Senin, 30 Oktober 2017

Mengenal Fantastic Four, Kelompok Superhero Pertama dari Marvel Comics

Yuk berkenalan dengan Fantastic Four dan para anggotanya melalui pembahasan berikut ini!


Selowae.Net – Pada tahun 1961, Marvel Comics sempat berada di ambang kebangkrutan. Kompetitor mereka, DC Comics telah mengeluarkan banyak judul sukses yang mampu bertahan bahkan sejak tahun 1940-an (seperti Action Comics, Detective Comics dll). Stan Lee yang waktu itu menjabat sebagai editor-in-chief Marvel Comics kemudian menemukan ide brilian untuk menciptakan sebuah tim superhero yang berbeda dari superhero lainnya. Tim ini terdiri dari sebuah keluarga yang beraksi tanpa memiliki identitas rahasia. Semua orang tahu nama mereka dan tempat mereka tinggal.

Akhirnya, pada bulan November 1961 Fantastic Four #1 lahir dari sebuah gagasan ke sebuah halaman komik. Legenda keluarga utama Marvel pun dimulai.

asl-usul fantastic four adalah

Kisah asal-Usul Fantastic Four dimulai ketika Reed Richards, ilmuwan super jenius yang menciptakan sebuah pesawat roket eksperimental untuk melintasi galaksi dengan dana dari pemerintah. Pembuatan pesawat tersebut hampir dihentikan pendanaannya oleh pemerintah, karena memakan waktu yang terlalu lama.

Untuk menguji roket ciptaannya, Reed Richards bersama tunangannya, Susan Storm dan adik Susan, Johnny Storm membujuk teman kuliah Reed bernama Ben Grimm, yang merupakan seorang pilot penguji untuk menerbangkan roket tersebut.

Mereka berempat menyelinap dari pengawasan penjaga untuk menerbangkan roket itu tanpa persetujuan dari pemerintah.

Malang bagi mereka, dalam perjalanan kembali menuju Bumi roket yang mereka tumpangi dihantam badai kosmik. Badai itu membuat mereka terkena sinar radiasi yang menembus lapisan pelindung pesawat mereka. Beruntung, radiasi sinar kosmik itu tidak membunuh atau mencederai mereka, tapi malah memberikan mereka kekuatan super.

Keempat orang sahabat itu kemudian sepakat menggunakan kekuatannya untuk kebaikan dan terbentuklah kelompok superhero Fantastic Four.



Mengenal Anggota Fantastic Four



Anggota Fantastic Four

Mr. Fantastic (Reed Richards)


Reed Richards muncul pertamakali dalam komik ‘The Fantastic Four #1’ yang terbit pada tahun 1961. Dalam komik tersebut, Reed diperkenalkan sebagai pemuda cerdas yang berhasil mendapat gelar sarjana dari Harvard, Massachusetts Institute of Technology, California Institute of Technoloy dan Empire State University.

Setelah selamat dari sebuah kecelakaan di luar angkasa, Reed mendapati tubuhnya dapat melentur (seperti karet) dan melatih kekuatan elastisitasnya tersebut hingga terbiasa. Dia pun membentuk kelompok superhero bernama Fantastic Four yang beranggotakan 4 kru pesawat yang juga terkena radiasi kosmik.


Baca juga: 10 Cara Mengalahkan Superman, dari Kryptonite Hijau sampai Sihir



Invisible Woman (Susan Storm)


Susan Storm  adalah saudara perempuan Jonathan Lowell Spencer Storm atau lebih akrab disapa Johnny Storm (Human Torch). Sejak kecil, Susan dan Johnny tinggal bersama bibi mereka karena ibunya meninggal sedangkan ayahnya dipenjara.

Tumbuh dewasa, Susan berhasil menjadi seorang ilmuwan dan bekerjasama dengan Reed Richards untuk melakukan penelitian luar angkasa. Sayangnya, penelitian tersebut tidak berjalan lancar dan mereka terkena radiasi kosmik.

Setelah kembali ke Bumi, Susan dan para temannya langsung diperiksa dan dikarantina. Di saat inilah Susan menyadari bahwa tubuhnya bisa menghilang atau menjadi tidak terlihat. Bermodal kekuatannya ini, Susan bergabung dengan Fantastic Four sebagai Invisible Woman. Susan Storm nantinya akan menjadi istri Reed Richards, sang Mr. Fantastic.


Human Torch (Johnny Storm)


Identitas asli Human Torch adalah Jonathan Lowell Spencer Storm atau lebih dikenal dengan nama Johnny Storm. Karakter ciptaan Stan Lee dan Jack Kirby ini merupakan adik laki-laki dari Susan Storm (Invisible Woman) dan salah satu anggota Fantastic Four.

Penelitian yang dilakukannya tidak berjalan lancar dan megakibatkan sebuah kecelakaan fatal, di mana masing-masing dari mereka terkena radiasi kosmik. Kecelakaan tersebut membuat Johnny memiliki kekuatan super, yaitu ia dapat mengeluarkan dan mengendalikan api di tubuhnya.

Menggunakan kekuatan yang didapatkannya, Johnny pun bergabung dengan Fantastic Four dan menumpas kejahatan sebagai superhero bernama Human Torch.


The Thing (Ben Grimm)


Benjamin Jacob Grimm atau bisa dipanggil Ben Grimm adalah seorang mahasiswa yang berkuliah di Empire State University. Di kampus tersebut, Ben mendapatkan beasiswa kuliah karena keahliannya dalam olahraga American Football.

Perjumpaan Ben dengan Reed Richard di Empire State University kemudian membawa mereka berdua kedalam sebuah hubungan persahabatan.

Suatu hari, Reed mengajak Ben untuk melakukan ekspedisi ke luar angkasa bersama Susan, Johnny dan Victor. Sayangnya, ekspedisi tersebut mengalami kesalahan sehingga mengakibatkan mereka terkena radiasi kosmik.

Ketika tersadar dari koma yang dialaminya pasca kecelakaan, Ben mendapati tubuhnya telah diselimuti batu dan tampak seperti monster. Hal tersebut membuat Ben Grimm merasa hidupnya telah hancur. Namun berkat dukungan dari teman-temannya di Fantastic Four, Ben akhirnya menerima keadaan dan memutuskan menggunakan kekuatannya untuk memerangi kejahatan.

Next > 23+ Anggota Fantastic Four

Previous Post
Next Post

post written by: