Sabtu, 23 Desember 2017

Mengenal Legion of Doom, Kelompok Penjahat Super Saingan Justice League

Siapa itu Legion of Doom? Simak profil singkat para anggotanya melalui pembahasan di bawah ini!


Original artikel by Mike Searle

Selowae.net – Untuk menandingi kelompok superhero JLA, para penjahat dunia DC mau tidak mau harus bersatu membentuk sebuah perkumpulan. Lahirlah mimpi buruk terdahsyat Justice League, Legion of Doom. Ada banyak versi dari Legion of Doom, dan semuanya selalu terbentuk untuk menandingi kekuatan JLA. Dalam pembahasan kali ini, Legion of Doom yang akan dibahas adalah versi Alex Ross dalam serial Justice.

Mengenal Legion of Doom, Kelompok Penjahat Super Saingan Justice League

Legion of Doom versi ini sering dianggap sebagai yang paling mengerikan, hal itu dikarenakan visual Alex Ross yang memberi kredibilitas serius pada Legion of Doom ciptaannya. “Interpretasi fisik para tokoh dicapai dengan menghilangkan kesan konyol agar mereka tampak lebih meyakinkan dan menakutkan. Kamu akan menganggap mereka kumpulan penjahat super terhebat.” Ungkap Ross seperti dikutip dari Mike Searle.

Siapa saja anggota Legion of Doom versi serial Justice? Mereka terdiri dari tokoh-tokoh penjahat yang menurut Ross merupakan lawan-lawan paling mematikan JLA, atau mereka yang potensinya belum digali. Berikut merupakan beberapa di antaranya!


anggota legion of doom adalah

Lex Luthor


Legion of Doom dipimpin oleh dua otak kejahatan terbesar di dunia DC, Lex Luthor dan Brainiac. “Kalau kalian mau ada orang yang memimpinn para penjahat dalam satu kelompok,” kata Ross. “Ya harus kedua orang jenius ini.”

Seperti Brainiac, Luthor mengandalkan teknologi untuk menjaga diri. Lex Luthor kali ini bukan versi pemimpin mafia gemuk zaman Byrne atau versi Presiden. Namun versi Luthor berkostum tempur ungu hijau yang familiar itu. Ini bukan baju tempur untuk menandingi Superman. Baju itu kini menjadi pakaian pelindung yang memungkinkan Luthor menggunakan berbagai sarana, seperti teleportasi dan medan gaya, sekaligus untuk mengamankan dirinya.


Brainiac


Brainiac versi ini tidak akan meneror warga dalam wujud robot raksasa seperti Brainiac versi lainnya. Namun, ia adalah penjahat paling licin, dengan pikiran yang dapat dipindahkan ke tubuh siap pakai. Brainiac bisa meloncat dari satu tubuh Brainiac ke tubuh Brainiac lainnya. Dibanding penjahat lain, ia memiliki kemampuan melarikan diri terbesar karena tidak terpaku dalam satu wujud fisik.


legion of doom adalah kelompok penjahat super dc

Bizarro


Anggota Legion of Doom yang dapat menandingi Superman dan Wonder Woman, sekaligus mematahkan tulang belakang Green Arrow jika ia sempat menangkapnya. Untuk menjauhkan Bizarro dari sisi absurditas dan memberinya sisi mengerikan, Alex Ross membuat Bizarro berdasarkan sumber yang tidak lazim: gadis kecil mengerikan dalam “The Ring”.

Satu hal yang tidak akan kalian dengar dari Bizarro versi Ross adalah: “Me am Bizarro”. Ross dan kawan-kawan ingin dia lebih menakutkan dari itu. Lebih banyak keheningan mengerikan dari Superman yang nyaris tak berakal ini.


Solomon Grundy


Seperti Bizarro, Solomon Grundy akan menjadi tambahan otot dalam Legion-nya Lex Luthor dan Brainiac. Tapi pikirannya lembut dan ia mudah dibuat marah. Hal ini membuatnya sulit dikendalikan.

Pada dasarnya, Solomon Grundy adalah Hulk yang pertama. Grundy mendahului Hulk (Marvel) lebih dari 20 tahun. Solomon Grundy juga merupakan figur monster Frankestein modern.


asal-usul legion of doom anggotanya siapa

Poison Ivy


Walau bukan anggota asli Legion of Doom, Poison Ivy dimasukkan karena ia adalah agen manusia yang mudah berinteraksi dengan manusia lainnya. Ini hal yang tidak mungkin dilakukan oleh anggota yang mengerikan seperti Parasite. Selain itu, Poison Ivy juga menambah daya tarik seksual kelompok ini.


Baca juga: Mengenal Para Emotional Entity, Sumber Kekuatan Lantern Corps DC



Cheetah


Petarung perempuan terhebat dalam Legion ini berperan sebagai tandingan Wonder Woman. Cheetah versi ini dibuat terganggu secara fisik dan mental. Ia menguliti cheetah hidup sebagai ritual untuk menyerap kekuatan hewan tersebut. Lalu, ia mengenakan kulit segarnya sebagai kostum.


anggota legion of doom

Scarecrow


Seperti teroris, Jonathan Crane alias Scarecrow menggunakan taktik menakut-nakuti dan persenjataan psikologis sebagai senjata. Ia adalah tokoh yang bisa memanipulasi emosi dan mengganggu seseorang dengan manipulasi tersebut. Di balik mantelnya, ada jutaan ragam gas syaraf.


Sinestro


Dibanding anggota Legion of Doom lainnya, Sinestro adalah yang paling sedikit diubah penampilan dan motivasinya. Menurut Ross, versi-versi Sinestro selama ini tetap setia pada konsep awal.

Sebagai makhluk luar angkasa, ia tidak terlalu tertarik dengan penjahat-penjahat Bumi. Tapi ia sependapat dengan rencana Brainiac/Luthor untuk membagi-bagi Bumi sebagai rampasan. Tentu saja, di balik semua itu ada kebencian Sinestro terhadap Green Lantern (Hal Jordan) yang telah mempermalukannya di masa lalu.


Mengenal Legion of Doom, Kelompok Penjahat Super Saingan Justice League

Riddler


Kalau saja ia bukan korban ketergantungan teka-teki, Edward Nigma mungkin bisa menandingi Luthor dan Brainiac. Namun, ia tetap mampu menyumbangkan kelicikannya untuk Legion. Ia memanfaatkan teknologi dengan kostum baru peningkat kemampuannya.

Riddler kali ini mempunyai efek Count Vertigo yang dapat ia tampilkan dengan membuka jubahnya –yang tidak berwarna dan mempunyai banyak tanda tanya sinting itu.


Baca juga: Jadwal Film Marvel Tahun 2018-2020 (Disney, Fox dan Sony)



Toyman


Toyman memainkan peran penting dalam Legion of Doom. Ia adalah mata-mata dan penemu utama tim. Menurut Ross, tidak ada alasan bagi Toyman untuk mempertaruhkan nyawa bertarung satu lawan satu dengan para superhero.

“Ia adalah sang dalang. Karena itu saya merancangnya seperti boneka tali, dengan benang bergantungan. Ini menunjukkan dengan jelas bahwa dialah figur yang mengendalikan. Tidak perlu membuang tokoh bagus seperti Toyman untuk Doomsday, hanya karena Doomsday kuat,” ungkap Alex Ross.


Joker


awal mula Legion of Doom, Kelompok Penjahat Super Saingan Justice League

Sebelum 1950-an dan 1960-an saat ia jadi tokoh konyol, Joker memulai debut sebagai pembunuh berdarah dingin. Alex Ross menampilkan sisi tersebut dalam Joker kali ini. Tapi bukan berarti dengan demikian Joker otomatis menjadi anggota Legion of Doom. Luthor dan Brainiac sadar bahwa tokoh ini sulit dikendalikan. Joker pun segera menyadari bahwa dirinya diasingkan. Ini hal yang tidak begitu mudah diterima oleh musuh bebuyutan Batman.

Usahanya untuk ambil bagian selalu menjadi gangguan dalam rencana besar para penjahat. Joker selalu ingin ikut dalam semua permainan. Ia adalah pengacau pesta.


asal-usul Legion of Doom, Kelompok Penjahat Super Saingan Justice League

Demikian penjelasan singkat tentang Legion of Doom dan para anggotanya. Anggota Legion of Doom rancangan Alex Ross sangat banyak, daftar panjangnya memuat nama-nama besar seperti Captain Cold, Gorilla Grood, Black Manta, Black Adam, Giganta, Parasite, Metallo dan Clayface.

Next > Top 5 Kelompok Penjahat DC

Previous Post
Next Post

post written by: