Sabtu, 13 Mei 2017

Musuh-musuh Black Panther (T’Challa), dari Erik Killmonger hingga Man-Ape

Ingin mengenal musuh-musuh Black Panther dalam komik Marvel? Berikut merupakan beberapa musuh utama Black Panther yang bisa jadi akan muncul di layar lebar!


erik killmonger musuh black panther

Selowae.Net – Black Panther adalah gelar kebangsawanan yang diberikan melalui prosesi ritual pada pemimpin suku Panther di negara Wakanda, Afrika. Saat ini yang menyandang gelar tersebut adalah T’Challa, yang sudah sejak lama merintis karir sebagai superhero menggunakan nama besar Black Panther di tim-tim superhero Marvel seperti Fantastic Four, Avengers, Fantastic Force dan Illuminati.

Sebagai seorang patriot yang bersedia berkorban bagi negaranya, T’Challa harus memiliki kekuatan untuk mempertahankan diri maupun kemampuan politik sebagai pemimpin sebuah negara besar. Hal tersebut sangat diperlukan oleh Black Panther agar ia bisa menandingi musuh-musuh yang datang dan berniat menghancurkan Wakanda, negeri super kaya yang dipimpinnya.

Nah, berikut merupakan beberapa profil singkat dari musuh utama Black Panther yang sering mengganggu sang Raja Wakanda dalam komik.


#1 - Ulysses Klaw


musuh-musuh black panther

Bernama asli Ulysses Klaw, merupakan seorang oportunis yang tidak kenal takut. Ketika tidak ada seorang pun yang berani mencari masalah di Wakanda, ia justru berhasil membunuh T’Chaka (Raja Wakanda sekaligus ayah T’Challa). Namun, Klaw tidak memperhitungkan adanya T’Challa yang akhirnya menjadi batu sandungan sesungguhnya dari semua rencana jahatnya terhadap Wakanda.

Ketika Klaw kembali menyerang Wakanda, gabungan pasukan Wakanda di bawah pimpinan T’Challa (Black Panther) serta bantuan dari Fantastic Four berhasil memukul mundur Klaw untuk pulang dengan tangan hampa.

Klaw merupakan musuh Black Panther yang pertama dan telah beberapakali merepotkan sang raja Wakanda ini.


#2 - Erik Killmonger


siapa erik killmonger

Musuh Black Panther selanjutnya adalah Erik Killmonger. Jika ada seseorang yang memiliki ketangguhan dan kekuatan setara dengan Black Panther, maka Killmonger adalah orangnya. Ketika Klaw menyerang Wakanda, ia menyandera keluarga Killmonger dan memaksa mereka untuk membantunya. Ketika Klaw kalah, Killmonger dan keluarganya diasingkan ke Amerika.

Setelah melalui latihan berat ditambah rasa dendam pada Black Panther, Killmonger kembali ke Wakanda untuk menghancurkan hidup Black Panther. Bersama anak buahnya, Killmonger yang bertujuan memimpin Wakanda dan menyingkirkan T’Challa berhasil membuat keonaran besar. Untungnya, berkat bantuan dari Iron Man, Killmonger berhasil ditaklukkan.

Pada kesempatan lain, Erik Killmonger kembali berulah dan berhasil mengalahkan Black Panther dalam pertarungan ritual untuk menentukan pemimpin Wakanda. Sayangnya, ketika Killmonger meminum ramuan berbentuk hati (seperti yang dilakukan semua Black Panther), ia justru jatuh koma. Hal tersebut terjadi karena ramuan khusus tersebut akan menjadi racun apabila diminum oleh orang di luar keturunan kerajaan. Jadi secara tidak langsung, ramuan tersebut (dan gelar Black Panther) memang ditujukan untuk satu garis keturunan saja. Artinya, kepemimpinan T’Challa di Wakanda adalah mutlak.


#3 - Salamander K’ruel


kekuatan erik killmonger musuh black panther

Salamander adalah salah satu penduduk yang membantu Killmonger saat ia melakukan kudeta di Wakanda. Salamander juga seorang pemberontak yang menentang sekaligus membenci Rajanya, Black Panther karena  ia menganggap Black Panther telah menghancurkan hidupnya.

Kebencian Salamander K’ruel terhadap Black Panther didasari akan fisiknya yang bisa dibilang menjijikkan akibat terkena radiasi di tempat penambangan vibranium Wakanda. Radiasi itu membuat tubuh Salamander bisa menghasilkan benda beracun yang ia gunakan sebagai anak panahnya. Musuh Black Panther satu ini cocok dimunculkan dalam film sebagai pendukung musuh utama.


#4 - Achebe


musuh terkuat black panther

Michael Ibn Al-Hajj atau lebih dikenal dengan Achebe adalah seorang ilmuwan berdarah Afrika yang memiliki dendam kesumat terhadap semua hal berbau perang etnik di Afrika. Rasa dendam tersebut membuat ilmuwan dengan mental kurang stabil ini beberapakali bermusuhan dengan Black Panther. Achebe sendiri merupakan seorang ahli strategi dan akrobatik, dia mendapatkan kekuatannya dari iblis bernama Mephisto.


#5 - Kiber the Cruel


musuh film black panther

Frederick Kiber atau lebih dikenal dengan Kiber the Cruel adalah seorang ilmuwan yang mengalami kecelakaan saat melakukan sebuah percobaan. Hal tersebut membuat partikel dalam tubuh Kiber menyatu dengan laboratoriumnya. Kecelakaan tersebut juga membuat Kiber mampu menghisap jiwa manusia dan membuatnya bertambah kuat. Dalam komik, T’Challa pernah menghadapi Kiber ketika sepupunya, Khanata diculik untuk diambil jiwanya.


#6 - Batroc the Leaper


bocoran film black panther

Batroc the Leaper sebenarnya adalah musuh Captain America, bahkan dia pernah muncul di film ‘Captain America: The Winter Soldier’ yang rilis tahun 2014 lalu. Meski begitu, baik dalam komik maupun serial animasnyai Batroc the Leaper pernah beberapakali melawan Black Panther.

Batroc memang tidak memiliki dendam pribadi terhadap Black Panther, hanya saja dia bisa dibayar untuk menghancurkan kehidupan T’Challa. Mengingat kemunculan Batroc di film sebelumnya masih sedikit, bisa jadi dia akan kembali ditampilkan sebagai antagonis pendukung di film solo Black Panther.


#7 - Man-Ape


man-ape musuh black panther

Wakanda memang negara yang dipenuhi pejuang tangguh, namun tidak banyak yang sekuat M’Baku. M’Baku atau lebih dikenal dengan nama Man-Ape adalah salah satu prajurit terbaik Wakanda yang berada langsung di bawah Black Panther. Dia mendapat kekuatan super setelah mandi darah gorila putih dan memakan dagingnya.

Merasa dirinya tidak terkalahkan, M’Baku yang menyebut dirinya Man-Ape menjadi jahat dan berniat mengkudeta Black Panther. Namun, Black Panther terbukti lebih unggul dan berhasil mengalahkan Man-Ape. Karakter satu ini adalah salah satu musuh Black Panther yang cocok untuk dimunculkan di film solonya nanti.


Erik Killmonger akan Menjadi Musuh Black Panther di Film Solonya?



Syuting film Black Panther telah dimulai beberapa waktu lalu di kota Atlanta dengan Chadwick Boseman yang tetap memerangkan sang Raja Wakanda. Pihak Marvel dan Disney juga telah merilis secara resmi sinopsis film yang akan menceritakan perjuangan T’Challa dalam melindungi Wakanda. Berikut sinopsis selengkapnya:

“Black Panther menceritakan kisah T’Challa yang setelah kejadian di Captain America: Civil War kembali pulang ke negara asalnya untuk mengemban tugas mulia sebagai seorang raja Wakanda. Namun seorang musuh lama mendadak muncul kembali dan mengancam kerajaannya. T’Challa harus bangkit sebagai seorang raja dan sosok Black Panther untuk menghadapi konflik yang dapat membahayakan Wakanda dan dunia.”

Selain sinopsis di atas, juga telah diungkapkan bahwa aktor Michael B. Jordan akan berperan sebagai musuh utama di film Black Panther, yaitu Erik Killmonger. Dalam komiknya, Erik Killmonger adalah salah satu musuh terkuat Black Panther karena ia menguasai ilmu beladiri setara T’Challa, ahli strategi dan memiliki banyak teknologi canggih.

Baca juga: Kekuatan Cloak and Dagger, Duo Superhero Marvel yang Memberantas Penyalahgunaan Narkoba


Film Black Panther sendiri baru akan rilis pada 16 Februari 2018. Jadi kita masih harus menunggu cukup lama sebelum bisa melihat pertempuran epik antara Black Panther melawan musuh utamanya, Erik Killmonger.
Previous Post
Next Post

post written by: