Kamis, 23 November 2017

Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Fate (Kent Nielson), Penyihir Terkuat dari DC Comics

Simak asal-usul dan Kekuatan Doctor Fate (Kent Nielson) dalam pembahasan berikut ini!


Selowae.Net – Jika Marvel mempunyai Doctor Strange sebagai Sorcerer Supreme atau penyihir terkuatnya, maka DC Comics memiliki Doctor Fate. Siapa sebenarnya Doctor Fate? Simak pembahasan singkatnya setelah tanda titik dua berikut:


Asal-Usul Doctor Fate


Tahun 1928, lahirlah seorang anak dengan nama Kent Nelson. Ia lahir dari pasangan Sven Nelson seorang arkeologis dan Celestine Babock-Nelson seorang spiritualis. Setelah kelahiranya sang ibu meninggal tanpa suatu sebab yang jelas.

Pada saat Kent berusia 12 tahun, Ayahnya mengajak kent untuk menemaninya melakukan penggalian di mesopotamia yakni di kuil Nabu. Para penduduk telah memperingatkan bahwa kuil tersebut dikutuk, tapi Sven Nelson tidak percaya sihir dan dia meneruskan misi penggaliannya.

Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Fate (Kent Nielson), Penyihir Terkuat dari DC Comics
Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Fate (Kent Nielson), Penyihir Terkuat dari DC Comics

Saat menelusuri dan mempelajari kuil tersebut Kent menemukan sebuah sarkofagus yang berisikan mayat dari Nabu. Kent menarik tuas sarkofagus dengan harapan membuka isi sarkofagus tersebut. Tanpa ia sadari, hal tersebut membangunkan Nabu kembali dan kemudian gas beracun keluar memenuhi kuil tersebut dan membunuh ayah Kent.

Nabu mengatakan pada Kent bahwa dia akan menjadikan Kent penerusnya sekaligus muridnya, Kent menolak, Ia hanya ingin ayahnya kembali. Akhirnya Nabu menghapus semua ingatan Kent akan ayahnya.

Seminggu kemudian Nabu merubah Kent menjadi seorang laki-laki yang sudah dewasa dan mengajarinya sihir. Ketika Nabu merasa Kent telah siap, Nabu ingin Kent agar menyerangnya dengan kekuatan penuh. Kent menolak untuk menyerang gurunya, akhirnya Nabu mengembalikan ingatan Kent akan ayahnya.

Kent Nielson yang kembali mengingat kematian sang ayah langsung menyerang Nabu dengan penuh amarah. Setelah penyerangan tersebut, Nabu menunjukkan jati dirinya sebagai Lord of Order dan dia juga menjelaskan takdir kematian sang ayah, selain itu dia juga menjelaskan pertarungan tiada akhir antara order dan chaos.

Sebelum berpisah, Nabu memberikan sebuah helm emas dan juga jimat, Nabu mengatakan dengan kedua benda itu, Kent bisa mendapatkan semua kekuatan Nabu. Setelah itu Nabu menghilang.

Dengan kekuatan sihirnya serta helm emas dan jimat dari Nabu, Kent Nielson menyebut dirinya Doctor Fate. Dalam aksi pertamanya, dia menyelamatkan seorang wanita cantik bernama Inza Cramer dari seorang penyihir bernama Wotan.

Akhirnya mereka berdua menikah dan tinggal di dalam sebuah tower yang tidak terlihat yang disebut “The Tower of Fate” di daerah Salem, Massachusetts. Dari tempat sucinya tersebut, dia memerangi kejahatan dengan nama Doctor Fate.


Sepak Terjang Doctor Fate dalam Komik DC


Pada tahun 1941, Doctor Fate bersama dengan The Spectre membentuk Justice Society of America (JSA). Misi pertama kelompok superhero ini adalah menghentikan serangan sihir jahat yang hendak menghancurkan gerbang menuju akhirat atau dunia lain.

Tahun 1942, Doctor Fate mulai menyadari bahwa helm Nabu mulai mengendalikan dirinya, jadi dia hanya mengenakan setengah dari topeng tersebut (hanya menutup mata sampai hidung dan memperlihatkan mulutnya). Dalam keadaan ini Doctor Fate hanya mendapatkan setengah kekuatan dari Nabu, namun tetap saja, karena dasarnya dia juga penyihir (yang juga diajari oleh Nabu), maka dia tetap menjadi seorang penyihir yang kuat. Dia memiliki kemampuan maksimalnya saat berada di Tower of Fate.

Pada akhir dekade, Doctor Fate mengundurkan diri dari segala aktifitas superhero, dan menjadi seorang spiritual serta dokter.

Pada tahun 1963 dia bergabung kembali dengan Justice Society of America. Saat kembali bergabung dengan JSA, Doctor Fate kembali mengenakan topeng versi Full-nya dan kembali mendapatkan kekuatan yang dimilikinya 100 persen. Selain itu, akibat kekuatan dari helm Nabu, Kent Nielson dan istrinya tidak menua.

Doctor Fate kemudian membentuk Justice League International (JLI) bersama dengan para superhero modern seperti Batman, Black Canary, Guy Gardner, Martian Manhunter, Ted Kord, Shazam dan Mister Miracle. Tidak lama kemudian beberapa superhero juga bergabung ke dalam JLI yaitu Doctor Light, Booster Gold serta Captain Atom. Misi pertama Doctor Fate bersama dengan JLI adalah menghentikan Gray Man, dari rencananya menghancurkan dunia.

asal usul kekuatan doctor fate adalah siapa doctor fate

Doctor Fate kemudian kembali lagi menarik dirinya dari masyarakat, namun ia tetap menjaga dunia dari ancaman supernatural yang mampu membahayakan dunia.

Baca juga: Amalgam Comics, Ketika Superhero DC Fusion dengan Superhero Marvel


Suatu ketika sebuah entitas berbahaya hendak menghancurkan The Order. Kent menyadari bahwa hal tersebut juga akan menghancurkan dan membunuh istrinya, sehingga ia tidak lagi menjadi Lord of Order. Selain itu ia juga menyadari bahwa kekuatan dari The Order tidak cukup untuk menghentikan dan menyelamatkan dunia dari serangan Chaos kali ini. Akhirnya Kent melakukan sebuah usaha untuk menyelamatkan nyawa istrinya, Ia menggabungkan dirinya dan istrinya menjadi satu entitas, sehingga ia memiliki kekuatan dari kehidupan dan juga cinta sekaligus. Dia juga sadar bahwa hanya dengan cara tersebut Doctor Fate bisa tetap terjaga dan dapat menjaga dunia dari serangan chaos. Setelah penggabungan dengan istrinya, Nabu tetap ada di dalam dirinya juga, namun hanya menjadi Guide saja.

Setelah event Flashpoint karena kebodohan Flash dalam menyelamatkan ibunya, Doctor Fate muncul sebagai salah satu karakter dalam Earth 2. Dia jugalah yang kemudian mengumpulkan para hero dari Earth 2 seperti Jay Garrick, Hawkgirl, dan juga Alan scott untuk melawan The Gray.

Dalam event Rebirth, diketahui bahwa Doctor Fate berada di Earth Prime juga, dia mengunjungi Ted Kord dan memberitahukan kebenaran mengenai Scarab yang sebenarnya bukanlah alien tech, namun sebuah benda magis.


Kekuatan Doctor Fate


Sebagai penyihir terkuat di DC Universe, kekuatan Doctor Fate tentu tidak bisa dianggap remeh. Doctor Fate mendapatkan sebagian besar kekuatannya dari helm mistis bernama ‘Helmet of Fate’. Tanpa adanya helm ini, Kent Nielson hanya mendapatkan sedikit kekuatan seperti kebal, telekinesis, abadi dan terbang.

Baca juga: 12 Aktor dan Aktris Ini Pernah Berperan di Film DC dan Marvel


Berbagai kekuatan Doctor Fate di antaranya adalah hipnotis, bisa tak terlihat, terbang, menciptakan ilusi, telepati, teleportasi, telekinesis, abadi, kebal, perjalanan waktu, perjalanan antar dimensi, faktor penyembuhan, menembus benda padat, astral projection (berpisah ruh dari badan), bahkan membangkitkan orang yang sudah mati. Selain itu, Doctor Fate juga bisa memanipulasi waktu dan realita.


Demikian pembahasan singkat mengenai asal-usul dan kekuatan Doctor Fate dalam komik DC. Klik Next untuk membaca fakta-fakta menarik tentang Doctor Strange.



Next > Fakta Doctor Strange

Previous Post
Next Post

post written by: