Jumat, 12 Mei 2017

Damian Wayne, Robin Generasi Keempat Sekaligus Keturunan Batman

Damian Wayne, anak biologis dari Bruce Wayne (Batman) ini mendapat pelatihan khusus dari Ra’s Al Ghul dan menjadi sidekick baru Batman, Robin generasi keempat!


siapa damian wayne anak batman

Selowae.Net – Damian Wayne, adalah Robin laki-laki keempat (Robin kelima jika Stephanie Brown dihitung) setelah Dick Grayson, Jason Todd dan Tim Drake. Salah satu hal yang menarik dari Damian adalah latar belakangnya yang merupakan anak biologis dari Batman dan Talia, ditambah pelatihan khusus yang didapatkannya dari Ra’s Al Ghul (pemimpin League of Assasins) tentu membuat karakter satu ini mendapat sorotan dari jutaan fans Batman di dunia. Meski harus diakui, kepopuleran Damian Wayne sebagai Robin masih kalah dibandingkan Dick Grayson (Robin pertama) atau Tim Drake (Robin ketiga) karena sifat Damian yang angkuh dan cenderung kasar.

Meski keturunan biologis dari Batman, tapi Damian baru menunjukkan diri di hadapan ayahnya ketika ia menginjak usia remaja. Tepatnya saat Talia Al Ghul (ibunya) menyuruh Damian memata-matai Batman. Sebelumnya, Damian menghabiskan waktunya dalam organisasi pembunuh bernama League of Assasins yang dipimpin oleh Ra’s Al Ghul, kakeknya.

Seperti anggota League of Assasins lainnya, Damian Wayne juga mempunyai nama asli yang cukup unik, yaitu Xu’ffasch. Tumbuh besar dengan pelatihan langsung dari sang pemimpin League of Assasins, membuat Damian menjadi seorang anak dengan kemampuan bertarung di atas rata-rata. Meski usianya masih baru belasan tahun, Damian sudah pandai membunuh, mengintai dan menghabisi lawannya. Sayangnya, tumbuh di lingkungan League of Assasins juga mengakibatkan Damian memiliki sifat yang ambisius, keras dan kasar.

Hal tersebut sudah terlihat ketika Damian pertamakali bertemu Batman, di mana dia langsung menantang Tim Drake (Robin saat itu) untuk melakukan duel. Damian merasa lebih pantas menjadi Robin dan mendampingi Batman dalam menumpas kejahatan secara langsung. Damian bahkan pernah menyatakan dirinya sebagai Robin terhebat dari para Robin sebelumnya (Baca: Macam-macam Robin, sidekick Batman dari Generasi ke Generasi).


Cerita Kematian Damian Wayne


siapa damian wayne evolusi robin

Seperti kebanyakan superhero DC lainnya, Damian Wayne juga pernah diceritakan tewas ketika beraksi. Kematian sang Robin keempat ini terjadi ketika dirinya melawan The Heretic (klon-nya) dan kemudian Ra’s membawa jasad Damian ke segala penjuru dunia. Batman tentu tidak tinggal diam, dia mengejar jasad anaknya tersebut agar tidak dibangkitkan kembali sebagai pewaris Ra’s Al Ghul.

Singkat cerita, jasad Damian Wayne malah dibawa oleh Glorious Godrey (anak buah Darkseid) ke Apokolips. Tujuannya adalah untuk menjadikan jasad Damian sebagai sumber energi untuk menembakkan Chaos Cannon di Apokolips. Sebelum itu terjadi, Batman dengan Hellbat armor-nya menyusul  ke Apokolips menggunakan Boom Tube (Baca: Macam-macam Armor Batman yang Tidak Kalah Keren dari Iron Man).

kematian damian wayne

Di Apokolips, Batman bertempur melawan Darkseid dengan bantuan dari Red Robin, Red Hood, Batgirl dan bahkan Cyborg (Victor Stone). Hingga akhirnya, Batman berhasil merebut jasad Damian Wayne dan kembali ke Wayne Manor. Mengejutkannya lagi, Chaos Shard yang sebelumnya telah aktif berhasil membuat Damian Wayne bangkit dari kematiannya dan segera kembali beraksi sebagai Robin.


Artikel terkait:


Itulah sedikit profil singkat dari Damian Wayne, keturunan Batman sekaligus Robin generasi keempat. Akankah sosok Damian Wayne ditampilkan di franchise DCEU? Sepertinya masih butuh waktu lama sebelum hal itu terjadi...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner