Sabtu, 03 Juni 2017

Doctor Doom (Victor von Doom), Musuh Bebuyutan Fantastic Four

Siapa sebenarnya Doctor Doom? Simak asal-usul dan kekuatannya berikut ini!


siapa doctor doom marvel

Selowae.Net – Jika kamu mengikuti kisah Fantastic Four, pasti tidak asing dengan nama Doctor Doom (Victor von Doom). Bukan hanya dalam komiknya, karakter satu ini bahkan selalu muncul dalam semua film Fantastic Four yang pernah dibuat sampai tahun ini (Baca: Daftar Film Superhero Marvel dari Masa ke Masa ‘1978-2017’). Sehingga, apabila kamu pernah menyaksikan salah satu saja dari film-film tersebut, pasti sedikit banyak telah mengenal sang musuh bebuyutan Fantastic Four ini.

Nah, bagi kamu yang baru mengenal Doctor Doom lewat film dan ingin mengetahui lebih jauh terkait asal-usul dan kekuatan Dr. Doom versi komik Marvel. Simak saja pembahasannya setelah tanda titik dua berikut:


Siapa Sebenarnya Doctor Doom?


siapa doctor doom musuh fantastic four

Victor von Doom adalah putra Werner von Doom dan Cynthia von Doom. Ayahnya merupakan seorang tabib terkenal sedangkan ibunya adalah seorang penyihir Gypsy. Ada banyak versi berbeda yang menceritakan tentang ibu Doctor Doom, versi pertama mengatakan bahwa Cynthia meninggal saat melahirkan Victor, sedangkan versi kedua mengatakan bahwa beliau tewas saat melakukan ritual sihir (dibunuh Mephisto).

Werner, ayah Victor juga bernasib kurang baik, karena ia tewas ketika melindungi anaknya dari kejaran anak buah Baron. Sang Baron menyuruh para anak buahnya untuk menangkap Werner dan anaknya (Victor) karena ia tidak terima istrinya meninggal setelah Werner gagal mengobatinya. Setelah kejadian tersebut, Victor tinggal bersama kelompok penyihir Gypsy kenalan ibunya.

siapa doctor doom adalah

Sejak kecil, Victor dikenal sebagai orang yang keras kepala namun jenius. Ia sering meneliti benda sihir milik ibunya untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang sihir. Setelah beranjak dewasa, kabar tentang pemuda jenius (yang juga dikenal sebagai figur pemberontak di Latveria) ini menarik perhatian dekan Empire State University. Sang dekan kemudian memberikan beasiswa kepada Victor untuk berkuliah di Amerika. Di universitas inilah, Dr. Doom bertemu dengan orang yang kelak akan menjadi musuh bebuyutannya, yaitu Reed Richards (Mr. Fantastic).

Tidak mau kalah dengan Reed Richards (yang telah beberapakali mengunggulinya), Dr. Doom muda berambisi untuk membuat sebuah mesin canggih yang dapat menghubungkan dunia dengan neraka, dengan harapan bisa menghidupkan ibunya kembali.

Sayangnya, akibat salah perhitungan, mesin yang telah lama dirancang oleh Victor meledak dan melukai wajahnya. Ia menyalahkan kejadian ini kepada Reed Richards yang sebenarnya telah menunjukkan kesalahan perhitungan Victor. Sang Doctor Doom yang arogan itu tidak mau mengaku dan malah menuduh Reed Richards telah menyabose mesin buatannya.

mengenal siapa dr. doom

Setelah kejadian tersebut, Victor pergi ke pegunungan Himalaya di mana ia bertemu dengan sekelompok biksu yang kemudian menjadi anak buahnya. Berkat bantuan para biksu tersebut, Dr. Doom berhasil membuat armor yang kini menjadi ciri khas sekaligus sumber kekuatannya.

Dr. Doom pun kembali ke Latveria untuk mengambil alih kekuasaan dan mulai menggunakan sumber daya dari negara kecil itu untuk memenuhi tujuannya.

Dalam hidupnya, Victor memiliki tiga tujuan. Pertama: membebaskan roh ibunya yang ditawan Mephisto, Kedua: menguasai dunia dan Ketiga: mengalahkan Reed Richards.


Kekuatan Doctor Doom


kekuatan doctor doom mengalahkan thanos galactus

Berkat baju besi yang dikenakannya, Doctor Doom mampu bertarung satu lawan satu dengan para superhero Marvel. Baju besi ini terbuat dari logam Titanium dan dibuat dengan bantuan kekuatan sihir para biksu Tebet yang dulu ditemuinya.

Setelah Dr. Doom menguasai Latveria telah banyak upgrade yang ditambahkan pada armor-nya ini, baik yang berupa tambahan teknologi maupun tambahan yang bersifat supranatural.

Doctor Doom juga dapat menembakkan energi dari kedua tangannya, terbang dengan menggunakan roket yang ada di punggungnya dan yang paling penting adalah medan pelindung yang selalu berada di sekitar tubuhnya. Selain itu, armor ini juga memungkinkan Doctor Doom untuk bertahan hidup dalam kondisi lingkungan ekstrim seperti di dalam laut atau di luar angkasa –dan bahkan Neraka (ia pernah kembali setelah dibuang Reed Richards ke neraka).

Baca juga: Squirrel Girl, Superhero Wanita Terkuat yang Mampu Mengalahkan Thanos


Itulah profil singkat dan kekuatan Doctor Doom (Victor von Doom), musuh bebuyutan yang sering merepotkan Fantastic Four. Selain Dr. Doom, FF masih punya beberapa musuh terkuat lainnya, seperti Annihilus yang profilnya bisa kamu baca di Mengenal Annihilus, Sang Penjaga Negative Zone dari Marvel.

Previous Post
Next Post

post written by: