Kamis, 12 Oktober 2017

Daftar Film Spider-Man dari Masa ke Masa (2002-2017)

Simak daftar film Spider-Man dari masa ke masa berikut ini! Manakah yang pantas menjadi film Spider-Man terbaik?


Daftar Film Spider-Man dari Masa ke Masa (2002-2017)

Selowae.Net – Spiderman sampai saat ini menjadi salah satu karakter terpopuler dari Marvel Comics. Superhero berkekuatan laba-laba ini sudah beberapakali diadaptasi dalam film animasi, TV series dan bahkan film layar lebar.

Setidaknya, sang manusia laba-laba sudah memiliki 6 film solonya sendiri, yaitu 3 film Spider-Man versi Tobey Maguire, 2 film Spider-Man versi Andrew Garfield dan 1 film Spider-Man versi Tom Holland.

Jika kamu ingin mengetahui lebih detail seputar sepak terjang Spider-Man di layar lebar, langsung saja disimak daftar film Spiderman dari masa ke masa berikut ini!


Daftar Film Spider-Man dari Masa ke Masa


Spider-Man (2002)


Daftar Film Spider-Man dari Masa ke Masa (2002-2017)

Setelah sebelumnya hanya beraksi di film animasi dan TV series, Spider-Man akhirnya diangkat untuk pertamakali ke layar lebar oleh Sam Raimi. Film yang dibintangi oleh Tobey Maguire sebagai Peter Parker dan Kristen Dunts sebagai Mary Jane ini berhasil mendapatkan review positif dari kritikus film dan mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 11 triliun (10x lipat dari biaya produksinya).

Spider-Man (2002) masih sangat populer hingga saat ini, bahkan banyak fans Marvel yang seolah belum bisa move on dan masih membanding-bandingkannya dengan film Spider-Man versi terbaru.

Spider-Man (2002) sendiri mengisahkan tentang asal-usul Peter Parker hingga menjadi superhero berkekuatan laba-laba. Dalam film ini, ia harus melawan Green Goblin (Willem Dafoe), ayah dari sahabatnya sendiri.


Spider-Man 2 (2004)


Daftar Film Spider-Man dari Masa ke Masa (2002-2017)

Spider-Man 2 sering disebut-sebut sebagai film Spider-Man terbaik sepanjang masa, setidaknya sampai saat ini. Masih disutradarai oleh Sam Raimi, film yang rilis tahun 2004 ini berhasil menyajikan aksi yang menghibur sekaligus menegangkan.

Dalam Spider-Man 2, Sam Raimi menghadirkan Peter Parker yang mulai kesulitan dalam membagi waktu antara menjadi superhero dan manusia biasa. Ia baru saja dipecat dari pekerjaannya sebagai pengantar pizza dan harus menyelesaikan kuliahnya di Universitas Colombia. Di samping itu, hubungan asmaranya dengan Mary Jane juga semakin retak dan tidak jelas arah tujuannya.

Masalah semakin rumit ketika Otto Octavius mengalami kegagalan  dalam eksperimen tangan mekanik yang menyebabkan dirinya menjadi sosok jahat bernama Doctor Octopus. Peter Parker pun harus beraksi kembali sebagai Spider-Man dan menghentikan aksi jahat Doctor Octopus.

Spider-Man 2 berhasil mendapatkan banyak penghargaan di dunia perfilman Amerika, salah satunya penghargaan Academy Award untuk kategori Visual Terbaik.

Baca juga: Berbagai Versi Alternatif Spiderman dalam Komik Marvel


Spider-Man 3 (2007)


Daftar Film Spiderman dari Masa ke Masa (2002-2017)

Ini dia film penutup dari trilogi Spider-Man Sam Raimi, kali ini Peter Parker harus menghadapi dua musuh (atau bisa dibilang tiga) yang jauh lebih kuat dari musuh sebelumnya, yaitu Sandman (Flint Marko) dan Venom (Eddie Brock Jr.).

Sayangnya, film ini banyak mendapat review kurang baik dari kritikus film karena ceritanya yang kurang fokus dan terdapat beberapa plot yang terkesan dipaksakan. Meski begitu, Spider-Man 3 merupakan film Spider-Man dengan pendapatan tertinggi dibanding film-film sebelumnya.

Film yang bermodalkan Rp 3,4 triliun ini berhasil mendapatkan keuntungan lebih dari tiga kali lipatnya, yaitu sekitar Rp 11,9 triliun.


The Amazing Spider-Man (2012)


Daftar Film Spiderman dari Masa ke Masa (2002-2017)

Daftar film Spider-Man selanjutnya adalah The Amazing Spider-Man arahan Marc Webb (500 Days of Summer) yang dirilis tahun 2012. Film terbaru Spider-Man ini dibintangi Andrew Garfield sebagai Peter Parker dan Emma Stone sebagai Gwen Stacy.

Film superhero terlaris di tahun 2012 ini mengisahkan tentang kisah awal mula Peter Parker menjadi Spider-Man, hubungannya dengan Gwen Stacy dan perselisihannya dengan Dr. Connors (The Lizard).

Film The Amazing Spider-Man arahan Marc Webb tidak kalah sukses dengan Spider-Man versi Sam Raimi. Tercatat, film ini berhasil memperoleh pendapatan lebih dari Rp. 10 triliun dari seluruh dunia. Tidak berlebihan jika The Amazing Spider-Man dikatakan sebagai salah satu film Spider-Man terbaik sejauh ini.

Baca juga: Macam-macam Symbiote dalam Komik Marvel 


The Amazing Spider-Man 2 (2014)


film spiderman terbaik sepanjang masa

Peter Parker yang diperankan oleh Andrew Garfield berhasil tampil dengan lebih fresh dan kekinian. Sang aktor berhasil membawakan versi Peter Parker yang kocak, tengil dan cerewet mendekati karakter Spider-Man di buku komik.

Character building yang menarik berhasil dibangun oleh Marc Webb di film pertamanya, sehingga harapan fans untuk sekuelnya pun cukup tinggi. Sayangnya, The Amazing Spider-Man 2 malah menghancurkan harapan tersebut.

Penokohan yang dangkal, terutama dari dua penjahat utamanya membuat konflik film ini terasa dipaksakan. The Amazing Spider-Man 2 malah lebih memfokuskan ceritanya pada hubungan Peter dan Gwen. Meski endingnya cukup menyentuh, namun jalinan cerita dalam film ini banyak dianggap lebih buruk daripada Spider-Man 3.


Captain America: Civil War (2016)


film spiderman terbaru terbaik

Salah satu film Marvel Cinematic Universe ini juga menampilkan Peter Parker (Spider-Man) sebagai pemeran pembantu. Dalam film tersebut, tokoh Peter Parker diperankan oleh aktor muda berbakat, yaitu Tom Holland. Ia direkrut oleh Tony Stark (Iron Man) yang sedang berselisih dengan Captain America dan beberapa anggota Avengers lainnya.

Meski penampilannya cukup singkat, namun Tom Holland berhasil memuaskan ekspetasi para penonton yang sudah sangat mengharapkan kehadiran Spider-Man di MCU.

Baca juga: 15 Laptop Gaming 5 Jutaan Terbaik yang Paling Murah Namun Berkualitas


Spider-Man: Homecoming (2017)


film spiderman terbaik sepanjang masa

Ini dia film Spider-Man yang paling baru, yaitu Spider-Man: Homecoming. Bersetting setelah peristiwa di film Captain America: Civil War. Peter Parker kembali ke kehidupannya bersama Bibi May di bawah pengawasan Tony Stark (Iron Man) yang sekaligus mentornya.

Mendapatkan kostum yang sangat canggih dari Tony Stark, Peter Parker pun berusaha menunjukkan kehebatannya agar bisa direkrut menjadi anggota resmi The Avengers. Hal itu membawanya kedalam konflik bersama The Vulture, sang penjahat utama yang juga merupakan ayah dari wanita yang dicintainya.

Itulah daftar film Spiderman dari masa ke masa. Dari sekian banyak film Spiderman di atas, manakah yang menurutmu pantas disebut film Spider-Man terbaik?


Next > Pendapatan Film Spiderman dari Masa ke Masa

Previous Post
Next Post

post written by: