Sabtu, 30 September 2017

Mengenal Red Arrow (Roy Harper), Pemanah Ulung dari DC Comics

Siapa itu Red Arrow? Simak asal-usul dan kekuatan Red Arrow dalam komik DC!


Selowae.Net – Dalam artikel Mengenal Sidekick dan Penerus Green Arrow, kita sudah sedikit mengenal sosok Roy Harper dan identitas gandanya sebagai Speedy, Arsenal dan Red Arrow.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang sosok Red Arrow baik dalam komik pre-New 52, New 52 dan TV seriesnya. Mari disimak!


Asal-Usul Red Arrow


Ayah Roy Harper adalah seorang penjaga hutan (Forest Ranger) yang tewas dalam kebakaran hutan saat Roy masih kecil. Salah satu orang di perkampungan Navajo yang bernama Brave Bow kemudian mengajari Roy cara memanah karena merasa berhutan kepada ayah Roy yang telah menyelamatkan nyawanya.

Tanpa disangka oleh Brave Bow, ternyata Roy Harper sangat tanggap dalam belajar memanah. Ia mengungkapkan bahwa Roy memiliki bakat luar biasa untuk itu.

Ketika beranjak dewasa, Roy Harper mengidolakan Green Arrow yang merupakan superhero ala robinhood di era modern. Untuk menarik perhatian idolanya, Roy Harper mengikuti kompetisi memanah dan memperlihatkan kemampuannya.

Meskipun di akhir kompetisi ia kalah, namun Green Arrow memutuskan untuk menjadikan Roy Harper sebagai sidekick-nya sekaligus melatihnya agar lebih hebat lagi.

Di awal debutnya sebagai sidekick Green Arrow, Roy Harper menggunakan nama alias Speedy. Sebelum kemudian berganti menjadi Arsenal dan berubah lagi menjadi Red Arrow ketika Roy Harper beraksi seorang diri.


Red Arrow New 52


Asal-Usul Red Arrow kekuatan red arrow new 52

Dalam New 52, kisah asal usul Roy Harper sedikit banyak berubah. Diceritakan bahwa Roy adalah anak jenius yang mampu membuat teknologi canggih saat masih berumur 10 tahun. Melihat bakat dan potensi Roy, Green Arrow pun merekrutnya untuk dipekerjakan di Q-core (perusahaan milik Oliver Queen).

Baca juga: 5 Kisah Cinta Superman, dari Lori Lemaris sampai Wonder Woman


Selama bekerja di sana, lama kelamaan Roy menyadari bahwa ia cuma dimanfaatkan oleh Oliver Queen untuk membuat peralatan-peralatan Green Arrow. Hingga akhirnya ia tahu bahwa Oliver Queen dan Green Arrow adalah dua orang yang sama.

Dalam komik Red Hood and the Outlaws, Roy Harper mendapatkan penampilan baru lengkap dengan tato ular hijau di lengan kirinya. Di kelompok ini Roy Harper bekerjasama dengan Red Hood (Jason Todd) dan Starfire.


Roy Harper di Serial Arrow


Mengenal Red Arrow (Roy Harper), Pemanah Ulung dari DC Comics

Dalam versi live-action di tv series Arrow, Roy Harper diperankan oleh Colton Haynes. Roy adalah pemuda yang tinggal di wilayah termiskin di Starling City, yaitu The Glades.

Suatu hari, ia mencuri dompet milik Thea queen yang lama kelamaan malah membuat mereka semakin dekat satu sama lain.

Roy sangat mengagumi Green Arrow dan berusaha membantu pekerjaannya. Awalnya, Green Arrow meminta bantuan Roy untuk mengumpulkan informasi. Namun, dia menjadi marah setelah Green Arrow menolak untuk merekrut Roy Harper kedalam timnya.

Ia pun akhirnya memakai obat bernama mirakuru yang dapat membuat tubuhnya kuat seperti metahuman. Meski membuatnya memiliki kekuatan super, namun obat mirakuru memiliki efek samping yang negative, yaitu membuat pemakainya menjadi brutal.

Dalam season 3 Arrow, Roy Harper akhirnya mendapat kostum yang hampir mirip dengan Green Arrow, namun berwarna merah.

Baca juga: Semua tentang DC Comics


Itulah sedikit profil singkat mengenai Red Arrow (Roy Harper) dan sepak terjangnya dalam komik dan serial tv DC.Red Arrow sendiri juga pernah menjadi salah satu anggota utama Justice League. Kamu bisa membaca artikel menarik lainnya seputar Justice League di Daftar Kekuatan Anggota Justice League, Siapa yang Terkuat?
Previous Post
Next Post

post written by: