Minggu, 11 Juni 2017

10 Macam Bumi (Earth, Universe) Terunik dari DC Comics

DC Comics memiliki 52 macam Bumi (Earth, Universe) berbeda. Masing-masing Bumi tersebut memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Berikut kami sajikan 10 universe terunik dalam DC Multiverse!


macam bumi dc earth universe dc

Selowae.Net – Secara sederhana DC multiverse adalah konsep adanya alam semesta lain di mana isi dari alam semesta tersebut berbeda dengan alam semesta lainnya, walau bisa jadi ada beberapa hal yang sama. Misalnya di Bumi-1 kita mengenal Batman sebagai superhero, bisa jadi di Bumi kesekian dia bukan superhero dan malah menjadi super-villain. Contoh lainnya, kita mengenal The Flash di Bumi-1 sebagai seorang tokoh pria, bisa jadi di Bumi kesekian dia adalah seorang wanita dan banyak lagi kasus lainnya.

DC Comics sendiri telah lama memakai konsep multiverse, dengan total Bumi (Earth, Universe) yang resmi berjumlah 52. Artinya, ada 52 konsep Bumi berbeda yang bisa dieksplor sedemikian rupa. Nah, dari 52 macam Bumi yang ada di komik DC, kami memilih 10 Bumi (Earth, Universe) terunik dan teraneh yang daftarnya bisa kalian simak setelah tanda titik dua berikut:


Earth-11, Bumi yang Dihuni Superhero Berkebalikan Gender


konsep multiverse dc earth 11

Kondisi Earth-11 sebenarnya hampir sama dengan Earth-0, pembedanya hanya para penduduknya yang memiliki gender berkebalikan dengan superhero dan super-villain dari  Bumi utama DC tersebut. Misalnya, kalau di Earth-0 kita mengenal Batman dan Superman, maka di Earth-11 karakter tersebut menjadi Superwoman dan Batwoman. Sebaliknya, superhero yang di Earth-0 adalah seorang wanita, maka di Earth-11 akan menjadi pria seperti Power Man (kebalikan Power Girl) dan Wonderous Man (kebalikan Wonder Woman).

Earth-11 juga mempunyai kelompok superhero bernama Justice Guild yang beranggotakan Superwoman, Batwoman, Aquawoman, Star Sapphire, Zatara, Power Man, Wonderous Man dan Jesse Quick.


Earth-32, Bumi yang Dihuni Para Fusion Hero


jenis bumi dc

Salah satu Bumi DC terfavorit karena dalam dunia ini, kita bisa melihat versi gabungan (fusion) dari 2 superhero populer DC. Misalnya saja Bat Lantern (gabungan Batman dan Green Lantern), Black Arrow (gabungan Green Arrow dan Black Canary), Wonderhawk (gabungan Wonder Woman dan Hawkgirl), Aquaflash (gabungan Aquaman dan The Flash), Super Martian (gabungan Superman dan Martian Manhunter) dan banyak lagi lainnya. Selain itu, di dunia ini juga ada kelompok superhero bernama Justice Titans yang merupakan fusion dari Justice League dan Teen Titans.


Earth-44, Bumi yang Dihuni Para Superhero Robot


penjelasan earth dc earth 44

Tidak ada superhero dalam dunia ini, oleh karena itu ilmuwan jenius bernama Doctor Will Tornado berambisi membuatnya. Singkat cerita, terciptalah sekumpulan superhero besi yang tergabung dalam ‘The Metal Justice’. The Metal Justice yang beranggotakan Gold Superman, Lead Green Arrow, Iron Batman, Platinum Wonder Woman, Mercury Flash, Tin Elongated Man dan Nth Metal Hawkman memiliki misi untuk menjaga perdamaian di Earth-44


Earth-31, Bumi DC Rasa Bajak Laut


bumi dc terunik

Bumi DC satu ini tidak menceritakan era superhero, melainkan era Bajak Laut macam film Pirates of Carribean atau manga One Piece. Hal itu dikarenakan sebagian besar daratan di Earth-31 sudah tenggelam.

Di Earth-31 kita akan menemui Captain Leatherwing (Batman), Robin Red Blade (Robin) dan kru Flying Fox yang tengah berjuang melawan kejahatan di tujuh lautan.


Earth-8 dan Earth-7, Bumi yang Dihuni Para Superhero Parodi Marvel


karakter dc terkuat earth 8

Konsep kedua Bumi ini bisa dibilang adalah parodi dari Marvel Universe. Di Earth-8 kita akan melihat The Incredible Future Family (parodi Fantastic Four), “Neo-human” G-Men (parodi X-Men), Battlin' Bug (parodi Spider-Man), The Mighty Retaliators (parodi Avengers) dan lain sebagainya. Di Earth-8, para superhero diceritakan sering berselisih dan bertarung satu sama lain, mungkin untuk memparodikan Civil War-nya Marvel. (Baca: 7 Komik Marvel Terbaik yang Berlatar Masa Depan)

dcearth 7 indonesia

Sedangkan Earth-7 adalah rumah dari para superhero DC seperti Crusader (mirip Captain America, Doc Future (mirip Mr. Fantastic), Devilfist (mirip Hellboy), Microbot (Mirip Iron Man dan Ant Man) dan sebagainya. Sayangnya, Earth-7 telah diceritakan hancur dalam komik ‘Multiversity #1: Cosmic Neighborhood Watch’ yang terbit pada 2014 lalu.


Earth-51, Bumi DC yang Dikuasai Manusia Binatang


multiverse di komik dc

Di dunia ini, manusia berperan layaknya binatang dan sebaliknya, para binatang berperan layaknya manusia. Karakter yang populer di Earth-51 adalah Pangeran Tuftan (manusia Singa) Ben Boxer dan Kamandi. Dunia ini juga diketahui dihuni oleh para New Gods.


Earth-26, Bumi DC dengan Penduduk ala Looney Tones


macam macam bumi dc

Earth-26 sudah pernah dihancurkan oleh Starro, namun entah bagaimana Earth-26 beserta para penduduknya berhasil terlahir kembali dalam bentuk ala kartun. Yup, di kelahiran keduanya, para penduduk Earth-26 memiliki bentuk kartun hewan yang mirip karakter serial Looney Tones.

Superhero dalam Earth-26 di antaranya adalah Captain Carrot, Rubberduck, Fastback, American Eagle, Yankee Poodle, Little Cheese, Alley Cat Dabra  dan Pig Iron.


Earth-42, Ketika Superhero DC Menjadi Chibi


earth 42 macam macam bumi dc

Apa jadinya jika para superhero DC menjadi chibi? Jawabannya dapat kamu temukan dalam Earth-42. Superhero dalam dunia ini kurang lebih sama dengan superhero Prime Earth (Bumi utama DC), hanya saja semuanya tampil dalam bentuk chibi yang lucu dan menggemaskan.

Earth-42 merupakan universe DC yang paling damai karena dunia ini tidak mengenal kejahatan, kekerasan atau kematian. Yang dikerjakan para penduduknya hanya bermain, bermain dan bermain.


Earth 43, Superhero DC Versi Drakula


dc earth 43 chibi

Jika Earth-42 sangat damai dan lucu, maka Earth-43 adalah kebalikannya. Dunia ini dipenuhi kegelapan dan sangat mengerikan. Bahkan, para superheronya telah berubah menjadi vampire yang haus darah. Dihuni oleh versi vampire dari Batman, Robin, Ultraman, Wonder Woman, Green Lantern, Flash dan Cyborg. Mereka tergabung dalam kelompok bernama Blood League.


DC Earth-29, Bizarroverse


daftar jenis earth dc semua

Ini nih Bumi DC yang paling unik dan aneh, yaitu Earth-29 atau biasa disebut Bizarroverse. Segala hal di dunia ini serba terbalik, misalnya kata Earth (Bumi) dalam Bumi ini disebut Htrea. Bentuk Bumi di Bizzarroverse adalah kotak dan seperti namanya, Bumi ini dipenuhi para Bizzarro. Mereka juga mempunyai tim super nggak penting yang bernama Unjustice Leauge of Unamerica.

Baca juga: Kekuatan Darkseid, Musuh Terkuat yang Akan Dihadapi Justice League


Itulah daftar 10 Bumi (Earth, Universe) DC yang paling aneh dan unik menurut tim Selowae.Net. Apakah kamu setuju dengan list di atas ataukah mempunyai daftar tersendiri? Yuk share aja di kolom komentar...
Previous Post
Next Post

post written by: