Sabtu, 23 September 2017

7 Tingkatan Level Mutant dalam Komik X-Men – Bagian 1

Selowae.Net – Para mutant dalam komik Marvel terlahir dengan membawa kemampuan spesial yang membuat mereka berbeda dengan manusia normal. Tidak hanya mendapat tambahan kekuatan super, beberapa mutant bahkan mengalami mutasi fisik yang membuat tubuh mereka tidak manusiawi dan bahkan terlihat seperti monster.

Memiliki kemampuan yang berbeda-beda, membuat para mutant dalam komik X-Men bisa dikategorikan dalam tingkatakan level tertentu.

Level mutant bukan hanya diukur dari tingkat kekuatannya saja, namun juga dari tampilan fisik, tingkat ancaman dan faktor yang melatarbelakangi mutasi tersebut.

Jika kamu ingin mengetahuinya, mari disimak 7 tingkatan level mutant dalam komik X-Men!


Mutant Level Omega


omega level mutant adalah
Legion (Omega Level Mutant)

Apa itu Omega Level Mutant?

Mutant level Omega adalah golongan mutant dengan kekuatan terhebat. Setiap mutant yang masuk dalam level ini pasti memiliki kekuatan dahsyat yang berpotensi menimbulkan kerusakan dalam skala global, dan bahkan kosmik.

Tidak banyak mutant dalam komik Marvel yang masuk golongan ini. Tidak lebih dari 15 mutant saja. Beberapa diantaranya adalah Jean Grey (Phoenix), Legion, Iceman, Hope Summers, Mister M, Elixir, Franklin Richards dan sebagainya.


Mutant Level Alpha


tingkatan level mutant alpha level
Storm (Alpha Level Mutant)

Apa itu Alpha Level Mutant?

Mutant level Alpha memang dikategorikan di bawah level Omega, namun beberapa di antaranya sebenarnya berpotensi untuk menjadi Omega level. Contohnya adalah Storm, meski dirinya dikategorikan sebagai Alpha level, namun Storm disebut-sebut mampu menyaingi beberapa mutan level Omega karena kekuatan cuacanya.

Mutant dalam golongan ini adalah mutant berkekuatan destruktif yang bisa mengendalikan kekuatannya dengan sangat baik. Selain itu, Alpha level Mutant sama sekali tidak mengalami perubahan fisik gara-gara mutasinya. Secara tampilan fisik, Mutant level Alpha tidak bisa dibedakan dengan manusia normal, sehingga mereka bisa membaur dengan masyarakat biasa.

Baca juga: Asal-Usul dan Kekuatan Cable (Nathan Summers) dalam Komik Marvel


Selain Strom, mutant yang masuk dalam level Alpha adalah Kitty Pride,Emma Frost, Jubilee, Havok, Jamie Madrox, Sunspot, Magik, Magma, Psyclocke, Dazzler, Negasonic Teenage Warhead dan banyak lagi lainnya.


Mutant Level Beta


mutan terkuat dalam x-men
Wolverine (Beta Level Mutant)

Apa itu Beta Level Mutant?

Mutant level Beta memiliki kekuatan yang hampir setara dengan Alpha level, namun ada sedikit mutasi yang mempengaruhi fisik mereka. Contohnya adalah Wolverine dan X-23 yang memiliki tulang cakar di kedua tangannya, kemudian ada Gambit yang memiliki warna mata abnormal.

Ada juga Beta level mutant yang sama sekali tidak memiliki cacat fisik, karena mutant yang tidak bisa sepenuhnya mengendalikan kekuatan mereka juga masuk dalam golongan ini.

Contohnya adalah Cyclops yang tidak bisa menonaktifkan laser di matanya. Lalu, ada Rogue yang tidak bisa begitu saja melakukan kontak fisik dengan orang lain.

Baca juga: Macam-macam Kryptonite dan Fungsinya


Mutant Level Gamma


7 Tingkatan Level Mutant dalam Komik X-Men – Bagian 1
Nightcrawler (Gamma Level Mutan)

Apa itu Gamma Level Mutant?

Dilihat dari segi kekuatan, mutant level Gamma bisa disejajarkan dengan Alpha level maupun Beta level. Hanya saja, mutant level Gamma mengalami perubahan fisik yang sangat drastis dan permanen.

Contohnya adalah Beast, Nightcrawler, Feral dan sebagainya. Meski memiliki kekuatan super hebat, namun perubahan fisik yang tidak manusiawi membuat mereka sulit membaur dengan manusia normal.

Klik Next untuk mengetahui tingkatan level mutant lainnya!

Next > Bagian 2

Previous Post
Next Post

post written by: