Kamis, 04 Mei 2017

Aktris Pemeran Catwoman dari Masa ke Masa

Selowae.Net – Catwoman pertamakali muncul dalam komik Batman #1 yang terbit pada tahun 1940, namun pada saat itu Selina Kyle (Catwoman) menggunakan nama The Cat dan belum memakai kostum. Barulah pada Batman #10 ia menggunakan identitas sebagai Catwoman.

pemeran catwoman

Asal-usul Catwoman telah beberapakali berubah, di awal kemunculannya dia digambarkan sebagai seseorang yang ahli mencuri dan menyukai hal-hal mewah, sedangkan dalam era Pre-Crisis Catwoman Golden Age diceritakan tinggal di Earth-2 dan menjadi istri Bruce Wayne. Dalam versi Pasca-Crisis Catwoman muncul dengan cerita baru lagi di mana kali ini dia adalah seorang PSK yang menyukai kucing dan memutuskan untuk menjadi pencuri berkostum setelah melihat Batman beraksi.

Catwoman termasuk dalam golongan tokoh komik DC yang cukup beruntung, karena selain tampil dalam bentuk komik cetak, ia juga telah beberapakali menghiasi layar kaca dan bahkan layar lebar. Berikut ini merupakan daftar aktris yang pernah berperan sebagai Catwoman di serial Tv maupun film DC. Cekidot!


Lee Meriwether, Eartha Kitt, Julie Newmar - Pemeran Catwoman di Serial Batman


aktris Pemeran Catwoman di Serial Batman

Dalam serial klasik ini, karakter Catwoman diperankan oleh beberapa aktris berbeda, di antaranya adalah Lee Meriwether, Eartha Kitt dan Julie Newmar. Namun dari ketiga pemeran Catwoman era lawas tersebut yang paling populer adalah Julie Newmar, karena memang aktris ini yang paling lama memerankan Catwoman di serial TV. Meski sudah beberapa dekade berlalu sejak ketiga Catwoman tersebut muncul di layar kaca, namun penampilan dan keseksian mereka masih dikenang  sampai saat ini.


Michelle Pfeiffer - Pemeran Catwoman di Film Batman Returns


pemeran Catwoman di Film Batman Returns

Film Batman Returns garapan Tim Burton menggaet aktris seksi bernama Michelle Pfeiffer untuk berperan sebagai Catwoman. Michelle Pfeiffer dinilai mampu memerankan sang ‘kucing pencuri’ Gotham ini dengan baik dan bahkan sempat direncanakan proyek spin-off filmnya yang akan disutradarai oleh Tim Burton.

Naskah film Catwoman versi Michelle Pfeiffer juga sudah digarap oleh Daniel Waters (penulis film Batman Returns) namun tertunda setelah  Warner Bros memutuskan untuk me-reboot kisah Batman dalam film Batman Forever. (Baca juga: 6 Film Superhero DC yang Batal Diproduksi)


Halle Berry - Pemeran Catwoman di Film Catwoman


Pemeran Catwoman di Film Catwoman

Halle Berry kala itu dianggap sebagai aktris yang cocok dan mampu memerankan Catwoman di layar lebar. Namun yang terjadi di luar ekspetasi, film Catwoman yang diperankan Halle Berry malah menjadi salah satu film terburuk yang pernah diproduksi DC.

Meski tokoh yang diperankan Halle Berry tidak memiliki hubungan langsung dengan Catwoman yang ada dalam komik, kehadiran film Catwoman tentu saja menarik minat para fanboy. Sayangnya, film Catwoman malah dianggap sebagai film gagal oleh banyak kritikus film, baik secara penceritaan maupun visual (IGN menyebut kostum Catwoman Halle Berry sebagai kostum superhero terburuk). Rupanya, kehadiran aktris cantik sekelas Halle Berry ditambah kostum striptis-nya tidak cukup untuk membuat film ini laris manis di pasaran.

Meski diiklankan dengan secara besar-besaran, tampaknya sang Catwoman yang bernama asli Patience Phillips dan bekerja di sebuah perusahaan kosmetik ini belum ditakdirkan untuk menjadi tokoh favorit di kalangan penggemar komik DC.

Parahnya lagi, Halle Berry mendapat penghargaan sebagai aktris terburuk dari Razzy Awards untuk aktingnya di film Catwoman.


Anne Hathaway - Pemeran Catwoman di Film The Dark Knight Rises


Pemeran Catwoman dari Masa ke Masa

Trilogi film Batman buatan Nolan menggaet aktris cantik Anne Hathaway untuk memerankan Catwoman. Dalam film ini, Catwoman ditampilkan dengan kostum yang lebih tertutup namun tetap seksi, ditambah akting memukau dari Anne Hathaway dan kedalaman latar belakang karakter yang mantap dari Nolan. Jelas, merupakan salah satu versi Catwoman terbaik sejauh ini. Buktinya, ketika film The Dark Knight Rises rilis, salah satu yang banyak mendapat pujian adalah Catwoman yang diperankan olehnya.

Oh ya, lewat wawancaranya dengan Variety di Toronto Film Festival 2016, Anne Hathaway mengungkapkan bahwa ia menyukai Catwoman dan ingin memerankannya kembali.

"Saya menyukai karakter itu (Catwoman -red) dan senang saat memerankannya. Saya tidak tahu bagaimana caranya karena cerita Batman dari Chris Nolan telah selesai dan saya bagian darinya, tapi saya menggemari dunia DC dan akan seru jika saya bisa kembali (memerankannya)," 

Baca juga: Macam-macam Armor Batman yang Tidak Kalah Keren dari Iron Man


Catwoman sendiri kemungkinan besar akan muncul di film Gotham City Sirens, salah satu film dari DC Extended Universe. Menurut kalian, siapakah aktris Hollywood yang cocok untuk memerankan Catwoman di DCEU?

 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner