Rabu, 12 Juli 2017

Pendapatan Film Spider-Man dari Masa ke Masa, Manakah yang Paling Laris?

Simak daftar film Spider-Man terlaris di bawah ini! Apakah film Spider-Man favoritmu menempati puncak? 


pendapatan film spider-man homecoming

Selowae.Net – Spider-Man merupakan salah satu karakter dari komik Marvel yang paling sering diangkat ke layar lebar. Setidaknya, dalam 15 tahun terakhir ini kita telah menyaksikan 6 film solo Spider-Man. Sebut saja trilogi Spider-Man arahan Sam Raimi, dua film The Amazing Spider-Man arahan Marc Webb, dan yang paling baru film Spider-Man Homecoming arahan Jon Watts.

Nah, di antara film-film Spider-Man tersebut, manakah yang paling laris atau mendapatkan penghasilan tertinggi? Jika kamu penasaran, berikut merupakan daftar lima besarnya!

Note:
- Film Spider-Man: Homecoming tidak dimasukkan daftar karena sampai saat ini filmnya masih tayang/penghasilan belum final.
- Daftar ini disusun berdasarkan perkiraan pendapatan kotor yang didapatkan dari jumlah penayangan di bioskop saja, tidak termasuk penjualan DVD, merch dan sebagainya.


#5 – The Amazing Spider-Man 2 (2014)



Pendapatan: Rp 9 triliun

The Amazing Spider-Man 2 sering dianggap sebagai film Spider-Man terburuk dalam 15 tahun terakhir, bahkan lebih buruk dari film Spider-Man 3 arahan Sam Raimi. Film ini mengulangi kesalahan yang sama dengan film Spider-Man 3, di mana plot cerita-nya terlalu banyak namun penyampaiannya dangkal.

Situs Comicbook bahkan menyebut film The Amazing Spider-Man 2 kurang memperlihatkan sisi heroik Spider-Man dan terlalu mengedepankan kisah romansa antara Peter dan Gwen.

Alasan itulah yang mungkin membuat film The Amazing Spider-Man 2 yang dibintangi Andrew Garfield tidak selaris film-film Spider-Man sebelumnya (meski pendapatannya sudah lebih besar dari film-film Hollywood kebanyakan). Adapun pendapatan kotor film ini diperkiranan mencapai Rp. 9 triliun dan menjadi film Spider-Man terlaris urutan kelima.


The Amazing Spider-Man (2012)


daftar Film Spider-Man dari Masa ke Masa

Pendapatan: Rp 10 triliun

Setelah film Spider-Man 4 batal diproduksi (Baca: 7 Film Superhero Marvel yang Batal Diproduksi), Sony kemudian me-reboot film Spider-Man dengan menggandeng sutradara Marc Webb (500 Days of Summers).

Dipilihlah Andrew Garfield sebagai Peter Parker dan Emma Stone sebagai Gwen Stacy. Penampilan Garfield sebagai Spider-Man banyak dipuji oleh fans Marvel, ia dinilai mampu membawakan sifat kocak, tengil dan cerewet yang mendekati Spider-Man dalam komik dan serial animasi. Dipilihnya Gwen Stacy dan bukan Mary Jane sebagai 'love interest' Peter Parker juga memberikan nuansa baru di The Amazing Spider-Man.

Film The Amazing Spider-Man diproduksi dengan biaya 3 triliun, dan mampu menghasilkan pendapatan kotor lebih dari 10 trilliun. Pendapatan ini masih kalah tipis dengan ketiga film Spider-Man arahan Sam Raimi.


Spider-Man 2 (2004)


pendapatan film spiderman dari masa ke masa

Pendapatan: Rp 10,5 triliun

Ini dia film Spider-Man terbaik menurut admin Selowae.Net, bahkan lebih baik dari film Spider-Man: Homecoming yang baru-baru ini tayang (IMHO).

Masih dibintangi Tobey Maguire, kali ini Peter Parker harus menghadapi Doctor Octopus yang secara mengejutkan mampu dihadirkan dengan gemilang. Memiliki fokus cerita yang jelas, adegan-adegan menegangkan, kadar drama dan komedi yang pas, serta karakter building yang hebat, membuat film Spider-Man 2 masih menjadi film Spider-Man terbaik setidaknya menurut kami.

Film Spider-Man 2 juga terbukti mampu mendapatkan banyak penghargaan di ajang perfilman Hollywood. Termasuk penghargaan Visual Terbaik dari Academy Award. Adapun pendapatan kotor film Spider-Man 2 diperkirakan mencapai Rp 10,5 trilliun.


Spider-Man (2002)


Pendapatan Film Spider-Man dari Masa ke Masa, Manakah yang Paling Laris?

Pendapatan: Rp 11 triliun

Film pertama Spider-Man di era 2000-an ini mampu menghasilkan angka yang fantastis di seluruh dunia. Diperkirakan, film Spider-Man mendapatkan pendapatan kotor sebesar Rp 11 triliun dari penayangannya di bioskop, keuntungan ini sekitar 10 kali lipat dari biaya produksi filmnya.

Film Spider-Man terlaris kedua ini juga menjadi salah satu film yang menempatkan standar tinggi bagi film-film bertema superhero. Bahkan, setelah 15 tahun pun film ini masih saja sering dibandingkan kualitasnya dengan film-film Spider-Man versi terbaru.


Spider-Man 3 (2007)


Pendapatan Film Spider-Man dari Masa ke Masa, Manakah yang Paling Laris?

Pendapatan: Rp 11,9 triliun

Film Spider-Man terlaris peringkat pertama masih ditempati oleh film Spider-Man 3 arahan Sam Raimi (kemungkinan akan disalip oleh Spider-Man Homecoming). Film Spider-Man terakhir yang diperankan Tobey ini memang banyak mendapat ulasan negatif dari kritikus. Namun rupanya tidak menghilangkan minat para fans untuk menontonnya.

Menghadirkan Venom dan Sandman, film ini berhasil menjadi hits di tahun 2007 dan mampu meraih pendapatan tertinggi dibanding film-film sebelumnya. Film ini menghabiskan budget lebih besar dari dua film sebelumnya, yaitu sebesar Rp 3,4 triliun. Namun, Spider-Man 3 juga menjadi film Spider-Man berpendapatan tertinggi dari Sam Raimi dengan pendapatan kotor mencapai Rp 11,9 triliun.

Baca juga: Selain Venom,  Karakter Ini Pantas Dibuatkan Spin-off Film Spider-Man


Itulah 5 film terlaris Spider-Man dari masa ke masa. Sekali lagi, pendapatan film Spider-Man di atas hanya perkiraan berdasarkan hasil penayangan bioskop.

Menurutmu, mampukah pendapatan film Spider-Man Homecoming menempati puncak daftar ini?
Previous Post
Next Post

post written by: