Jumat, 17 Agustus 2018

Ringkasan Komik Avengers Disassembled (Marvel Comics)


Bagaimana cerita bubarnya tim Avengers dalam komik Marvel? Simak pembahasan TPB Avengers Disassembled berikut ini untuk mengetahuinya!


Selowae.Net – Cerita Avengers Disassembled memang sudah sangat  lama berakhir. Namun tidak ada salahnya kita membahas kembali aksi terakhir line up Avenger klasik, di mana Captain America dan Iron Man masih berada di pihak yang sama. Jika kamu penasaran dengan bagaimana cerita komik Avengers Disassembled, berikut merupakan versi ringkasnya!


Cerita Avengers Disassembled - Part 1


Ringkasan Komik Avengers Disassembled (Marvel Comics)

Cerita hancurnya tim Avengers yang pada saat itu beranggotakan Ant-Man, Captain America, Captain Britain, Falcon, Hawkeye, Iron Man, Scarlet Witch, She-Hulk, Vision, Wasp dan Yellowjacket, diawali dengan percakapan tentang siapa orang yang paling mereka inginkan sebagai kekasih. Saat obrolan mulai seru, tiba-tiba alarm berbunyi.

Penyebabnya ternyata adalah kemunculan Jack of Heart, salah satu anggota Avenger yang seharusnya sudah tewas. Ant-Man yang merasa berhutang budi (karena Jack tewas demi menyelamatkan putrinya) keluar dari Avengers Mansion untuk menemuinya. Sebelum keduanya sempat membahas apa penyebab kedatangan Jack, tiba-tiba tubuh mantan anggota Avengers ini meledak. Ledakan tersebut menghancurkan hampir separuh markas Avengers dan membunuh Ant-Man.

Sementara itu, Iron Man alias Tony Stark yang sedang memberikan pidato di hadapan para perwakilan negara-negara PBB tiba-tiba mulai berbicara dengan penuh emosi pada perwakilan Latveria, negara yang dikuasai Dr. Doom. Para anggota Avengers yang mendampinginya segera memintanya untuk keluar dari ruangan.

Tony pun mengakui pada Scarlet Witch kalau ia merasa sedang mabuk padahal ia sudah lama tidak meminum minuman beralkohol.

Di lokasi ledakan, para anggota Avengers yang sedang berusaha menangani shock akibat meninggalnya Ant-Man dikejutkan dengan kedatangan Vision, yang juga merupakan mantan anggota Avengers.

Vision kemudian mengatakan bahwa Avengers telah gagal menjalankan tujuan awal mereka. Lalu Vision mengeluarkan beberapa bola metalik yang berisikan robot-robot Ultron.

Serangan yang dilancarkan robot-robot tersebut membuat para Avengers yang ada di lokasi segera bekerjasama di bawah komando Captain America. Meski mereka berhasil mengalahkan pasukan robot tersebut, kondisi mental para anggota Avengers masih belum stabil. Hal ini terlihat jelas saat She-Hulk yang lepas kendali membunuh Vision, bahkan menyerang Captain America.



Cerita Avengers Disassembled – Part 2


Cerita Avengers Disassembled – Part 2, avengers bubar

Bagian kedua dimulai dengan adegan pembicaraan Tony Stark dengan seorang wakil pemerintah AS. Akibat ulahnya di gedung PBB, Tony terancam kehilangan jabatannya sebagai menteri keamanan AS. Sebelum ia sempat membela dirinya, Tony yang kini telah berada di dekat Avenger Mansion memutuskan untuk menunda pembicaraan itu dan memusatan perhatian pada timnya.

Di Mansion, She-Hulk yang semakin liar telah berhasil melumpuhkan sebagian besar anggota Avengers. Captain Britain dan Wasp yang berusaha menghentikan amukannya malah terluka parah. Tapi Iron Man berhasil menghentikan sepupu Bruce Banner itu dengan menggunakan kekuatan armornya.

Anggota Avengers kemudian membahas apa yang menjadi penyebab rencana ini. Tiap-tiap anggota memiliki pendapat masing-masing. Tony Stark merasa bahwa ada dalang yang berencana menghancurkan Avengers dengan cara menyerang mereka saat tim ini berada di dalam keadaan rapuh.

Di tengah perdebatan, Giant-Man muncul dan memberitahukan bahwa Tony tadi mengancam utusan Latveria dalam pidatonya di PBB. Ia mencurigai bahwa Tony kembali menjadi seorang alkoholik.

Tony Stark mencoba meyakinkan rekan-rekannya bahwa ia sudah lama tidak menyentuh minuman keras. Tapi ia pergi karena kecewa saat mengetahui bahwa mereka juga mencurii bahwa kebiasaan buruknya telah kembali.

Beberapa saat kemudian, anggota Avengers yang masih berkumpul menerima kabar bahwa ada kejadian penting di Mansion mereka. Ternyata di sana telah berkumpul gerombolan jagoan yang pernah menjadi anggota tim superhero elite ini.


Cerita Avengers Disassembled – Part 3



Ternyata para jagoan yang berkumpul tadi datang untuk menjawab panggilan “Code White” yang merupakan tanda bahaya tingkat tertinggi bagi anggota Avengers. Mereka merasa masih merupakan bagian dari tim tersebut dan ingin menunjukkan dukungan mereka di saat kritis ini. Nick Fury yang berada di lokasi mengingatkan bahwa mereka tengah berada di TKP dan sebaiknya pertemuan ini diadakan di tempat lain.

Sebelum mereka sempat mematuhi perintah Fury, tiba-tiba muncul sebuah kapal perang bangsa alien Kree di atas langit kota New York. Nick Fury yang menyaksikannya, merasa heran kenapa SHIELD tidak menyadari kedatangan armada Kree ini.

Di tengah-tengah pertempuran, Fury menyadari bahwa banyak keanehan yang ditunjukkan oleh para prajurit Kree. Hal yang paling menonjol adalah serangan darat yang dilakukan bangsa alien ini. Fury merasa jika bangsa Kree ingin menguasai New York, mereka hanya perlu menggunakan senjata berteknologi tinggi milik mereka dan tidak perlu bersusah payah melakukan serangan dengan menggunakan prajurit Infantri.

Di saat inilah terjadi peristiwa yang membuat cerita Avengers Disassembled cukup dikenang oleh para fans, yaitu saat Hawkeye, salah satu anggota Avengers yang paling populer tewas. Hawkeye terbunuh saat beberapa prajurit Kree yang tengah dihadapinya menembak tempat penyimpanan panah miliknya. Karena ia tidak dapat melepaskannya dengan cepat, Hawkeye memutuskan untuk mengorbankan dirinya. Ia kemudian menggunakan roket milik seorang prajurit Kree untuk membawanya ke dalam pesawat induk musuh sesaat sebelum panah-panah miliknya meledak.

Setelah Hawkeye tewas, pasukan Kree segera melarikan diri tanpa alasan yang jelas. Para anggota Avengers yang berusaha mengejar pun gagal, karena tidak dapat menyamai kecepatan pesawat Kree.

Keanehan lain ditemukan oleh Ree Richard yang memeriksa bangkai sebuah pesawat tempur Kree. Richard tidak dapat menentukan apakah pesawat tersebut terbuat dari logam atau dari bahan lain. Di tengah kebingungannya, Dr. Strange muncul dan mengatakan bahwa telah terjadi penyalahgunaan energi magis dalam jumlah besar d lokasi ini.


Cerita Avengers Disassembled – Part 4


Avengers Disassembled, Cerita Bubarnya Avengers - Bagian 2, doctor strange

Dr. Strange kemudian menerangkan bahwa Avengers sudah menjadi sasaran serangan orang yang mempunyai kekuatan sihir dahsyat. Ia lalu bertanya pada para Avengers apakah mereka mengetahui orang yang memiliki kekuatan sihir yang mampu melakukan serangan yang telah mengakibatkan tewasnya beberapa rekan mereka.

Dari semua orang yang berkumpul di sana, Captain America lah yang pertama menyadari siapa anggota Avengers yang mempunyai kekuatan magis sedahsyat ini.

Scarlet Witch ternyata merupakan penyebab semua kekacauan yang telah terjadi. Sebagian besar superhero yang berkumpul merasa bahwa Wanda Marximoff yang dikenal sebagai seorang wanita yang sangat baik tak mungkin melakukan hal yang demikian keji.

Para Avengers pun mulai meneliti beberapa fakta mengenai kehidupan Wanda. Mereka menyadari bahwa banyak peristiwa aneh dan tragis yang telah dilalui putri Magneto dan istri Vision ini.

Pertama, ia menikahi sebuah robot, hal ini diungkapkan dengan cara kocak oleh Spider-Man. Kedua, ia telah menciptakan dua orang anak yang sebenarnya tidak benar-benar nyata. Ketiga, ia merupakan anak Magneto dan pernah menjadi anggota Brotherhood of Mutants. Keempat, baru-baru ini Wanda mendapat tambahan kekuatan yang berasal dari sebuah sumber yang disebuatnya sebagai Chaos Magic.


Baca juga: Cerita Kematian Superhero Marvel



Dr. Strange kemudian menambahkan bahwa sepanjang pengetahuannya dalam sihir tidak ada kekuatan yang disebut Chaos Magic. Ia juga mengatakan bahwa Wanda mendapatkan kekuatan sihirnya dari metode yang tidak jelas, karena tidak melalui proses pelatihan maupun proses spiritual. Jadi, besar kemungkinan bahwa sebenarnya ia tidak bermaksud menyerang Avengers.

Akhirnya, Doctor Strange mengungkapkan teorinya tentang Wanda, yaitu Wanda telah menggunakan kekuatannya untuk menciptakan dunia yang menurutnya sempurna. Tanpa disadari, tiap ia menggunakan kekuatan ini ia kehilangan sebagian dirinya. Jadi bencana yang terjadi ini adalah akibat penggunaan kekuatannya terus menerus dan kondisi kejiwaannya yang sejak awal memang kurang stabil.

Setelah mendengar semua ini, para Avengers akhirnya menerima kenyataan bahwa Wanda-lah pelakunya. Mereka pun meminta bantuan Dr. Strange untuk menunjukkan lokasi Wanda. Setibanya di sana Captain America berusaha membantu Wanda, tapi Wanda malah menyerangnya. Anggota Avengers yang lain pun berusaha menghentikannya tapi dengan menggunakan kekuatannya Wanda menciptakan versi lama superhero Dunia Marvel untuk menghadapi Avengers.

Dr. Strange yang merupakan ahli sihir akhirnya turun tangan dan menghadapi Scarlet Witch dalam duel magis. Strange akhirnya menang tapi kini Wanda kehilangan pikirannya.

Di saat inilah Magneto datang dan meminta agar ia diijinkan membawa dan merawat Wanda. Para Avengers yang menyaksikannya hanya dapat melihat kejadian itu dengan sedih.

Bagian terakhir buku TPB ini menceritakan saat kali pertama Quicksilver dan Scarlet Witch memutuskan untuk bergabung dengan Avengers. Mereka membaca berita bahwa tim superhero ini menerima Hawkeye yang merupakan bekas kriminal menjadi anggotanya. Saat pertamakali menemui anggota lain, Quicksilver dan Scarlet Witch merasa bahwa mereka akan betah berada dalam tim ini. Sayangnya, di masa depan justru Scarlet Witch lah yang menjadi penyebab pecahnya tim superhero andalan Marvel Comics ini. Cerita Avengers Disassembled ini sebenarnya merupakan awal dari event House of M yang lebih heboh lagi.


Demikian ringkasan cerita komik Avengers Disassembled. Klik Next untuk artikel menarik lainnya.


Loading...
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: