Jumat, 22 September 2017

Macam-macam Kryptonite dan Fungsinya

Ada berbagai jenis Kryptonite dalam komik DC. Kenali 17 macam Kryptonite dan masing-masing fungsinya dalam artikel berikut ini!


Macam-macam Kryptonite dan Fungsinya

Selowae.Net – Kekuatan Superman muncul karena radiasi matahari kuning. Oleh karena Superman berasal dari Krypton, maka radiasi Kryptonite bisa mengganggu proses tersebut. Beda warna, beda pula efeknya. Berikut macam-macam Kryptonite dalam komik DC beserta masing-masing fungsinya.


Macam-macam Kryptonite dan Fungsinya

Kryptonite hijau


Bagi orang Krypton di Bumi, batu ini bisa melumpuhkan, menyebabkan rasa sakit, lemas dan bahkan membunuh dalam waktu beberaja jam. Kryptonite hijau adalah yang paling sering muncul di dalam komik.


Kryptonite merah


Kryptonite hijau yang menembus awan merah misterius dalam perjalanan ke Bumi. Efeknya selalu berganti, mulai dari membuat Superman sinting, buta warna dan atau amnesia. Dalam salah satu komik DC, Kryptonite merah bahkan pernah mengubah Superman menjadi naga!


Kryptonite emas


Fungsinya adalah menghilangkan kekuatan orang Krypton di Bumi secara ‘permanen’. Namun, ada beberapa cerita di mana penawarnya berhasil ditemukan.


Kryptonite putih


Membunuh segala jenis tanaman, baik tanaman Krypton maupun Bumi.


Kryptonite biru


Kryptonite biru sebenarnya adalah Kryptonite hijau yang ditembak dengan sinar duplikator buatan Professor Potter. Batu ini bisa membunuh Bizarro, namun tidak ada efeknya bagi orang Krypton maupun manusia Bumi.


Anti-Kryptonite


Efeknya sama seperti Kryptonite hijau pada orang Krypton yang tidak di Bumi –berarti orang Krypton yang bukan manusia super. Batu inilah yang membantai para penduduk Argo City.


X-Kryptonite


streaky and supergirl

Diciptakan oleh Supergirl ketika bereksperimen menggunakan Kryptonite hijau demi mencari penangkalnya. Tidak ada efeknya bagi orang Krypton, tapi dapat memberi kekuatan super sementara pada makhluk Bumi. Contohnya adalah kucing Supergirl, yaitu Streaky.


Kryptonite permata


Memperkuat kemampuan psikis para penduduk Phantom Zone, sehingga mereka bisa memproyeksikan ilusi ke dunia nyata dan mengendalikan pikiran orang. Batu ini berasal dari sebuah gunung di planet Krypton yang bernama Jewel Mountain.

Baca juga: 12 Anime Tersedih yang Bisa Bikin Nangis


Kryptonite lambat


Modifikasi Kryptonite hijau yang dibuat oleh para ilmuwan dari planet Terra. Batu ini mengurangi kecepatan rangsangan saraf dan gerak orang Krypton dan Terra.


Kryptonite ungu


Memberi orang Krypton kekuatan psikis dan mental, sehingga mereka bisa memunculkan benda begitu saja. Efeknya hanya bertahan 12-24 jam dan semua benda yang diciptakan akan ikut hilang.


Magno-Kryptonite


Batu ini secara magnetis tertarik pada semua zat yang berasal dari Krypton.


Kryptonite merah Bizarro


Efeknya pada manusia sama seperti efek Kryptonite merah pada orang Krypton.



Kryptonite merah muda


Mengubah orang Krypton heteroseksual menjadi homoseksual. Untungnya, batu yang muncul di kisah alternatif tahun 2003 tidak pernah ada di kontinuitas utama DC.


Kryptonite-X atau Kryptisium


Suatu bentuk Kryptonite yang dimurnikan. Batu ini bisa membuat Superman menyerap energi matahari secara berlebihan.


Kryptonite hitam


Menduplikat seseorang berdasarkan kepribadian. Misalnya, Lex Luthor pernah memecah Supergirl menjadi dua kepribadian, baik dan jahat.


Kryptonite buatan


Efek Kryptonite bisa diciptakan dengan berbagai sarana. Cincin Green Lantern (era sebelum New 52) bisa mengeluarkan radiasi Kryptonite hijau yang sama kuatnya dengan asli. Lex Luthor, Batman dan R’as Al Ghul pernah membuat Kryptonite sintetis (biasanya hijau atau merah) yang tidak sekuat aslinya dan tidak tahan lama. Para pengguna sihir dunia DC, seperti Mr. Mxyzptlk juga bisa menciptakan efek Kryptonite secara magis.

Baca juga: Marvel Zombies, Ketika Superhero Marvel Berubah Menjadi Zombie


Demikian 17 macam Kryptonite yang pernah muncul dalam komik DC. Kryptonite memang kelemahan utama Superman, namun masih ada banyak cara lo untuk mengalahkan sang manusia baja. Baca selengkapnya dalam 10 Cara Mengalahkan Superman.
Previous Post
Next Post

post written by: