Rabu, 20 Desember 2017

Biografi Peter David, Penulis Legendaris Serial The Incredible Hulk

Simak biografi Peter David melalui pembahasan di bawah ini!


Selowae.Net – Bagi para penggemar The Incredible Hulk, nama Peter David pasti sudah tidak asing lagi. Penulis yang menyatakan bahwa dirinya adalah seorang “Writer of Stuff" ini adalah orang yang bertanggung jawab atas berbagai perubahan besar yang terjadai pada sang raksasa hijau.

Biografi Peter David, Penulis Legendaris Serial The Incredible Hulk

Karirnya dalam dunia komik dimulai pada awal tahun 80-an, sebagai bagian penjualan Marvel Comics. Sebagai penulis, karya pertamanya adalah “The Death of Jean DeWolff” dalam Spectacular Spider-Man #107-#110. Oleh karena reaksi baik penggemar atas cerita tersebut, David mulai bekerja sebagai penulis tetap judul Spider-Man ini. Namun, tugas selanjutnya lah yang menempatkan nama Peter David dalam jajaran penulis terbaik industri komik.

Ketika Peter David menggarap The Incredible Hulk, para penggemar menganggap bahwa tulisannya adalah interpretasi terbaik tokoh tersebut. Selama 12 tahun dalam kendali David, Hulk memperoleh banyak sifat dan latar belakang yang membuatnya menjadi salah satu tokoh favorit dalam komik.

Hasil kerja David yang paling berpengaruh dalam kontinuitas Hulk adalah penelusuran latar belakang penganiayaan masa kecil yang dialami Bruce Banner dan berbagai inkarnasi Hulk, termasuk The Professor, Mr. Fixit dan Maestro. Semua kreasi David tersebut masih terus dipakai oleh penulis lain hingga saat ini.

Selain Hulk dan Spider-Man, di Marvel Comics ia juga pernah menangani tokoh-tokoh besar seperti Wolverine, X-Factor, Spider-Man 2099 dan Captain Marvel.

Peter David tidak hanya memberikan pengaruh besar di Marvel, ia juga pernah bekerja di DC Comics. Ia menggarap tokoh ikonik DC yang memiliki sejarah penerbitan buruk, yaitu Aquaman. Selama empat tahun masa kerja David, Raja Atlantis ini berubah dari tokoh kelas dua yang culun menjadi tokoh sangar dengan tangan buntung berharpun.

Di penerbit Dark Horse, Peter David menulis petualangan seorang mata-mata muda dalam Spy Boy. Ia juga menggarap Soulsearchers and Company untuk Claypool Comics, Sach and Violet di bawah penerbit Epic Comics dan menulis Dreadstar untuk First Comics.

Selain itu, di DC ia juga pernah menerbitkan kreasinya yang berjudul Fallen Angels. Untuk IDW Publishing, David menulis cerita lepas Spike: Old Times dan Spike Vs. Dracula. Kedua cerita itu didadaptasi dari serial TV Buffy the Vampire Slayer dan Angel.


Artikel terkait:



Pada tahun 2005, ia kembali menulis The Incredible Hulk, namun karena terlalu sibuk, ia terpaksa menyudahinya setelah beberapa edisi. Spider-Man juga memperoleh sentuhan khas David dalam judul barunya Friendly Neighbourhood Spider-Man. Mini serinya yang berjudul Man MadraX meluncurkan kembali judul X-Factor yang kali ini merupakan sebuah kelompok detektif.

Selain terkenal sebagai penulis komik, Peter David juga seorang penulis novel yang cukup berhasil. Salah satu karyanya yang paling diingat adalah novel Star Trek-nya yang berjudul Imzadi. Buku ini merupakan salah satu novel Star Trek paling laris. David juga banyak menulis untuk serial novel New Frontier. Sepanjang karirnya, Peter David tidak hanya terlibat dalam dunia tulis menulis. Ia juga dikenal sebagai penulis untuk beberapa serial TV.


Itulah biografi singkat tentang Peter David dan sepak terjangnya dalam industri komik. Klik Next untuk membaca biografi Frank Miller, kreator The Dark Knight Returns.


Previous Post
Next Post

post written by: