Senin, 08 Mei 2017

Mengenal Elongated Man, Superhero Elastis dari DC Universe

Siapa sebenarnya Elongated Man? Apa sih kekuatannya? Berikut merupakan penjelasan asal-usul dan kekuatan Elongated Man! 


Mengenal Elongated Man

Selowae.Net – Elongated Man memang tidak terlalu populer di kalangan umum, namun superhero satu ini sebenarnya cukup tenar di kalangan para fans DC. Terlebih setelah event Identity Crisis di mana kisah Elongated Man ditampilkan dengan cukup intens.

Nah, bagi yang belum mengetahui, berikut merupakan pembahasan asal-usul beserta kekuatan yang dimiliki oleh sang superhero dengan kekuatan mirip Plastic Man (DC) dan Reed Richard (Marvel).


Asal-Usul Elongated Man


Identitas asli Elongated Man adalah Randolph William Dibny, tapi ia biasa dipanggil Ralph. Sebagai anak yang besar di kota Waymore, Nebraska, ia agak unik. Ralph tidak mau hidup sebagai petani dan lebih menyukai kehidupan megah di kota besar. Ia memang suka menjadi pusat perhatian, dan bahkan cita-citanya adalah menjadi orang terkenal.

Suatu hari, Ralph muda menonton pertunjukkan sirkus dan ia langsung terpesona oleh pertunjukkan manusia plastik, di mana beberapa orang memamerkan kemampuan melenturkan tubuh semaunya. Ralph pun ingin mengetahui rahasia si manusia plastik dari India itu. Ia mengikuti sirkus dari kota ke kota sambil terus berusaha mengorek rahasia mereka. Sayangnya mereka tidak pernah mau memberitahunya.

Hingga suatu ketika, Ralph menemukan fakta bahwa para ahli meliukkan tubuh itu meminum ramuan bernama Gingold. Sebuah minuman yang diekstrak menggunakan buah langka bernama Gingo, yang berasal dari semenanjung Yucatan.

asal-usul elongated man

Ralph pun memutuskan untuk membuat sendiri ramuan tersebut. Singkat cerita, Ralph berhasil mengekstrak sendiri sari buah Gingo dan dia langsung meminumnya. Waktu itu tidak ada efeknya langsung, sampai tiba-tiba ia bisa memanjangkan lengannya ketika secara refleks berusaha menangkap pot bunga yang jatuh. Sayangnya kekuatan Gingold memiliki jangka waktu tertentu sehingga Ralph harus meminumnya Gingold secara rutin jika tidak ingin kekuatannya hilang.

Dalam komik sering diperlihatkan bahwa Ralph Dibny selalu membawa-bawa persediaan Gingold dalam botol di tas-nya. Seiring berjalannya waktu, diceritakan bahwa Ralph mampu membuat ekstrak Gingold dalam bentuk pil/kapsul yang jauh lebih praktis.

Setelah mendapatkan kemampuan, Ralph Dibny membuat kostum superheronya dari bahan nilon yang bisa memanjang ratusan meter. Ia menolong beberapa orang sambil memecahkan misteri. Kemana-mana dia selalu mempromosikan dirinya sebagai Ralph Dibny sang Elongated Man.


Ralph Dibny dan Sue Dibny


kekuatan elongated man

Sue adalah putri dari keluarga kaya raya dan terpandang di kota New York. Mereka berdua bertemu ketika Ralph menghadiri pesta dansa yang diadakan keluarga itu. Di mana Sue ternyata langsung jatuh hati pada Ralph. Dalam pesta tersebut, juga ada Flash yang menarik perhatian semua orang, kecuali Sue yang lebih tertarik dengan kejujuran, sifat liar dan humor dalam diri Ralph.

Keduanya pun akhirnya menikah dalam komik Flash vol 1 #119 dan setelahnya mereka pergi berkeliling dunia untuk memecahkan berbagai kasus-kasus misterius yang selalu saja muncul di hadapan mereka.

Ralph juga pernah bergabung dengan Justice League of America, sebelum keluar dan memutuskan untuk tidak lagi meminum ramuan Gingold setelah Sue Dibny diperkosa oleh Dr. Light dan dibunuh dengan cukup sadis (waktu itu Sue sedang hamil) di apartemen mereka sendiri.


Kekuatan Elongated Man


kelemahan elongated man

Elongated Man memiliki beberapa keahlian unik yang membuatnya tidak kalah terkenal dari Plastic Man. Berikut beberapa kekuatan Elongated Man yang sebaiknya kamu ketahui!

Memanjangkan dan merentangkan bagian tubuhnya, tapi terbatas.

Mengecilkan tubuhnya untuk mengakses tempat-tempat sempit. Dalam komik Detective Comics #572 Ralph Dibny pernah masuk kedalam sebuah biola.

Memanjangkan serta meliukkan tubuhnya untuk dapat melihat lebih jauh.

Membentuk tangannya menjadi berbagai benda, seperti membuat kunci, memperbesar ukuran tinjunya dan bahkan Ralph pernah merubah tangannya menjadi bulldog!

Tubuhnya yang elastis juga membuatnya tahan terhadap ledakan.

Mengubah wajahnya menjadi berbagai bentuk, tapi sebenarnya ini sangat menyakitkan.

Kekuatan fisik beberapakali di atas manusia normal.

Menyerap gelombang suara. Kekuatannya ini pernah diperlihatkan dalam komik JLA #258, JLE #50 dan Elongated-Man #4.


Kelemahan Elongated Man


Ia harus meminum Gingold secara rutin, kalau tidak elastisitas pada tubuhnya akan menghilang.

Lalu apakah semua orang yang meminum Gingold bisa menjadi seperti dirinya? Ternyata tidak, dalam komik Invasion #3 yang terbit tahun 1989 menjelaskan bahwa jika sembarang orang meminum Gingold, maka tidak akan mengalami bentuk transformasi seperti dirinya. Oleh karena yang membuat tubuh Ralph bisa melar bukan hanya ekstrak Gingold-nya, akan tetapi reaksi metagen dalam tubuhnya dengan Gingold. Bagi beberapa orang,Gingold malah mengakibatkan alergi yang parah.


Apa perbedaan Elongated Man dan Plastic Man (Eel O’ Brian)?


siapa plastic man
Plastic Man

Selain sifat keduanya yang cukup bertolak belakang (Plastic Man terkenal konyol dan cenderung gila), perbedaan mencolok dari keduanya terdapat pada kemampuan elastisitas tubuhnya. Jika Elongated Man hanya bisa memanjangkan dan merentangkan tubuhnya, maka Plastic Man sedikit lebih ekstrim karena ia juga bisa membentuk tubuhnya menjadi apapun yang dia mau. Bahkan, bentuk yang rumit seperti pesawat atau tank sekalipun.

Baca juga: 6 Armor Iron Man Paling Badass dalam Komik Marvel


Itulah profil singkat dari Elongated Man, sang superhero Elastis dengan kemampuan detektif di dunia DC. Kunjungi terus Selowae Heroes untuk mengetahui informasi seputar superhero DC dan Marvel!
Previous Post
Next Post

post written by: