Jumat, 27 Oktober 2017

Secret Society of Super-villains, Kelompok Penjahat Super dari DC Comics

Apa itu Secret Society of Super-villains? Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini!


Selowae.Net – Dunia DC bukan hanya berisi para pahlawan super yang bergabung membentuk perkumpulan seperti Justice League atau Teen Titans. Para penjahat super juga tidak mau kalah dan membentuk persekutuan mereka sendiri.

Banyak nama seperti Crime Syndicate of America, Injustice League sampai Suicide Squad. Tapi hanya ada satu nama perkumpulan supervillain yang dianggap paling berbahaya bagi para superhero, yaitu Secret Society of Super-villains.

Simak pembahasan lengkap tentang Secret Society of Super-villains di bawah ini!


Asal-Usul Secret Society of Super-villains


Secret Society of Super-villains, Kelompok Penjahat Super dari DC Comics

Ide tentang sekumpulan penjahat super bekerjasama menghadapi kelompok superhero semacam Justice League ini berasal dari penulis Garry Conway yang menuangkannya dalam komik ‘Secret Society of Super Villains #1’ di tahun 1976.

Mengapa para supervillain DC selalu gagal dalam memenuhi ambisi mereka untuk menguasai dunia? Jawabannya, mereka kurang terorganisir.

Hal tersebut disadari oleh Darkseid, sang diktator dari planet Apokolipsyang kemudian mengumpulkan sekelompok supervillain terbaik dan membentuk kelompok bernama Secret Society of SuperVillains.

Sayangnya, kelompok yang bermarkas di Sinister Citadel, New York ini mengalami perbedaan pendapat. Dua kubu kuat saling bertentangan, kubu satu dipimpin oleh Lex Luthor dan Funky Flashman yang ingin membawa nama Society lebih populer dengan cara-cara kotor. Sementara kubu satunya lagi dipimpin oleh Manhunter dan Captain Comet, yang mencoba menyalurkan kegiatan Society ke arah yang lebih positif.

Fraksi yang dipimpin oleh Lex Luthor berhasil memenangkan persengketaan ini. Pada saat itu pula mereka akhirnya mengetahui bahwa orang yang mengumpulkan mereka semua tidak lain adalah Darkseid, salah satu musuh terkuat para superhero DC. Para supervillain kemudian memutuskan untuk memberontak melawan kendali diktator dari Apokolips ini.

Darkseid jelas tidak tinggal diam setelah mengetahui niat pemberontakan mereka. Ia langsung mengirimkan Mantid dan Kalibak (anggota Darkseid Elite sama seperti Steppenwolf).

Pertempuran besar pun terjadi, yang akhirnya berhasil mengusir anak buah Darkseid dari Bumi. Sayangnya, dari pihak Soicety juga ada korban jiwa, yaitu Manhunter.

Setelahnya, Society dipimpin oleh Lex Luthor dan Flashman. Akan tetapi, Wizard (salah satu anggota Society) berambisi menguasai perkumpulan ini dan berhasil mengambil alih kendali tim dari Funky Flashman.

Baca juga:Macam-macam Lantern Corps dalam Komik DC


Wizard atau William I. Zard sendiri sudah cukup lama malang melintang di dunia kejahatan. Ia pernah mendirikan Injustice League sebagai tandingan dari Justice Society of America.

Di bawah kepemimpinan Wizard, Society berhasil melakukan hal yang tidak pernah dilakukan oleh tim supervillain manapun. Beberapa anggota Secret Society of Super-Villains (The Wizard, Floronic Man, Star Sapphire, Reverse Flash dan Blockbuster) berhasil menjebak para superhero DC dan kemudian bertukar tubuh sehingga para supervillain ini mengetahui identitas rahasia para superhero (termasuk informasi mengenai keluarga mereka).

Untungnya, berkat kekuatan Zatanna, para anggota JLA akhirnya berhasil mendapatkan tubuh mereka kembali dan sekaligus menghapus ingatan para anggota Society untuk menjaga keamanan keluarga mereka. Peristiwa inilah yang kemudian melatarbelakangi peristiwa besar di komik DC, yaitu Identity Crisis (akan kita bahas di lain waktu).

Dalam komik DC, tim beranggotakan gabungan penjahat super DC ini telah banyak melakukan aksi gila yang menyusahkan Justice League of America. Bisa dibilang bahwa Secret Society of Super-Villains adalah kelompok penjahat super paling berbahaya di dunia DC.


Kelompok Supervillan DC Lainnya


Selain Society, DC masih punya beberapa kelompok penjahat super yang tidak kalah mengerikan. Berikut di antaranya:


Crime Syndicate of America


Secret Society of Super-villains, Kelompok Penjahat Super dari DC Comics

Bila Earth-1 mempunyai kelompok superhero Justice League, maka Earth-3 adalah kebalikannya. Di Bumi ini, pahlawan super hanya ada satu, yaitu Lex Luthor. Sedangkan yang menjadi musuh besarnya adalah Crime Syndicte of America.

Merekalah versi jahat dari Justice League of America. Para anggotanya pun memiliki kemiripan dengan superhero Justice League, sebut saja seperti Owlman (mirip Batman), Super Woman (mirip Wonder Woman), Johnny Quick (mirip The Flash), Power Ring (mirip Green Lantern) dan Ultraman (mirip Superman).


Injustice League Unlimited


Injustice League Unlimited

Lex Luthor dan Joker membentuk versi baru dari tim Injuctice League. Tujuan mereka berdua membentuk tim ini sebagai jaring pengaman bagi para supervillain yang ada. Selain itu, menurut Lex Luthor tujuan besarnya adalah menguasai Amerika Serikat.

Injustice League Unlimited terbukti lebih tangguh karena mereka mampu menaklukkan JLA dengan cara yang lebih terorganisir.

Demikian sedikit informasi mengenai Secret Society of Super-Villains dan beberapa kelompok super-villain DC lainnya. Tentu saja selain ketiga tim di atas masih ada banyak lagi kelompok beranggotakan penjahat super di komik DC. Seperti Suicide Squad, Intergang, The Rogues dan sebagainya. Klik Next untuk membaca kelompok supervillain terkeren dalam komik Marvel dan DC

Next > Kelompok Supervillain Terkeren

Previous Post
Next Post

post written by: