Jumat, 22 September 2017

12 Anime Tersedih yang Paling Mengharukan dan Bikin Nangis

Simak rekomendasi anime tersedih sepanjang masa, yang bisa membuat penontonnya tersentuh dan bahkan meneteskan air mata!


Selowae.Net – Anime dari Jepang mampu menggugah perasaan setiap orang yang menontonnya. Mulai dari perasaan senang, tegang, marah dan bahkan sedih. Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila banyak sekali remaja Indonesia yang menggemari anime dan manga dari Jepang.

Jika kamu salah satunya, maka jangan sampai melewatkan 12 judul anime yang akan kami rekomendasikan di bawah ini. Bukan hanya memiliki cerita yang seru, namun 12 anime berikut juga memiliki banyak momen menyentuh yang dapat membuat penontonnya meneteskan air mata. Anime apa sajakah itu? Berikut rekomendasi anime paling sedih yang mengharukan dan bisa bikin nangis!


Clannad


12 Anime Tersedih yang Mengharukan dan Bikin Nangis clannad

Clannad sering disebut-sebut sebagai anime paling sedih sepanjang masa. Anime satu ini awalnya mengisahkan tentang kehidupan sekolah antara Tomoya dan Nagisa. Tomoya adalah seorang berandalan yang sama sekali tidak memperdulikan hidupnya. Sedangkan Nagisa adalah siswi perempuan yang memiliki fisik lemah dan pernah tidak naik kelas. Keduanya bertemu dan mulai saling mengenal satu sama lain, hingga muncul tekad dalam hati Tomoya untuk membahagiakan Nagisa.

Kisah di antara keduanya tidak hanya terjadi saat sekolah saja, karena penonton juga akan diperlihatkan masa depan keduanya di mana Tomoya dan Nagisa nantinya menikah dan punya seorang putri. Meski akhirnya menikah, namun kisah romansa antara Tomoya dan Nagisa tidak benar-benar berakhir bahagia. Apa yang terjadi setelahnya? Saksikan sendiri dalam anime Clannad untuk mengetahui jawabannya.

Clannad adalah anime yang sangat cocok ditonton jika kamu sedang mencari rekomendasi anime tersedih sekaligus menyentuh perasaan. Meski grafiknya terlihat cukup jadul, namun anime satu ini tetap seru untuk diikuti.


Anohana


anime paling sedih tentang persahabatan

Tidak kalah sedih dari Clannad, ada anime mengharukan tentang persahabatan berjudul Ano Hana. Anime ini mengisahkan tentang pertemanan enam orang sahabat, yang mulai merenggang seiring mereka beranjak dewasa. Hal tersebut terjadi setelah salah satu di antara mereka meninggal dengan tragis dalam sebuah kecelakaan.

Hingga kemudian, arwah teman yang meninggal tersebut muncul dan secara tidak langsung berhasil mengumpulkan kembali keenam temannya yang kini tidak lagi dekat.

Demi mewujudkan keinginan terakhir Menma (teman yang meninggal), mereka berenam pun berkumpul dan kembali menjalin persahabatan. Berbagai rahasia di masa kecil semakin terkuak seiring berjalannya episode, yang tentunya mampu membuat para penonton tersentuh dan bahkan meneteskan air mata.

Anohana menjadi anime paling sedih di tahun penayangannya. Saking populernya, anime ini bahkan dibuat ulang dalam versi movie.


Angel Beats


anime sedih bikin nangis

Angel Beats mengisahkan tentang kehidupan sekolah yang anti-mainstream. Kenapa? Karena anime ini mengisahkan tentang kehidupan setelah kematian. Dalam Angel Beats, kita akan mengenal Otonashi, seorang siswa yang telah mati namun tidak ingat akan kehidupannya di masa lalu. Otonashi tersadar di dunia setelah kematian, di mana mereka bisa mencapai hal yang belum mereka dapatkan ketika masih hidup dulu.

Dengan alur cerita yang susah ditebak, Angel Beats menjadi anime yang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Awalnya, anime ini memang kental dengan bumbu-bumbu komedi, namun semakin mendekati ending ada banyak plot twist yang mengejutkan sekaligus mengharukan. Pokoknya, nggak akan rugi jika kamu menonton anime satu ini.


Shigatsu wa Kimi no Uso


anime tersedih sepanjang masa

Berikutnya, ada lagi anime terbaik yang bisa bikin penontonnya menangis, yaitu Shigastu wa Kimi no Uso. Anime yang popularitasnya meledak di tahun 2015 ini sangat kental dengan nuansa drama musikal.

Mengisahkan tentang Arima Kousei, seorang pianis berbakat yang memiliki trauma setelah kehilangan ibunya. Kousei yang sebenarnya jago bermain piano mendadak tidak dapat mendengar nada apapun dari piano yang ia mainkan. Ia pun memutuskan berhenti bermain piano dan menjauh dari dunia musik yang sangat dicintainya.

Suatu hari, Arima Kousei bertemu dengan gadis cantik dan ceria bernama Miyazano Kaori. Mengetahui bakat yang dimiliki Kousei, Kaori pun bersikeras mengajaknya untuk menjadi pendamping dalam permainan biolanya.

Sejak saat itu, perlahan-lahan Kousei kembali ke dunia musik yang ia cintai sejak dulu. Ia pun mulai melawan trauma yang selama ini dideritanya. Namun, masalah muncul kemudian, yang membuat Kousei harus menelan kenyataan pahit. Apa yang terjadi sebenarnya? Jika kamu penasaran, langsung saja download salah satu anime tersedih sepanjang masa ini.

Bukan hanya sedih dan menggetarkan hati, anime Shigatsu wa Kimi no Uso dipenuhi dengan musik klasik yang sangat indah di sepanjang episode. Jelas menjadi salah satu anime terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan.

Baca juga: 10 Promosi Film Terunik yang Kreatif Abis


Hotaru no Haka


anime tersedih yang bikin nangis

Hotaru no Haka atau di Indonesia lebih dikenal dengan Grave of the Fireflies sebenarnya bukan anime series, melainkan anime movie. Meski sudah sangat jadul, namun anime ini masih sangat populer dan dicari oleh banyak orang.

Diproduksi tahun 1988, Hotaru no Haka mengisahkan tentang dua kakak beradik yang kehilangan tempat tinggal setelah Bom masal disaat perang dunia kedua. Dua kakak beradik tersebut bernama Seita, seorang remaja muda dan Setsuko, anak gadis berusia 5 tahun. Mereka berdua harus berjuang dan berusaha bertahan hidup sendiri karena orang tuanya telah meninggal dunia.

Film Hotaru no Haka atau Grave of the Fireflies ini pasti membuat setiap orang yang menontonnya sedih. Bahkan, kami berani mengatakan bahwa Hotaru no Haka merupakan film anime tersedih nomor satu sepanjang masa.


Code Geass


anime tersedih yang bikin nangis

Meski Code Geass adalah anime bergenre action-mecha, namun ada banyak momen dalam anime ini yang bisa membuat penontonnya meneteskan air mata. Terutama di akhir season 2, di mana kalian akan melihat plot-twist yang sangat mengagetkan sekaligus menggetarkan hati.

Anime ini bukan hanya mampu membuat penontonnya menangis, namun juga dapat menghadirkan perasaan tegang, marah, sedih dan sebagainya. Jika kalian mencari anime terbaik dengan paket komplit, maka Code Geass sangat kami rekomendasikan untuk kalian tonton.


Plastic Memories


anime romance yang bikin nangis

Plastic Memories adalah anime yang mengambil setting di masa depan. Tepatnya, masa di mana Android sudah sangat maju dan bahkan hampir tidak bisa dibedakan dengan manusia. Android ini disebut dengan Giftia, yang hidup berdampingan dengan manusia dan bahkan berinteraksi dengan mereka. Sayangnya, para Giftia ini hanya memiliki masa aktif 81.920 jam, di mana setelah itu mereka akan mati dan tidak bisa mengingat apapun lagi

Sayangnya, ada pemuda bernama Tsukasa Mizugaki yang diam-diam memiliki perasaan terhadap salah satu Giftia yang bernama Isla. Mereka berdua sangat dekat, hingga terkadang Tsukasa lupa bahwa Isla adalah Giftia dan bukan manusia seperti dirinya. Apa yang terjadi selanjutnya? Akankah Tsukasa menjauhi Isla ataukah ia memiliki cara lain untuk mengatasi permasalahannya? Temukan jawabannya dalam anime berjudul Plastic Memories.

Plastic Memories memang cukup kental dengan nuansa komedi, namun ending dari anime ini dijamin sangat menyentuh dan dapat membuat setiap penontonnya meneteskan air mata.


Tokyo Magnitude 8.0


anime tersedih yang bikin nangis

Dari judulnya saja, sudah ketahuan kalau anime ini berhubungan dengan bencana alam. Ya, Tokyo Magnitude 8.0 adalah anime keren yang mengisahkan tentang kesedihan di balik peristiwa bencana alam.

Bersetting di kota Tokyo setelah diguncang gempa berkekuatan 8.0 SR, di mana banyak orang tewas dan menghancurkan sebagian besar kota yang dulunya indah tersebut. Menariknya, di balik tragedi yang ada banyak cerita dan kesedihan sekaligus pelajaran yang dapat kita ambil dalam setiap episodenya.  Terutama bagian ending anime-nya, yang pasti akan membuat hati setiap orang yang menontonnya merinding.

Baca juga: Omega Level Mutan, dari Jean Grey sampai Franklin Richards


Charlotte


anime sad ending terbaik paling menyedihkan

Rekomendasi anime tersedih berikutnya adalah Charlotte. Anime bergenre supranatural ini mengisahkan tentang organisasi OSIS dari Academy Hoshinoumi yang memiliki tujuan untuk melindungi anak-anak berkekuatan khusus agar tidak semena-mena dalam menggunakan kekuatannya.Karena apabila mereka ketahuan memiliki kekuatan yang berbahaya, maka mereka akan disiksa dalam sebuah penelitian pemerintah.

Charlotte pada awalnya penuh dengan aksi dan komedi, bahkan hampir tidak ada momen yang mengharukan. Namun memasuki pertengahan cerita hingga akhir, banyak momen mengejutkan sekaligus menyedihkan. Baik itu kisah romansa antara Tomoti dan Yuu atau usaha Yuu yang mengorbankan diri demi menyelamatkan seluruh anak berkekuatan khusus di dunia.


Isshuukan Friends (One Week Friends)


anime romance bikin nangis

Ishuukan Friends atau One Week Friends adalah anime yang mengisahkan tentang gadis bernama Kaori. Kaori memiliki penyakit aneh yang membuatnya melupakan segala hal tentang hubungan pertemanan setiap hari Senin. Oleh karena itu, Kaori mulai menjauhi teman-temannya agar dia tidak terlalu merasa bersalah apabila di hari senin dia kembali melupakan teman-temannya.

One Week Friends adalah anime yang sangat cocok ditonton bersama sahabat terdekatmu, karena anime ini mengajarkan kepada kita tentang berharganya teman dan bagaimana bertahan untuk tetap mencintai seseorang.

One Week Friens juga telah dibuat versi live-actionnya yang sudah rilis beberapa bulan lalu.


Ookami Kodomo no Ame to Yuki


12 Anime Tersedih yang Mengharukan dan Bikin Nangis

Ookami Kodomo no Ame to Yuki mengisahkan tentang perjuangan seorang ibu dalam membesarkan kedua anaknya yang memiliki kelainan, yaitu terlahir setengah serigala. Hal tersebut dikarenakan dulunya sang ibu jatuh cinta kepada seorang manusia setengah siluman yang pada akhirnya mereka mempunyai dua orang anak bernama Yuki dan Ame.

Setelah sang ayah meninggal, ibu muda tersebut terpaksa merawat seorang diri anak-anaknya yang memiliki perbedaan dengan anak lainnya. Anime ini sangat sedih dan bisa dengan mudah membuat penontonnya menangis. Kisah tentang kasih sayang ibu kepada anak-anaknya benar-benar tersampaikan dengan baik. Bukan hanya itu, Ookami Kodomo no Ame to Yuki juga mendapatkan penghargaan sebagai anime terbaik di tahun penayangannya. Jadi, jangan lewatkan anime keren satu ini.


Myself Yourself


12 Anime Tersedih yang Mengharukan dan Bikin Nangis

Satu lagi rekomendasi anime tersedih yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu Myself Yourself. Cerita berfokus kepada Hideka Sana, yang harus hidup berpindah-pindah karena pekerjaan orang tuanya. Lima tahun berlalu, setelah Sana menjadi siswa SMA, ia kembali ke kampung halamannya dulu. Namun, ia sangat terkejut karena sudah banyak sekali hal yang berubah dari kampung halamannya tersebut.

Salah satu yang membuatnya heran adalah perubahan dari teman masa kecilnya, Yatsuhiro Nanaka yang dulunya sangat riang menjadi sangat suram. Apa yang sebenarnya terjadi? Temukan sendiri jawabannya dalam anime ini.

Baca juga:


Itulah beberapa rekomendasi anime paling sedih yang bisa membuat penontonnya meneteskan air mata. Tentu saja selain 12 anime di atas, masih ada banyak lagi anime tersedih yang tidak kalah bikin baper. Jika kamu ingin menambahkan, langsung saja ditulis di kolom komentar ya...


Previous Post
Next Post

post written by: