Jumat, 14 Juli 2017

Selowae.Net – Jika kamu mengikuti komik The Flash atau serial TV-nya, pasti sudah tidak asing dengan istilah Speed Force. Tapi, apa sih sebenarnya Speed Force itu? Dari mana asal-usul Speed Force dan kekuatan apa yang dimilikinya? Jika kamu penasaran, berikut merupakan pembahasan singkatnya!


Pengertian Speed Force dalam Komik DC


Apa Itu Speed Force?

Speed Force adalah sumber energi atau kekuatan dari semua speedster di DC Universe. Semua speedster DC seperti The Flash, Max Mercury, Savitar dan sebagainya mendapatkan kekuatannya dari tempat atau dimensi ini.

Meski begitu, tidak semua karakter yang memiliki kecepatan super mendapat kekuatannya dari Speed Force. Contohnya adalah Superman dan Supergirl, mereka memiliki kecepatan super tapi bukan karena Speed Force. Melainkan karena kemampuan bawaan ras Kryptonian yang kuat dan cepat jika terkena sinar matahari.

Lalu, darimana Speed Force berasal? Jawabannya dapat kamu temukan di poin berikut:


Asal-Usul Speed Force dalam Komik DC


speed force adalah

Dalam sejarah komik DC, ada beberapa speedster sebelum Barry Allen, misalnya Jay Garrick dan Johnny Quick. Namun pada awalnya sumber kekuatan Jay dan Johnny bukan berasal dari Speed Force, jadi yang pertamakali mengenalkan konsep Speedforce ke DC Universe ya Barry Allen.

Dalam komik The Flash: Rebirth #4, Max Mercury menjelaskan bahwa Barry Allen lah yang menciptakan Speed Force itu sendiri. Tanpa Barry Allen, Speed Force tidak akan pernah ada di DC Universe.

Loh kok bisa? Jadi, malam ketika Barry Allen tersambar petir adalah malam di mana Speed Force mulai terbentuk. Setiap Barry berlari dengan super speed-nya, terjadi gaya kinetik antara time barrier dan kontinuitas sekarang yang membentuk ruang dimensi yang kita kenal sebagai Speed Force.

Energi yang dihasilkan Barry Allen tersebut kemudian dipakai atau melahirkan speedster-speedster lainnya.

Speed Force ada di semua Multiverse DC. Di setiap waktu, di setiap tempat dan di setiap era sehingga memunculkan speedster-speedster di dunia alternatif, di masa lalu dan bahkan di masa depan. Jadi bisa dibilang bahwa Barry Allen adalah 'Rajanya Speed Force' (Dalam komik The Flash Rebirth dia mengatakan hal ini ketika melawan Gorilla Grodd).


Kekuatan Speed Force


asal usul kekuatan speedforce

Awalnya, konsep Speedforce memang hanya untuk berlari dengan kecepatan super, namun seiring berkembangnya zaman kekuatan ini sedikit demi menjadi makin variatif dan bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai hal. Berikut di antaranya:


Speed Force Aura

Secara teori, ketika ada objek yang bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya, maka benda-benda yang berada di sekelilingnya pasti akan hancur berantakan. Termasuk juga tubuh atau objek yang bergerak tersebut. Namun kenapa hal ini tidak terjadi ketika para speedster berlari? Jawabannya adalah karena mereka memiliki Speed Force Aura.

Secara sederhana, Speed Force Aura adalah semacam medan energi yang melindungi tubuh para speedster dari berbagai benturan objek kecil maupun pergesekan udara. Bahkan Speed Force Aura juga bisa melindungi benda atau orang lain yang dibawa speedster dalam kecepatan supernya.


Berpikir dengan Cepat

Speed force juga mempengaruhi kecepatan neuron di otak para speedster. Hal ini membuat mereka mampu berpikir dengan sangat cepat. Oleh karena kecepatan berpikirnya, para speedster menjadi kebal terhadap para pengendali dan pembaca pikiran. Bahkan Martian Manhunter hanya bisa memperoleh gambaran buram dari pikiran The Flash.


Menembus Objek

Dengan kecepatan yang dimilikinya, speedster mampu menembus objek padat yang sangat kokoh tanpa merusaknya sedikitpun. Untuk melakukannya, speedster harus mampu mengkalkulasi frekuensi getaran yang tepat agar bisa menembus suatu objek dengan lancar.


Healing Factor

Speed Force mempercepat metabolisme, sehingga memberikan proses regenerasi super cepat terhadap para penggunanya.


Mencuri dan Meminjamkan Speed Force

Beberapa speedster mampu mencuri energi Speed Force dari speedster lainnya, dan bahkan memberikan energi tersebut ke benda atau makhluk lain. Salah satu speedster yang ahli dalam hal ini adalah Savitar, dia pernah mencuri kekuatan para speedster DC untuk membentuk pasukan speedster-nya sendiri. The Flash juga pernah mencuri sebagian Speed Force milik Godspeed untuk menghentikan aksi jahatnya.


Air Vortex

Salah satu jurus yang sering digunakan The Flash. Ia mampu menciptakan pusaran dengan berlari secara melingkar atau memutar kedua tangannya dengan kecepatan tingi. Kemampuan ini juga memungkinkan The Flash untuk terbang.


Speed Reading

Speedster dapat membaca ratusan buku dengan sangat cepat. Hanya saja, informasi yang didapat dari kegiatan ini juga cepat dilupakan. Bart Allen adalah satu-satunya speedster DC yang memiliki kemampuan ‘Photographic Memory’, dialah satu-satunya yang bisa mengingat hal-hal detail yang ia lihat dalam mode super speed.


Time Remnant

Beberapa speedster mampu menduplikasi diri, dengan berlari ke masa lalu mereka akan secara otomatis menduplikasi dirinya sendiri. Contoh speedster yang ahli dalam melakukan hal ini adalah Godspeed, ia dapat dengan mudah melakukan time remnant atau menduplikasi tubuhnya sendiri.


Time Travel

Salah satu kemampuan yang membuat beberapa speedster sangat kuat dan mengerikan adalah Time Travel. Beberapa speedster mampu menembus batas-batas ruang dan waktu, hal ini memungkinkan mereka pergi kemanapun dan kapanpun yang mereka mau.

Termasuk ke dimensi lain atau ke masa depan yang belum terjadi sekalipun. Namun, penggunaan kekuatan ini sangat beresiko karena dapat merusak tatanan waktu yang sudah ada.

Baca juga: Reverse-Flash, Musuh Bebuyutan The Flash dari Generasi ke Generasi


Itulah sedikit penjelasan tentang Speed Force dan kekuatan yang dihasilkannya. Tentu saja selain beberapa kekuatan di atas, masih banyak lagi kemampuan baru yang mungkin diwujudkan menggunakan Speedforce. Tergantung kreativitas dari para speedster yang menggunakannya.

Previous Post
Next Post

post written by: