Jumat, 17 November 2017

25 Anime Psychological Terbaik dan Terkeren, dari Bokumachi sampai Monster

Inilah rekomendasi anime psychological terbaik dan terkeren sepanjang masa. Pastikan untuk menontonnya!


Selowae.Net – Apa itu anime psychological? Secara singkat, anime genre psychological merupakan  jenis anime yang mengisahkan tentang karakter dengan keadaan jiwa yang tidak stabil, atau anime yang mengisahkan kondisi dimana sang karakter utama berada dalam situasi yang menyerang sisi psikologi-nya. Anime yang penuh misteri dan melibatkan psikologi penonton juga bisa disebut sebagai anime bergenre psychological.

Jika kamu salah satu penggemar anime bergenre psychological, maka 25 judul anime di bawah ini wajib kamu tonton:


Rekomendasi Anime Psychological Terbaik Sepanjang Masa



#1 – Boku dake ga Inai Machi (ERASED)


25 Anime Psychological Terbaik dan Terkeren, dari Bokumachi sampai Monster
rekomendasi anime psychological

Genre: Psychological, Seinen, Supernatural
Studio: A-1 Pictures
Jumlah Episode: 12

Sinopsis:

Anime bergenre pychological ini mengisahkan tentang Fujinuma Satoru, seorang yang bersusah-payah bekerja sebagai penulis manga. Namun, ia memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain, yaitu kemampuan untuk memutar kembali waktu. Suatu hari, ia terlibat dalam sebuah kasus yang membuatnya terjebak sebagai tersangka.

Putus asa akan hal itu, ia memutar kembali waktu dan pergi ke waktu dimana ia masih sekolah dasar, tepatnya satu bulan sebelum teman sekelasnya, Hinazuki Kayo menghilang. Dia pun memutuskan untuk mencari Hinazuki dan memecahkan misteri di balik kepergiannya.


rekomendasi anime psychological terkeren

#2 - Kiseijuu: Sei no Kakuritsu


Genre: Action, Drama, Horror, Psychological, Sci-Fi, Seinen
Studio: Madhouse
Jumlah Episode: 24

Sinopsis:

Mengisahkan tentang para alien yang berbentuk seperti cacing datang ke bumi yang kemudian disebut sebagai parasit. Mereka hidup dengan memakan tubuh manusia untuk dijadikan sebagai wadah. Cerita dimulai ketika salah satu parasit tersebut mencoba masuk kedalam otak seorang anak SMA bernama Izumi Shinichi untuk memakannya, ketika ia sedang tidur.

Sial bagi parasit tersebut, ketika baru sampai di lubang hidung, shinichi terbangun dan bersin, sehingga alien tersebut terpental keluar. Shinichi langsung bereaksi dan mencoba membunuh parasit itu, namun parasit malah masuk kedalam tangan kanan Shinichi dan memakannya untuk dijadikan wadah. Salah satu anime psychological terbaik ini tidak boleh kamu lewatkan...


#3 - Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu


Genre: Fantasy, Drama, Psychological, Thriller
Studio: White Fox
Jumlah Episode: 25

Sinopsis:

Rekomendasi Anime Psychological berikutnya adalah Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu. Natsuki Subaru adalah siswa SMA biasa yang hilang di sebuah dunia alternatif yang kemudian diselamatkan oleh seorang gadis cantik berambut perak. Untuk membalas budi padanya, ia memutuskan untuk selalu bersamanya. Namun, takdir yang harus ia hadapi tak semudah yang dibayangkan. Musuh yang menyerang membuat Subaru dan gadis itu terbunuh.

Setelah kematiannya, Subaru menyadari ia punya kemampuan untuk memutar kembali kematiannya dan kembali ke waktu di saat ia pertama kali datang ke dunia alternatif. Anime genre psychological terbaik ini bukan hanya sulit ditebak jalan ceritanya, namun juga memiliki banyak karakter yang menarik.


#4 – Ping Pong The Animation

Musim: Spring 2014
Jumlah Episode: 11
Genre: Psychological, Seinen, Sports

Sinopsis:

Meskipun memiliki kepribadian yang berbeda, Peco dan Smile telah berteman sejak kecil. Sekarang mereka berdua menjadi anggota paling berbakat di klub tenis meja di SMA Katase. Namun, saat Peco bertanding dengan pemain China, ia kalah mutlak hingga membuatnya hancur dan berpikir untuk berhenti bermain ping pong.

Sementara itu, kepribadian smile yang mudah mengalah pada lawan saat bertanding segera di ketahui Pelatih Jou dan ia mulai memotivasi Smile untuk mengatasi hambatan psikologisnya. Pelatih Jou berusaha untuk mengasah bakat yang dimiliki Smile untuk menjadi pemain ping pong yang hebat. Tidak diragukan lagi bahwa Ping Pong The Animation pantas menjadi salah satu anime psychological terbaik sepanjang masa.


anime psychological thriller terbaik

#5 – Mirai Nikki


Genre: Action, Mystery, Shounen, Supernatural, Psychological, Thriller
Studio: Asread
Jumlah Episode: 26

Sinopsis:

Anime bergenre action, supernatural, thriller dan psychology ini merupakan salah satu anime terbaik dengan rating tertinggi sepanjang masa. Berkisah tentang Yuki, seorang penyendiri yang tidak pandai bersosialisasi.

Yuki lebih suka menulis diari di ponsel dan berbicara dengan teman imajinasinya, Deus Ex Machina (Dewa Ruang dan Waktu). Setelah Deus membawanya berpartisipasi dalam pertempuran hidup mati dengan 11 orang lain, ia menyadari kalau Deus bukanlah imajinasinya saja. Dalam pertempuran bettle royale ini, 12 peserta diberikan catatan harian khusus yang dapat memprediksi masa depan. Masing-masing catatan harian memiliki kemampuan unik yang memiliki kelebihan dan kelemahan.

Dalam 90 hari ke depan, para peserta harus mencoba bertahan hidup sampai hanya ada satu peserta yang tersisa sebagai pemenang dan akan menjadi Dewa Ruang dan Waktu yang baru.


#6 – Death Note


Genre: Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller
Studio: Madhouse
Jumlah Episode: 24

Sinopsis:

Rekomendasi anime psychological thriller terbaik berikutnya adalah Death Note. Kisah seorang siswa SMA terbaik di Jepang bernama Light Yagami yang menemukan Death Note, sebuah buku catatan kematian, dimana  nama yang ditulis pada buku tersebut, akan mengalami kematian. Death Note tersebut merupakan kepunyaan shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk.

Light merasa dunia sudah membusuk karena dipenuhi oleh manusia tidak berguna (penjahat), karena itu Light memutuskan untuk membunuh para penjahat dengan menuliskan nama penjahat tersebut pada Death Note.

Diapun akhirnya terkenal dan mendapatkan julukan KIRA (Kira diambil kata bahasa Inggris Killer). KIRA dikenal sebagai penjahat sekaligus pahlawan, karena dia membunuh namun yang dibunuhnya adalah penjahat. Aksi Light ini menarik perhatian dunia, terutama detektif (fiktif) paling terkenal di dunia, L. L menawarkan bantuan kepada pihak kepolisian Jepang untuk menangkap Kira. Petualangan L mencari KIRA pun dimulai.

Jika kamu menyukai anime psychological dengan bumbu-bumbu thriller dan misteri, maka anime Death Note sangatlah wajib untuk kamu tonton.


#7 – Btooom!


Genre: Action, Psychological, Sci-Fi, Seinen
Studio: Madhouse
Jumlah Episode: 12

Sinopsis:

Sakamoto Ryouta adalah seorang pengangguran berumur 22 tahun yang tinggal bersama ibunya. Setiap harinya dia menghabiskan waktunaya dengan bermain video game. Di dunia nyata mungkin tak ada yang spesial dari dirinya, tapi di dunia maya dia termasuk salah satu player terbaik dalam permainan BTOOOM!. 

Suatu hari tanpa disadari, tiba-tiba dia berada di sebuah pulau tropis. Saat Ryouta berjalan mengelilingi pulau, dia melihat orang aneh menyerangnya dengan melemparkan bom peledak. Ryouta pun menyadari hidupnya dalam bahaya dan entah mengapa dirinya terperangkap dalam versi nyata dari permainan favoritnya. Btooom! adalah salah satu anime action psychological terbaik yang sangat rugi jika dilewatkan begitu saja.


Artikel terkait:



Rekomendasi anime psychological thriller terbaik

#8 - Gantz:O


Genre: Action, Drama, Ecchi, Horror, Psychological, Sci-Fi, Seinen, Supernatural
Studio: Digital Frontier
Jumlah Episode: 1

Sinopsis:

Di suatu tempat di Tokyo, ada sebuah ruangan yang di dalamnya terdapat sebuah bola hitam. Secara berkala, beberapa orang yang dinyatakan meninggal dipindahkan ke suatu ruangan. Dengan mengenakan pakaian dan senjata khusus, mereka diberi misi untuk membunuh alien yang ada di Bumi. Tak banyak orang di dunia yang mengetahui tentang misi mematikan yang mereka emban.


#9 – Tokyo Ghoul

Jumlah Episode: 24
Genre: Action, Mystery, Drama, Horror, Psychological, Supernatural, Seinen
Studio: Studio Pierrot

Sinopsis:

Rekomendasi anime psychological terbaik selanjutnya adalah Tokyo Ghoul. Tokyo dihantui "ghoul" yang memakan manusia. Orang-orang dicekam rasa takut dengan ghoul yang identitasnya masih misteri. Seorang siswa biasa bernama Kaneki bertemu Rize, seorang gadis yang suka membaca seperti dia. Perlahan dia mulai menyadari bahwa nasibnya akan berubah dalam semalam.

Selain kental dengan cerita psychology, Tokyo Ghoul juga dilengkapi dengan banyak aksi, misteri, drama dan bahkan horor.


#10 – Psycho Pass


Genre: Action, Police, Psychological, Sci-Fi
Studio: Production I.G
Jumlah Episode: 22

Sinopsis:

Tahun 2113, Sibyl System (シビュラシステム Shibyura Shisutemu) digunakan sebagai indikator untuk mengukur mental, kepribadian, dan potensi seseorang akan melakukan kejahatan. Hasil penilaian dari Sibyl System disebut dengan Psycho-Pass (サイコパス Saikopasu). Ketika sesorang terlibat dalam kejahatan dan indeks Psycho-Pass miliknya melebihi tingkat tertentu, maka ia akan segera ditangkap, atau bahkan jika perlu akan dibunuh. Anime psychological terkeren ini tidak boleh kamu lewatkan...


rekomendasi anime psychological terbaik

#11 - ChäoS;HEAd


Genre: Harem, Mystery, Psychological, Sci-Fi, Supernatural
Studio: Madhouse
Jumlah Episode: 12

Sinopsis:

Nishijou Takumi, seorang siswa SMA Swasta Suimei Academy, suatu hari mendengar kasus pembunuhan 'New Gen' yang terjadi dikota. Meskipun awalnya ia tidak memperdulikannya karena tidak melibatkan dirinya, namun suatu hari Takumi mulai mengalami hal-hal yang aneh, mulai dari gambar mengerikan yang dikirimkan kepadanya, hingga bertemu dengan seorang gadis misterius di lokasi pembunuhan 'New Gen'.


#12 - Danganronpa: Kibou no Gakuen to Zetsubou no Koukousei The Animation


Genre: Game, Psychological, Thriller
Studio: MAPPA
Jumlah Episode: 12

Anime psychological terbaik berjudul Danganronpa: Kibou no Gakuen to Zetsubou no Koukousei The Animation ini juga tidak kalah seru untuk ditonton. Berkisah tentang Naegi Makoto, salah satu siswa dari 15 siswa yang terpilih untuk bergabung di sekolah paling elit, Hope's Peak Academy (希望ヶ峰学園 Kibougamine Gakuen).

Sekolah itu dipimpin oleh seekor beruang bernama Monokuma. Dia mengatakan bahwa semua siswa diharuskan hidup di sekolah untuk selamanya, dan satu-satunya cara untuk dapat keluar dari sekolah itu adalah dengan membunuh salah seorang teman kelas mereka.


#13 - Death Parade


Genre: Mystery, Game, Psychological
Studio: Madhouse
Jumlah Episode: 12

Sinopsis:

Beberapa orang tiba-tiba mendapati diri mereka berada di sebuah Bar misterius. Dihadapan seorang bartender bernama Dekim, mereka kemudian diharuskan bertanding dalam berbagai jenis permainan yang ternyata akan menentukan nasib mereka setelah kematian. Death Parade adalah salah satu anime genre psychological terbaik yang mendapat rating tinggi pada masa penayangannya.


Baca juga: Daftar Anime Terbaru 2018 yang Paling Dinantikan



25 Anime Psychological Terbaik dan Terkeren, dari Bokumachi sampai Monster

#14 – Kakegurui


Genre: Mystery, Psychological, Drama, School, Shounen
Studio: MAPPA
Jumlah Episode: 12

Sinopsis:

Anime Psychological terbaik dan terkeren selanjutnya adalah Kakegurui. Akademi Swasta Hyakkaou adalah sebuah lembaga yang memiliki kurikulum aneh. Kau akan tahu jika kau anak dari orang kaya, yang membuat dirimu dapat maju bukan karena kemampuan akademis ataupun kemampuan atletik. Tapi kemampuan membaca lawan dan seni dalam menjalin kesepakatan. Adakah hal yang lebih baik untuk mengasah kemampuan seseorang selain penerapan kurikulum perjudian seperti ini?

Di Akademi Swasta Hyakkaou, sang pemenang ibarat seorang raja, sementara yang kalah akan terus diperas. Namun, ketika Jabami Yumeko mulai terdaftar sebagai murid di akademi ini, dia menunjukkan pada anak-anak lain bagaimana roda hidup ini berputar.


#15 – Jigoku Shoujo


Genre: Mystery, Horror, Psychological, Supernatural
Studio: Studio Deen
Jumlah Episode: 25

Sinopsis:

Di era internet yang semakin luas penggunaannya ini, terdapat sebuah situs web yang hanya dapat diakses pada tengah malam. Jigoku Tsushin, begitulah orang-orang menyebutnya. Menurut rumor yang beredar, jika seseorang memposting kedengkiannya di web tersebut, Gadis Neraka (Jigoku Shoujo) akan muncul dan menyeret orang-orang ke neraka.

Sangat sedikit yang mengenal gadis tersebut, yang mereka tahu hanya bahwa gadis itu tinggal bersama neneknya yang juga misterius. Anime horror pcychological ini dipenuhi dengan berbagai misteri yang menarik.


#16 – Inuyashiki


Genre: Action, Sci-Fi, Psychological, Drama, Seinen
Studio: MAPPA
Jumlah Episode: 11

Sinopsis:

Anime psychological selanjutnya mengisahkan tentang Inuyashiki Ichiro, seorang pria tua biasa yang sering diabaikan dan tidak dihormati oleh keluarganya, meskipun semua yang dilakukannya demi mereka. Lebih dari itu, dokternya telah memvonis dirinya menderita kanker.

Keadaan semakin buruk ketika muncul cahaya menyilaukan dari langit yang menghantamnya. Setelah kembali tersadar, dia memastikan bahwa tidak ada cidera yang nampak di tubuhnya, tapi segera dia mulai menyadari ada sesuatu yang berbeda dengan dirinya.


anime psychologikal terbaik

#17 - Zankyou no Terror


Genre: Psychological, Thriller
Studio: MAPPA
Jumlah Episode: 11

Sinopsis:

Suatu hari di musim panas, Tokyo diserang oleh teroris. Para pelaku adalah dua anak laki-laki yang menyebut diri mereka sebagai "Sphinx". Serangan itu hanyalah awal dari permainan megah mereka yang akan menyelimuti seluruh Jepang.


#18 - Zetsuen no Tempest


Genre: Action, Mystery, Psychological, Drama, Magic, Fantasy, Shounen
Studio: Bones
Jumlah Episode: 24

Sinopsis:

Anime bergenre action psychological ini mengisahkan tentang Takigawa Yoshino, seorang siswa SMA biasa yang memiliki teman misterius bernama Mahiro. Mahiro membuat kesepakatan dengan seorang penyihir bernama Hakaze untuk memburu pembunuh adik perempuannya. Namun, ketika Yoshino bertemu kembali dengan Mahiro yang telah lama pergi, mereka terlibat dalam peristiwa supernatural yang dapat menghancurkan seluruh dunia. Pertempuran yang melampaui batas ruang dan waktu pun dimulai.


#19 - Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e


Genre: Comedy, Romance, School, Psychological
Studio: Lerche
Jumlah Episode: 12

Sinopsis:

Berlatar cerita di SMA Koudo Ikusei, sekolah bergengsi dengan fasilitas terbaik dimana hampir 100% muridnya diterima di universitas atau perusahaan. Para murid memiliki kebebasan dalam berpenampilan atau bergaya sesuka mereka. Meskipun sekolah ini terlihat seperti surga bagi para muridnya, namun pada kenyataannya hanya murid paling unggul lah yang diperlakukan dengan baik. Salah satu anime terbaik genre psychological ini jangan sampai dilewatkan...


Artikel terkait:



Anime Psychological Terbaik dan Terkeren

#20 - Kanojo to Kanojo no Neko: Everything Flows


Genre: Psychological, Romance, Slice of Life
Studio: LIDENFILMS
Jumlah Episode: 4

Sinopsis:

Rekomendasi anime psychological terbaik selanjutnya ditempati oleh anime Kanojo to Kanojo no Neko: Everything Flows. Menceritakan kehidupan seorang gadis yang baru saja lulus kuliah dan dalam masa pencarian kerja. Dia tinggal seorang diri dan hanya ditemani seekor kucing hitam.


#21 – Elfed Lied


Genre: Gore, Psychological, Horror
Studio: Madman Entertainment
Jumlah Episode: 13

Sinopsis:

Anime bergenre gore psychological ini mengisahkan tentang Lucy, seorang gadis yang memiliki kekuatan aneh di mana ia dapat memotong, merobek dan mengangkat benda apa saja yag ada di dekatnya. Lucy merupakan objek penelitian yang menderita masalah psikologis dan bertemu dengan seorang remaja bernama Kouta.


#22 – Mawaru Penguindrum


Genre: Mystery, Comedy, Psychological, Drama
Studio: Brain’s Base
Jumlah Episode: 24

Sinopsis:

Shouma dan Kanba adalah kakak beradik yang ingin menyebuhkan penyakit misterius yang diderita adik mereka, yaitu Himari. Setelah tahu kalau Himari tidak akan hidup lama, kedua kakak tersebut memutuskan untuk berjalan-jalan dan menghabiskan seluruh waktunya bersama sang adik.

Saat mereka berada di Kolam Penguin, Himari akhirnya meninggal dan dibawa ke kamar mayat. Namun suatu keanehan terjadi, di mana Himari tersadar kembali karena topi Penguin yang ia pakai.


Baca juga: Anime Tersedih yang Paling Mengharukan dan Bikin Nangis



rekomendasi anime psychological

#23 – Kokkoku 


Genre: Mystery, Psychological, Drama, Seinen
Tanggal Tayang: Januari 2018
Jumlah Episode: ?

Sinopsis:

Anime psychological terbaru 2018 ini akan mengisahkan tentang Yukawa Juri, seseoag yang tinggal bersama ayah dan saudara laki-laki yang pengangguran, saudara perempuan yang janda, dan keponakannya yang masih kecil.

Suatu hari, keponakan dan saudara laki-lakinya diculik oleh kelompok misterius yang dikenal sebagai Genuine Love Society. Untuk menyelamatkan mereka, Juri dan keluarganya menggunakan batu sihir yang disembunyikan oleh kakeknya untuk menghentikan waktu atau yang dikenal dengan Statis. Namun, saat mereka menyusup ke markas penculik, mereka bertemu dengan orang lain yang juga bisa bergerak bebas meski waktu telah dihentikan. Selain itu, sesosok makhluk aneh juga mengintai mereka. Dapatkah mereka lolos dari dunia paralel dan kembali ke kehidupan normal mereka?


#24 - Ghost in the Shell


Genre: Action, Sci-Fi, Police, Psychological, Mecha, Seinen
Studio: Production I.G
Jumlah Episode: 24

Sinopsis:

Anime bergenre Sci-Fi Psychological ini berkisah tetang The Mayor, cyborg yang memimpin divisi operasi bernama Section 9. Section 9 adalah divisi khusus yang menangani berbagai masalah yang berhubungan dengan teknologi canggih, seperti hacker atau cyber crime. Petualangan The Mayor dalam menghadapi Hanka Robotika yang berniat menyabotase dan melenyapkan teknologi kecerdasan buatan pun dimulai.


#25 – Monster


Genre: Drama, Horror, Mystery, Police, Psychological, Seinen, Thriller
Studio: Madhouse
Jumlah Episode: 74

Sinopsis:

Satu lagi rekomendasi anime Psychological terbaik dan terkeren sepanjang masa, yaitu Monster. Anime ini berkisah tentang seorang dokter yag bekerja di rumah sakit yang tidak berpihak pada rakyat miskin. Suatu hari, sang dokter dihadapkan pada pilihan untuk mengobati seorang politikus atau anak yang sekarat.

Melihat kondisi anak yang lukanya jauh lebih parah, ia pun memilih untuk mengobatinya terlebih dahulu, meski hal tersebut membuatnya kehilangan status sebagai dokter. Beberapa tahun kemudian, sang dokter bertemu lagi dengan anak yang dulu pernah ia tolong. Namun, di saat bersamaan ada sebuah insiden yang melibatkan “Monster”.


Demikian rekomendasi anime psychological terbaik sepanjang masa. Klik Next untuk melihat rekomendasi anime terbaik dari berbagai genre.



Next > Rekomendasi Anime Terbaik dari Semua Genre

Previous Post
Next Post

post written by: