Minggu, 22 Oktober 2017

Earth 616, Bumi Utama Marvel

Selowae.Net – DC Comics mempunyai total 52 Bumi (Earth) yang tersebar di seluruh multiverse, sedangkan Marvel mempunyai dunia yang jauh lebih luas yaitu dari Earth-0 sampai Earth-96283. Berbeda dengan DC yang membuat Earth-0 sebagai Bumi utama, sebagian besar cerita di komik Marvel terjadi dalam Earth-616 yang merupakan Bumi utama mereka. Simak pembahasan berikut untuk lebih mengenal Earth-616 dalam komik Marvel!


Asal-Usul Earth-616


Istilah Earth-616 pertamakali digunakan dalam komik ‘Rough Justice’ karya Alan Moore dan Alan Davis yang terbit pada tahun 1983. Istilah Earth-616 sendiri digunakan untuk membedakan Brian Braddock (Captain Britain) dari universe utama Marvel dengan anggota lain perkumpulan Captain Britain Corps (yang masih-masing anggotanya berasal dari semesta yang berbeda-beda).

Penamaan Earth-616 sebagai Bumi Marvel tersebut kemudian digunakan dalam komik-komik Marvel seterusnya.

Baca juga: 23+ Anggota Fantastic Four dari Masa ke Masa


Banyak yang menganggap kalau Alan Moore adalah orang yang menciptakan istilah Earth-616. Namun dalam sebuah interview ia menyangkal hal tersebut. Menurutnya istilah Earth-616 sebelumnya pernah digunakan oleh Dave Thorpe, penulis Captain Britain sebelum Alan Moore dan Alan Davis.


Kenapa Earth-616? Apa sih Artinya?


Banyak yang bertanya mengapa angka 616 dipilih sebagai nama Bumi utama Marvel. Ketika ditanya, Alan Moore menjelaskan bahwa 616 tidak punya arti apa-apa dan hanya sebuah angka random biasa.

 "Orang-orang selalu memikirkan Earth-2, Earth-4 tapi mereka tidak pernah berpikir angka yang lebih tinggi." Ungkap Alan Moore seperti dikutip TheHollywoodReporter.
Previous Post
Next Post

post written by: