Rabu, 28 Juni 2017

Mengenal Parallax (DC), Salah Satu Musuh Terkuat Green Lantern Corps

Siapa sebenarnya Parallax? Simak asal-usul dan kekuatan Parallax dalam artikel berikut ini!


siapa parallax adalah musuh green lantern dc

Selowae.Net – Nama Parallax pertamakali muncul di komik DC saat salah satu superhero yang paling disegani di Bumi, Green Lantern (Hal Jordan) mengalami depresi akibat kehancuran Coast City, kota tempat tinggalnya.

Untuk menghilangkan rasa bersalah setelah gagal melindungi Coast City, Hal Jordan berusaha membangun sebuah kota dan membangkitkan semua penduduk yang tewas menggunakan kekuatan power ring miliknya. Mengetahui tindakan Hal Jordan, para Guardian of the Universe merasa bahwa anggota terbaik Green Lantern Corps ini telah menyalahi aturan karena menggunakan kekuatan cincinya untuk kepentingan pribadi.

Setelah menciptakan kembali Coast City, Hal Jordan pergi ke planet Oa (markas Green Lantern Corps) untuk menyerap lebih banyak kekuatan dari Central Power Battery. Demi tujuannya, Hal tidak ragu-ragu melukai bahkan membunuh para anggota Corps, seperti Kilowog yang berusaha mencegahnya. Tindakan Hal Jordan ini menjadi awal hancurnya Green Lantern Corps.

Setelah berhasil mencapai Central Power Battery, Hal Jordan menyerap seluruh energi yang ada dalam benda tersebut. Perbuatan ini mengakibatkan musnahnya sebagian besar Guardian. Hanya Guardian bernama Ganthet yang selamat. Hal yang berhasil mendapatkan kekuatan dari Central Battery lalu berbah menjadi sosok baru yang menyebut dirinya Parallax.

Tidak puas dengan kekuatan yang dimilikinya, Hal Jordan yang kini dirasuki Parallax menjelajahi alam semesta untuk mencari lebih banyak energi. Ternyata, ia bertujuan menciptakan ulang alam semesta  sehingga kehancuran Coast City bisa terhindarkan. Namun agar hal tersebut dapat terlaksana, alam semesta yang ada saat ini harus musnah.

Untuk menghentikan kegilaan Hal Jordan, para superhero DC bekerjasama menghentikannya. Singkat cerita, Hal akhirnya dapat dihentikan oleh Kyle Rayner, seorang artist yang merupakan anggota dan harapan terakhir Green Lantern Corps. Ia bekerjasama dengan Green Arrow (Oliver Queen), sahabat baik Hal Jordan.


Asal-Usul Parallax


siapa parallax dc adalah

Dalam komik Green Lantern: Rebirth, diceritakan bahwa entitas bernama Parallax sebenarnya telah ada sejak awal munculnya kehidupan di jagad raya. Makhluk ini merupakan perwujudan dari rasa takut yang ada di seluruh alam semesta DC.

Menggunakan kekuatan yang dimilikinya, Parallax mengancurkan planet-planet yang dilaluinya dengan memanfaatkan rasa takut dan paranoid makhluk penghuninya. Hal ini dilakukan karena Parallax perlu mengonsumsi rasa takut untuk terus hidup. Melihat ulahnya yang semakin mengkhawatirkan, para Guardian of the Universe memutuskan untuk menghentikan Parallax.

Singkat cerita, para Guardian kemudian berhasil mengurungnya dalam sebuah alat yang kemudian dikenal dengan nama Central Power Battery. Di dalamnya, rasa takut yang diciptakan oleh Parallax digunakan sebagai sumber energi power ring para anggota Green Lantern Corps. Secara sederhana, disimpulkan bahwa rasa takut tersebut diproses untuk menimbulkan tekad para pemegang power ring.

Oleh karena rasa takut yang ditimbulkan Parallax disimbolkan dengan warna kuning, maka power ring Green Lantern memiliki kelemahan terhadap warna tersebut. Hanya para Green Lantern yang berhasil menguasai rasa takutnya yang dapat menggunakan senjata ini untuk mengalahkan musuh berwarna kuning.

Salah satu musuh terkuat Green Lantern Corps ini berhasil melepaskan diri saat Hal Jordan mencoba menyerap semua energi yang ada dalam Central Power Battery, setelah dia mengalahkan para anggota Green Lantern Corps dalam cerita ‘Emerald Dawn’. Dalam komik Green Lantern: Rebirth, Hal Jordan dan para Green Lantern dari Bumi berhasil memenjara Parallax kembali di dalam Central Power Battery. Namun. Sinestro (yang menyimpan dendam terhadap Hal Jordan dan para Guardian) dapat meloloskan Parallax. Kekuatan Parallax kini digunakan oleh Sinestro untuk membentuk Corps-nya sendiri, yaitu Sinestro Corps (Yellow Lantern).


Kekuatan Parallax


kekuatan parallax musuh terkuat green lantern

Sebagai perwujudan dari rasa takut, jelas bahwa kekuatan utama Parallax adalah kemampuannya menimbulkan perasaan tersebut pada superhero yang menghadapinya. Ia juga mampu mengendalikan pikiran makhluk lain, bahkan pikiran superhero sekelas Superman dan Wonder Woman pun dapat dikendalikannya.

Namun kekuatan ini tidak dapat digunakan kepada makhluk yang sudah berhasil menaklukkan ketakutan terbesar dalam diri mereka, dalam hal ini para anggota Green Lantern Corps. Sementara itu, kekuatan Parallax dapat digunakan oleh makhluk yang mampu menimbulkan atau menyebarkan rasa takut. Batman sendiri pernah hampir direkrut oleh Sinestro Corps, walau dia menolak tawaran tersebut.

Parallax hanya bisa menguasai makhluk yang sedang dilanda rasa takut, seperti yang dialami Hal Jordan dan Kyle Rayner. Dalam hal kekuatan fisik, Parallax mampu memanipulasi energi untuk menciptakan benda apapun, seperti yang dapat dilakukan para anggota Green Lantern dengan kekuatan tekad mereka.

Parallax adalah salah satu musuh terkuat Green Lantern Corps, karena makhluk satu ini tidak hanya menyerang secara fisik, namun juga menyerang secara mental. Bahkan, dengan kekuatannya Parallax bisa dengan mudah mengadu domba musuhnya untuk saling menghancurkan satu sama lain.

Baca juga: Mengenal Para Emotional Entity, Sumber Kekuatan Lantern Corps DC


Itulah profil singkat, asal-usul dan kekuatan Parallax, salah satu musuh terkuat Green Lantern Corps. Tahun 2020 nanti, kita akan melihat film Green Lantern Corps sebagai bagian dari franchise DC Extended Universe. Mungkihkah Parallax akan hadir dalam film tersebut? Kita nantikan saja...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner