Sabtu, 24 Juni 2017

Mengintip Penjara Fiksi di Komik DC dan Marvel, dari Iron Heights sampai Arkham Asylum

Ada banyak penjara fiksi di komik DC dan Marvel. Berikut merupakan beberapa penjara fiksi yang paling populer!


Iron Heights


iron heights adalah

Iron Heights adalah lembaga permasyarakatan yang menampung penjahat-penjahat super yang brutal dan ganas. Beberapa supervillain seperti Abra Kadabra, Gorilla Grodd, Mirror Master dan lain sebagainya pernah ditahan di sini.

Berada di bawah kepemimpinan mantan jaksa St. Louis, Gregory Warden, membuat Iron Heights menjadi ‘lubang neraka’ bagi siapapun yang ditahan di sana. Para penjahat yang dipenjara di Iron Heights dikunci serta dipukuli setiap hari, dan siapapun yang mencoba melarikan diri akan langsung ditembak mati. Wolfe sendiri memang dikenal memiliki kebencian pribadi terhadap supervillain.


Belle Reve


Penjara Fiksi di Komik DC dan Marvel

Sudah menonton film Suicide Squad? Kalau sudah, pasti tidak asing dengan Belle Reve. Belle Reve adalah penjara yang dibuat khusus untuk menahan para Metahumans dan Supervillains lainnya.  Penjara ini dipilih oleh Amanda Waller sebagai markas besar Suicide Squad. Sebagian besar anggota Suicide Squad diambil dari tempat ini.

Para supervillains yang ingin mendapat keringanan masa hukuman, akan dimasukkan kedalam Suicide Squad untuk menjalankan misi rahasia dan sangat berbahaya di bawah kendali Amanda ‘Wall’ Waller.

Untuk mengendalikan para penjahat tersebut, Amanda menanam bom micro di leher setiap anggota Suicide Squad. Apabila mereka berkhianat atau gagal menjalankan misi, bom tersebut akan langsung diledakkan oleh Waller.


Ravencroft


marvel prison dc prison

Ravencroft adalah penjara fiksi (atau bisa disebut tempat mengobati kegilaan para penjahat) yang sering muncul di komik Spider-Man. Didirikan oleh pemerintah AS untuk mengobati para penjahat gila. Ravencroft pernah dihuni oleh musuh-musuh Spider-Man, seperti Elektro, Lizard, Carnage dan sebagainya.


The Raft


daftar penjara dc

Penjara satu ini muncul pertamakali dalam komik New Avengers #1 yang terbit tahun 2005. Terletak di dekat Ryker Island, The Raft pada awalnya menahan 87 supervillain kelas atas. Termasuk di antaranya Carnage, Bloody Mary dan Sentry.

Suatu hari, Raft diserang oleh Electro yang berhasil membebaskan semua tahanan, 42 di antaranya berhasil diamankan kembali oleh Avengers sedangkan sisanya lolos. Setelah kejadian tersebut, John Walker yang sebelumnya dikenal sebagai agen Amerika Serikat ditunjuk sebagai sipir baru The Raft.


Arkham Asylum


arkham asylum adalah

Dari sekian banyak penjara fiksi di komik DC dan Marvel, mungkin Arkham Asylum lah yang paling populer. Penjara ini terletak di pinggir kota Gotham. Hampir semua musuh Batman pernah ditahan di penjara satu ini. Joker salah satu yang sering ditahan sekaligus sering melarikan diri dari tempat ini. Selain Joker, Arkham Asylum pernah dihuni oleh Two-Face, Pinguin, Poison Ivy, Bane dan sebagainya. Arkham Asylum juga pernah muncul di film Suicide Squad (2016).


Blackgate Penitentiary


daftar penjara di komik dc marvel

Blackgate Penitentiary adalah penjara fiksi yang terletak di Gotham City. Digunkan untuk menampung para penjahat terbrutal yang pernah beraksi di kota Gotham, seperti Joker, Bane dan Two-Face.

Di awal kemunculannya (awal 1990an), penjara satu ini bernama Gotham State Penitentiary dan para tahanannya adalah narapidana non-kriminal di kota Gotham. Sedangkan penjahat yang dianggap berbahaya dan gila dikirim ke Arkham Asylum. Saat Arkham Asylum diserang, beberapa tahanannya dipindahkan ke penjara satu ini dan mulai saat itulah Blackgate Penitentiary juga menahan para penjahat sekelas supervillains.

Baca juga: Selain Diana Prince, Para Wanita Ini Juga Pernah Menjadi Wonder Woman


Itulah beberapa penjara fiksi di komik DC dan Marvel. Tentu saja selain keempat penjara tersebut masih ada lagi penjara fiksi lainnya yang belum kami sebutkan. Jika kamu ingin menambahkan, langsung saja tulis di kolom komentar...
Previous Post
Next Post

post written by: