengisian energi cincinnya juga cukup unik, para Black Lantern harus membunuh dan mengambil organ hati korbannya yang kemudian akan diserap oleh cincin Black Lantern. Selain itu, Black Lantern dapat merubah makhluk lain menjadi salah satu dari mereka melalui sebuah gigitan. Zombie abis!


#9 – White Lantern Corps, The Color of Life (Kehidupan)


white lantern

Debut: Blackest Night #7

Markas: Belum diketahui

Oath of White Lantern Corps: -

Siapa Sebenarnya White Lantern Corps?

White Lantern Corps dibentuk ketika Hal Jordan menyatu dengan Entity dari White Lantern, yang sekaligus membangkitkan para superhero yang (sebelumnya) telah mati. Orang-orang ini dibangkitkan dalam bentuk awal mereka, bukan menjadi zombie seperti kekuatan cincin Black Lantern.

Kekuatan cincin White Lantern pernah diperlihatkan oleh Kyle Rayner yang mampu mengendalikan ke 7 emotional Spectrum. Beberapa kemampuannya adalah: Memanipulasi realita, teleportasi,  memanipulasi materi, healing  factor, mampu menembus benda padat, invisibility dan lain sebagainya.

Baca juga: Guy Gardner, Anggota Green Lantern Corps yang Angkuh dan Sangat Percaya Diri


Itulah macam-macam Lantern Corps yang ada di DC Universe. Klik tautan berikut untuk membaca macam-macam Emotional Entity, Sumber Kekuatan Para Lantern Corps DC.

 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner