Senin, 01 Mei 2017

Ringkasan Komik DC Universe: Rebirth #01

Simak ringkasan DC Universe: Rebirth, komik garapan Geoff Johns yang mengawali era baru DC Comics!


Ringkasan Komik DC Universe: Rebirth #01

Selowae.NetDC Rebirth adalah seri besar dan terbaru dari DC Comics yang me-relaunch seluruh jajaran komik mereka. Bisa juga disebut soft re-boot karena seri ini bertujuan mengakhiri era New 52 dan mengembalikan universe DC (kurang lebih) seperti sebelumnya. Dalam Rebirth, akan ada berbagai perubahan yang membuat jagat DC makin menarik. Misalnya kehadiran Godspeed (villain baru untuk Flash), kostum Wonder Woman yang kembali menunjukkan keseksian pahanya, kostum Batman yang menjadi lebih cerah dan masih banyak lagi.

Sebagai jembatan penghubung antara berakhirnya era New 52 dan dimulainya era Rebirth, ada komik DC Universe Rebirth #1 yang penjelasan lengkapnya bisa kamu baca di sini. Intinya, komik ini berisi tentang apa yang sebenarnya terjadi pada era New 52 dan kenapa bisa terjadi perubahan besar yang mengarah ke Rebirth.

Berikut merupakan beberapa poin penting dalam komik DC Universe: Rebirth yang sebaiknya kamu ketahui!


DC Universe: Rebirth #01


Story: Geoff Johns

Artwork:


  • Chapter 1 Artwork: Gary Frank, Ethan Van Scifer (Artist) / Brad Anderson, Jason Wright (Colorist)
  • Chapter 2 Artwork: Gary Frank (Artist) / Brad Anderson (Colorist)
  • Chapter 3 Artwork: Ivan Reis (Penciller) / Joe Prado, Ivan Reis (Inkers) / Hi-Fi (Colorist)
  • Chapter 4 Artwork: Phil Jimenez, Gary Frank (Pencillers) / Matt Santorelli, Gary Frank (Inkers) / Gabe Eltaeb, Brad Anderson (Colorist)
  • Epilogue Artwork: Gary Frank, Ivan Reis (Pencillers) / Gary Frank, Joe Prado (Inkers) / Brad Anderson, Hi-Fi (Colorist)



Chapter 1: Lost


Ringkasan Komik DC Universe: Rebirth #01 three joker

Narasi dibawakan dari sudut pandang Wally West (Kid Flash), tokoh sentral yang paling mengerti apa yang sebenarnya terjadi di dunia DC. Wally West yang dimaksud adalah Wally West original yang menggantikan Barry Allen pasca kematiannya di Crisis on Infinite Earths.

Seperti yang kita tahu, di New 52 sosok Wally West digantikan oleh versi kulit hitam yang lebih muda, lebih pemarah, dan lebih tidak berpengalaman. Diungkapkan di sini bahwa Wally West yang asli sebenarnya ada, tapi terperangkap di Speed Force. Namun setelah Darkseid berhasil dikalahkan (dalam arc Darkseid War), akhirnya Wally West berhasil meloloskan diri, meski dengan susah payah.

Agar benar-benar bisa kembali ke dunianya sekaligus memperingatkan superhero yang lain, Wally menemui Bruce Wayne yang ia anggap mampu membantu permasalahannya. Sayangnya Bruce tidak mengenali Wally, semua ingatannya tentang Wally yang asli rupanya telah terhapus di New 52.

Sebelum Wally ditarik kembali oleh Speed Force, ia memberikan petunjuk kepada Bruce untuk menganalisa kembali surat yang diberikan Thomas Wayne kepada Bruce (baca arc Flashpoint Paradox). Wally mengatakan bahwa itu adalah awal semua ini (era New 52) terjadi.

Sesaat sebelum Wally muncul di hadapan Bruce Wayne, Bruce sedang pusing memikirkan fakta baru yang diperolehnya tentang Joker dari Mobius Chair, bahwa ternyata selama ini ada 3 Joker berbeda di dunia DC. Joker pertama adalah Joker jadul yang muncul pertamakali dalam komik, Joker kedua adalah Joker yang melumpuhkan Barbara Gordon di The Killing Joke, dan Joker ketiga adalah Jokernya Scoot Snyder yang hampir mengalahkan Batman di Batman: Endgame. Untuk sekarang, Batman masih mencoba memahami apa maksudnya ini.

Diceritakan flashback singkat kisah Wally West dari awal mengidolakan Flash, bertemu Barry sampai menggantikan posisinya sebagai manusia tercepat di Bumi. Dan diketahui bahwa era New 52 ternyata ‘bukan’ akibat dari perbuatan Barry Allen di Flashpoint Paradox. Rupanya ada seseorang yang selama ini mengawasi mereka dan tanpa disadari oleh siapapun mengubah dan memodifikasi kondisi alam semesta.


Chapter 2: Legacy


baca komik Komik DC Universe: Rebirth #01 indonesia

Setelah gagal memberitahu dan meminta bantuan Bruce, Wally berpindah menemui Johnny Thunder yang saat ini berada di rumah sakit untuk kaum jompo. Wally memberitahukan kepadanya bahwa meski keberadaan Johnny dan teman-temannya terhapus dalam sejarah, tapi mereka tetap eksis di dunia. Mereka? Ya, Justice Society of America.

JSA Earth-1 sebelumnya berisi pahlawan-pahlawan senior (usia tua) di dunia DC seperti Alan Scoot (Green Lantern) dan Jay Garrick (Flash). Dalam New 52, pahlawan-pahlawan senior ini ditiadakan dan diganti dengan versi muda mereka yang hidup di Earth-2.

Seorang gadis misterius sedang diinterogasi polisi gara-gara mencuri roti isi. Di kepolisian gadis ini meminta untuk bertemu dengan Superman. Meski sudah diberitahu bahwa kemungkinan besar Superman sudah mati (baca arc The Final Days of Superman), tapi ia mengatakan bahwa Superman akan segera kembali. Diperlihatkan juga bahwa gadis ini membawa cincin Legion (milik Legion of Superheroes). Melihat rambut pirangnya yang dikuncir, dan juga latar belakangnya tentang makanan gratis di planet asalnya, sepertinya dia adalah Saturn Girl, salah satu pendiri Legion of Superheroes. Atau kalau tidak, mungkin Jesse Quick. Hal ini cukup menandakan bahwa LoS juga akan kembali tampil di dunia DC.

The Atom (Ray Palmer) terperangkap dalam micro-verse. Ray meminta Ryan Choi (asistennya) untuk membantunya keluar dari micro-verse dengan menggunakan size-changing belt (sabuk pengubah ukuran) yang sudah disediakan oleh Ray. Saat sebelum terperangkap, Atom sedang melakukan investigasi terhadap seseorang yang ia curigai telah mengacaukan waktu dan sejarah. Adegan ini juga cukup menegaskan bahwa para penerus superhero yang dalam era New 52 dihilangkan akan kembali lagi. Dimulai dari Ryan Choi yang sebelumnya menjadi sidekick sekaligus penerus Atom.

Jaime Reyes (Blue Beetle III) tidak suka dengan identitasnya yang baru sebagai superhero. Ia meminta Ted Kord (Blue Bettle II) untuk melepaskan scarab dari punggungnya, yang langsung ditolak oleh Kord. Saat Jaime pergi, Doctor Fate datang dan memberitahukan bahwa tindakan Kord untuk ‘mewariskan’ scarab dan jubah Blue Beetle pada Jaime adalah salah. Scarab itu ternyata bukan teknologi alien seperti yang dibayangkan oleh Kord, melainkan suatu benda yang berkaitan dengan sihir.

Pandora, salah satu anggota Trinity of Sin tewas secara misterius. Gadis yang bertanggung jawab membuka kotak Pandora dan melepaskan dosa-dosa besar ke dunia ini adalah salah satu figur penting di New 52. Dan dia dibunuh dengan brutal, tanpa perlawanan oleh sosok tak terlihat.


Chapter 3: Love


baca komik Komik DC Universe: Rebirth #01

Dalam New 52 banyak silsilah para karakter yang dihapus, seperti hubungan asmara mereka dan beberapa hubungan dengan para penerusnya. Aquaman-Mera dan Green Arrow-Black Canary misalnya, yang di versi sebelumnya merupakan pasangan yang serasi. Dalam chapter ini fokus yang diperlihatkan adalah bagaimana hubungan-hubungan itu mulai dibangun kembali.

Wonder Woman (Diana Prince) ternyata punya saudara kembar, dan saudara kembarnya adalah laki-laki. Wanita yang menyampaikan kejutan ini mengungkapkan temuannya kepada Darkseid. Atau lebih tepatnya, Darkseid versi bayi. Hal ini membuka kemungkinan bahwa saudara kembar Diana akan menjadi musuh barunya di masa depan.

Para superhero, polisi, dan penduduk mendatangi TKP meninggalnya Superman (New 52). Salah dua di antaranya adalah Oliver Queen (Green Arrow) dan Dinah Lance (Black Canary). Meski tidak saling mengenal, tapi tampak ada ikatan di antara keduanya saat bertatapan mata.

Aquaman (Arthur Curry) menyadari ada sesuatu yang hilang dan mengetahui ada hubungan yang kuat antara dia dengan Mera. Aquaman pun melamar Mera untuk menjadi istrinya.

Clark Kent (Pre New 52) bertemu dengan sosok misterius berjubah yang mengatakan bahwa kehidupan Clark saat ini adalah sebuah tragedi, bahwa apa yang ia yakini tidaklah nyata, termasuk juga yang diyakini oleh Superman (New 52) sebelumnya.

Wally West berhasil menemui Linda Park (istrinya) yang saat itu sedang meliput kematian Superman. Sayangnya, Linda juga tidak mengenali dirinya seperti Bruce atau Johnny, dan sekali lagi Wally tertarik kembali ke dalam Speed Force.


Chapter 4: Life


baca komik Komik DC Universe: Rebirth #01

John Constantine meminta bantuan kepada Swamp Thing. Sebagai gantinya, Swamp Thing meminta Constantine membantunya merebut kembali Abby Arcane.

Dick Grayson terlihat akan mengenakan kostum Nightwing-nya kembali. Sebelumnya sudah diberitakan bahwa Dick Grayson yang menjadi Agent 37 (baca komik Grayson) akan kembali beraksi sebagai Nightwing usai identitasnya yang dibongkar ke publik oleh Joker sudah aman kembali.

Wallace West (saudara sepupu Wally) diperlihatkan memperoleh kekuatan speedster yang sama dengan Wally. Banyak yang memprediksikan bahwa kedepannya Wallace West akan menjadi Kid Flash baru di dunia DC.

Setelah gagal dengan Bruce, Johnny dan Linda. Wally West akhirnya bertemu dengan Barry Allen dan menceritakan segala sesuatunya. Termasuk fakta bahwa orang yang telah mengacaukan sejarah juga telah menghapus memori mereka selama bertahun-tahun (x tahun pertama pasca Flashpoint). Flash juga lupa dengan Wally bahkan kejadian Flashpoint. Namun setelah Barry berhasil mengingat Wally, akhirnya ia selamat dari kematian. Pelaku utama yang merubah sejarah ‘sekali lagi’ bukan Barry Allen melainkan seseorang yang jauh lebih kuat daripada Reverse Flash bahkan Darkseid. Dan juga, belum ada superhero yang pernah berhadapan dengannya. Siapakah dia? Akan kita bahas di akhir artikel.

Batman menuruti saran Wally untuk menyelidiki surat ayahnya. Saat melakukan penyelidikan ia menemukan badge dengan bercak darah tersembunyi di BatCave. Badge yang sangat familiar. Watchmen!


Epilogue


baca komik Komik DC Universe: Rebirth #01 indonesia

Di planet Mars, jam milik Wally West yang rusak terlihat melayang dan secara ajaib kembali baik seperti semula, seolah waktu berjalan mundur. Benar saja, setelah kembali berfungsi jarum jam tersebut berputar ke kiri, berlawanan dengan arah jarum jam normal.

Narasi dalam Epilog komik ini merupakan cuplikan percakapan antara Doctor Manhattan dengan Ozymandias dalam edisi terakhir komik Watchmen.


Fast Review DC Universe: Rebirth #01


Harus diakui, komik ini cukup padat, banyak kejutan, plot twist bahkan misteri (tepuk tangan untuk Geoff Johns). Mengenai siapa yang merubah sejarah sebenarnya sudah cukup jelas yaitu Doctor Manhattan (Dr. Jonathan Osterman), makhluk terkuat di semesta Watchmen. Sudah terlihat dari cara eksekusi Pandora dan pin comedian berbercak darah yang ditemukan Bruce Wayne (yang sudah nonton film Watchmen pasti familiar).

Apalagi sebelumnya sudah dikonfirmasi bahwa tujuan Rebirth salah satunya adalah sebagai penghubung antara Watchmen dengan dunia DC. Doctor Manhattan sebelumnya juga muncul di Darkseid War ketika membunuh Owlman yang sempat mengambil alih Mobius Chair.


Demikian ringkasan komik DC Universe: Rebirth #01. Klik Next untuk membaca komik The Flash Rebirth #001!


Next > Baca Komik The Flash: Rebirth #001

Previous Post
Next Post

post written by: