Rabu, 12 Juli 2017

Reverse Flash, Musuh Bebuyutan The Flash dari Generasi ke Generasi

Ada berbagai macam Reverse-Flash dari generasi ke generasi. Inilah profil singkat semua Reverse-Flash DC!

 macam Reverse-Flash

Selowae.Net – Sampai saat ini, ada 4 karakter DC yang secara resmi menggunakan identitas The Flash. Sebut saja Jay Garrick sang The Flash di era Golden Age, Barry Allen sang The Flash di era Silver Age, Wally West yang menggantikan Barry setelah peristiwa di Crisis on Infinite Earths dan Bart Allen, cucu Barry Allen yang berasal dari abad ke-30.

generasi reverse flash

Menariknya, setiap The Flash di atas ternyata memiliki kebalikannya masing-masing, atau biasa disebut Reverse-Flash. Ingin mengenal Reverse-Flash dari masing-masing generasi The Flash? Simak pembahasannya di bawah ini!


#1 - The Rival (Edward Clariss)


kekuatan reverse flash

Siapa itu The Rival?

The Rival adalah Reverse-Flashnya Jay Garrick, The Flash generasi pertama. Identitas asli The Rival adalah Edward Clariss, seorang professor dari universitas di mana Jay berkuliah.

Suatu hari, Prof. Edward Clariss mengklaim bahwa kecepatan yang dimiliki Jay Garrick adalah berkat formula yang ia buat, yaitu ‘Velocity 9’. Sayangnya klaim yang ia lakukan sama sekali tidak dianggap oleh komunitas ilmiah. Merasa dendam akan hal tersebut, ia pun menggunakan Velocity 9 dan menjadi speedster jahat bernama The Rival.

Dalam komik, The Rival menggunakan kostum yang hampir sama persis dengan Jay Garrick, hanya saja warna kostumnya terlihat lebih gelap.


#2 – Professor Zoom (Eobard Thawne)


Reverse Flash, Musuh Bebuyutan The Flash dari Generasi ke Generasi

Siapa itu Professor Zoom?

Inilah musuh bebuyutan The Flash versi Barry Allen yang awalnya adalah penggemar beratnya. Berasal dari abad-25, Eobard Thawne adalah orang yang sangat terobsesi terhadap Barry Allen (The Flash) bahkan ia mengoperasi wajahnya agar terlihat mirip dengan sang idola. Namun karena suatu kejadian, rasa kagum itu berubah menjadi kebencian yang sangat besar.

Suatu hari, Eobard menemukan kapsul waktu yang berisi kostum The Flash, setelah ia menggunakan kostum itu ia pun mendapatkan kecepatan super yang bisa menandingi The Flash. Oleh karana rasa bencinya terhadap Barry dan karena selalu gagal mengalahkan Barry di masa itu, membuat Eobard yang menamai dirinya Professor Zoom (Reverse Flash) kembali ke masa lalu untuk membunuh Barry kecil.

Sama dengan versi Tv series-nya, rencana pembunuhan Barry kecil gagal dan malah membunuh Nora Allen (ibu Barry) dengan ayahnya yang dituduh membunuh istrinya sendiri. (Baca: 7 Fakta Menarik The Flash CW Series)


#3 – Zoom (Hunter Zolomon)


macam Reverse Flash, Musuh Bebuyutan The Flash

Siapa itu Zoom?

Jika Jay Garrick punya The Rival dan Barry Allen punya Professor Zoom, maka Wally West memiliki Zoom (Hunter Zolomon) sebagai kebalikan atau Reverse-Flashnya.

Awalnya, Hunter Zolomon adalah orang yang baik, dan bahkan ia merupakan anggota kepolisian di Keystone City. Sayangnya, suatu hari kakinya lumpuh akibat serangan Gorilla Grodd. Kehilangan kedua kakinya membuat Hunter merasa masa depannya telah hancur, hingga ia sadar bahwa Wally West (The Flash saat itu) bisa mengubah semuanya.

Ia pun meminta tolong pada Wally West untuk kembali ke masa lalu dan mencegah kelumpuhan pada kakinya. Namun Wally menolaknya karena hal itu akan merusak tatanan waktu dan berbahaya untuk masa depan.

Mendengar penolakan Wally West, tidak membuat Hunter Zolomon kehilangan niatnya. Ia tetap nekat ingin kembali ke masa lalu menggunakan Cosmic Treadmill yang disimpan di Flash Museum.

Ketika ingin menggunakan Cosmic Treadmill, alat tersebut malah meledak dan menghanguskan sebagian besar Flash Museum. Beberapa hari kemudian, Hunter terbangun di rumah sakit dan mendapati sekelilingnya bergerak sangat lambat.

Menggunakan kemampuannya, Hunter Zolomon menjelma menjadi Reverse-Flash yang baru. Siap memberikan mimpi buruk dalam kehidupan Wally West.


#4 – Inertia (Thaddeus Thawne)


generasi reverse flash dc

Siapa itu Inertia?

Inertia adalah klon yang diciptakan dari DNA Bart Allen.  Pertamakali muncul dalam komik Impulse #50, Thaddeus Thawne berasal dari abad ke-30, di mana cucu Barry Allen yaitu Bart Allen berasal.

Setelah gagal membujuk Bart Allen untuk membalas dendam kepada keluarga Allen, keluarga Thawne kemudian menciptakan kloning dari DNA Bart Allen dan lahirlah seseorang yang mirip dengan Bart yaitu Thaddeus Thawne. Thad diajari untuk membenci keluarga Allen khususnya pada Impulse (Bart Allen). Ia pun menjadi musuh bebuyutan Bart Allen dan bahkan berhasil membunuh The Flash yang malang ini dengan bantuan The Rogues.


#5 – Reverse-Flash (Daniel West)


macam-macam reverse flash dc

Siapa itu Daniel West?

Dalam New 52, muncul satu speedster lagi yang menyebut dirinya Reverse-Flash. Dia adalah Daniel West, saudara kandung Iris West. Ayahnya, William West tidak menyukai Daniel karena istrinya meninggal tepat setelah Daniel lahir. Ia pun kerap menyiksa Daniel yang kemudian membuat Daniel tumbuh dengan rasa dendam.

Suatu hari, ketika Daniel mencoba kabur dari kejaran para Rogues, mobil monorail yang ia kendarai mengalami kecelakaan dan serpihannya menyatu dengan tubuh Daniel sehingga dia terhubung dengan Speed Force. Setelah mendapatkan Super Speed, Daniel West menjadi speedster jahat dengan nama Reverse-Flash dan kembali ke masa lalu untuk membunuh ayahnya sendiri.



Demikian profil singkat seputar macam-macam Reverse-Flash dari generasi ke generasi. Di antara kelima generasi Reverse Flash di atas, manakah yang menjadi favoritmu?

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner