Selasa, 05 September 2017

Fakta-Fakta Doctor Strange dalam Komik Marvel yang Sebaiknya Kamu Tahu

Simak fakta-fakta Doctor Strange, sang Sorcerer Supreme dari komik Marvel berikut ini!


doctor strange wallpaper marvel hd

Selowae.Net – Setelah sukses dengan film pertamanya, Doctor Strange akan segera menjadi cameo di film Thor: Ragnarok dan akan memiliki peran penting di film Avengers: Infinity War. Sebagai salah satu pemegang Infinity Gems (Baca: Para Pemegang Infinity Stones Versi Marvel Cinematic Universe), tentu membuat aksi dari sang Sorcerer Supreme akan sangat kita nantikan.

Nah, sembari menunggu perilisan filmnya, mari kita simak beberapa fakta Doctor Strange dalam komik Marvel berikut ini!


Fakta-fakta Doctor Strange


Fakta #1 - Kemunculan Pertama Doctor Strange


Fakta-Fakta Doctor Strange dalam Komik Marvel

Karakter Doctor Strange muncul pertama kali dalam komik Strange Tales #110 tahun 1963 yang digarap oleh Stan Lee dan Steve Ditko.

Stan Lee pernah mengungkapkan bahwa Doctor Strange awalnya adalah ide (Steve) Ditko, namun ia punya andil dalam pengembangan karakternya. Stan Lee juga mengatakan bahwa karakter Doctor Strange banyak diinspirasi oleh acara radio “Chandu The Magician” yang disiarkan Mutual Broadcasting System pada tahun 1930.


Fakta #2 - Asal-Usul Doctor Strange


asal usul doctor strange

Stephen Vincent Strange atau yang biasa dikenal sebagai Doctor Strange adalah seorang ahli bedah syaraf yang sangat cerdas. Strange digambarkan sebagai seorang yang sangat egois dan hanya memikirkan tentang kekayaan dan juga karirnya saja.

Suatu waktu, ia mengalami kecelakaan hingga membuat tangannya cacat dan membuat karirnya sebagai dokter bedah berakhir. Meski begitu, Strange menolak menjadi asisten atau konsultan, ia lebih memilih berkeliling dunia dan mencari cara menyembuhkan tangannya.

Dalam perjalanannya ini, ia bertemu seorang tokoh mistik dari Tibet, Ancient One. Strange meminta Ancient One untutk menyembuhkan tangannya yang terluka agar bisa kembali menjadi dokter. Sayangnya, Ancient One menolak. Sang Sorcerer Supreme justru meminta Strange untuk menjadi muridnya. Walaupun sempat marah atas penolakan itu, akhirnya Strange tertarik untuk mempelajari ilmu sihir setelah menyaksikan kehebatan Ancient One.


Fakta #3 - Kekuatan Doctor Strange


Fakta Doctor Strange dalam Komik Marvel

Doctor Strange menggunakan kekuatan magis dan menguasai berbagai cabang ilmu beladiri dengan sangat baik. Keahlian sihir yang dimilikinya bersumber dari para makhluk magis seperti Agamotto, Cyttorak, Ikonn, Oshtur, Raggadorr dan Watoomb. Mereka meminjamkan kekuatan dan kemampuan mereka, sehingga Strange bisa melakukan berbagai mantera sihir.

Selain itu, Doctor Strange juga memiliki berbagai artifak, seperti: Cloak of Levitation yang memungkinkannya untuk terbang, Eye of Agamotto yang berfungsi untuk menangkal sihir gelap, Book of the Vishanti yang berisikan berbagai informasi mengenai sihir “putih” dan Orb of Agamotto yang berfungsi sebagai bola kristal untuk melihat visualisasi ramalan.

Baca juga: 12 Aktor dan Aktris Ini Pernah Berperan di Film Superhero DC dan Marvel


Selain itu, Doctor Strange juga memiliki kekuatan yang dapat membuat dirinya tidak terlihat, menembus benda padat, merubah wujud suatu benda, telepati, telekinesis, terbang, teleportasi, manipulasi waktu, perjalanan antar dimensi, memanipulasi empat elemen bumi, menghipnotis, membuat ilusi, berumur panjang dan lain sebagainya.


Fakta #4 - Hubungannya dengan Sorcerer Supreme


Fakta Doctor Strange dalam Komik Marvel

Doctor Strange adalah seorang Sorcerer Supreme generasi ke-9. Sorcerer Supreme sendiri adalah gelar yang diberikan kepada praktisi sihir dan ilmu mistik terbaik di dunia. Dari waktu ke waktu, pemegang gelar ini akan mendapat tantangan dari praktisi sihir lain. Jika kalah, ia harus menyerahkan gelar atau benda magis yang dimiliki kepada sang penantang. Seseorang yang bergelar Sorcerer Supreme akan memiliki tubuh yang secara fungsi tidak bisa mati dan akan kebal terhadap berbagai racun. Selain itu, seorang Sorcerer Supreme tidak akan jatuh sakit dan menua seperti manusia pada umumnya.


Fakta #5 - Lebih Sering Bekerja Sendiri


Fakta Doctor Strange dalam Komik Marvel

Doctor Strange lebih sering bekerja sendiri. Ia biasanya menghadang berbagai ancaman mistis dari dimensi lain, sesuatu yang mungkin tidak bisa di-handle kebanyakan superhero Marvel. Meski begitu, bukan berarti Doctor Strange tidak suka kerja sama tim. Buktinya, ia membentuk tim “The Defenders” bersama Hulk, Namor, dan Silver Surfer.

Doctor Strange juga merupakan anggota organisasi “Illuminati”, sebuah grup yang beranggotakan Iron Man, Mr. Fantastic, dan Professor X, yang bekerja di balik layar untuk melindungi dunia dari berbagai ancaman.


Fakta #6 – Clea, Kekasih Doctor Strange


clea fakta dr strange

Seperti kebanyakan superhero Marvel lainnya, Doctor Strange juga memiliki seorang kekasih. Namanya Clea, seorang penyihir dari Dark Dimension.

Awalnya, Clea adalah musuh Doctor Strange. Ia ditugaskan oleh Dormammu untuk mengawasi dan membunuh dokter bedah itu. Namun, Clea malah kagum dengan sosok Doctor Strange dan memperingatkannya tentang niat jahat Dormammu.

Oleh karena penghianatan Clea, Dormammu menghukum keponakannya itu dengan mengurungnya. Untungnya, Ancient One berhasil menyelamatkan Clea dan mengirimnya ke Bumi.


Fakta #7 – Memiliki Seorang Asisten


fakta dr strange

Doctor Strange mempunyai seorang asisten yang sangat setia, dia bernama Wong. Nama Wong pertamakali disebut dalam komik pertama Doctor Strange, Strange Tales #110, namun baru muncul dalam komik Strange Tales #147.

Wong adalah murid Ancient One yang diutus untuk menemani Strange. Menariknya, selain bertugas membantu dan melayani keperluan Doctor Strange, Wong juga bertugas mengajarkan ilmu bela diri kepada tuannya itu.

Baca juga: 8 Komik DC dan Marvel yang Berkesan Bagi Jim Lee


Itu dia fakta-fakta Doctor Strange dalam komik Marvel. Lebih banyak tentang Doctor Strange bisa Anda baca di 6 Fakta tentang Doctor Strange yang sebaiknya kamu tahu sebelum menonton filmnya.

This article was first published on Colony Blog
Previous Post
Next Post

post written by: