Minggu, 12 November 2017

5 Generasi Ghost Rider, dari Carter Slade sampai Robbie Reyes

Simak pengenalan singkat seputar Ghost Rider dari generasi ke generasi dalam komik Marvel!


5 Generasi Ghost Rider, dari Carter Slade sampai Robbie Reyes

Selowae.Net - Ghost Rider adalah salah satu karakter fiksi yang cukup terkenal dari Marvel Comics. Karakter yang diciptakan oleh Garry Fredrich, Roy Thomas dan Maike Ploog ini telah beberapakali diangkat ke layar lebar.

Sebagian dari kita mungkin hanya mengenal Ghost Rider versi Johnny Blaze yang memang paling populer. Namun tahukah kamu kalau sebenarnya ada 5 orang yang pernah menggunakan identitas Ghost Rider dalam komik Marvel? Siapa saja mereka? Simak profil lengkap kelima generasi Ghost Rider di bawah ini:


Carter Slade


5 Generasi Ghost Rider, dari Carter Slade sampai Robbie Reyes
Ghost Rider Carter Slide

Berbeda dengan Ghost Rider yang kita kenal sekarang, Carter Slade hanyalah manusia biasa yang menunggang kuda dengan berbagai trik yang membuatnya terlihat seperti roh. Selain memakai jubah yang dilapisi phosphorencent dust (memberi kesan 'glow in the dark') dan bagian dalam bewarna sangat gelap yang membuat ilusi seakan tubuh maupun muka Carter menghilang, Carter punya beberapa peralatan trik lainnya. Mulai dari lantern projector yang bisa menampilkan semacam hologram mirip roh halus sampai tali bernama lariat of the night, tali ini di cat hitam sehingga tidak terlihat di malam hari.


Baca juga: Semua tentang Superhero DC



Carter Slade beraksi melawan kejahatan menggunakan nama Ghost Rider, walau terkadang orang-orang memanggilnya sebagai Night Rider maupun Phantom Rider. Lebih dari 1 dekade Carter Slade menjadi superhero di daerah barat dengan Bison Bend sebagai base operations.

Carter Slade muncul pertamakali dalam komik Ghost Rider #1 tahun 1967.


Johnny Blaze


Ghost Rider Johnny Blaze

Johnny Blaze adalah seorang stunt sirkus motor terkenal. Suatu ketika, Johnny memanggil iblis Mephisto dan menjual jiwanya demi menjaga ayahnya yang sedang diserang kanker agar tetap hidup. Walau pada akhirnya sang ayah tetap meninggal karena kecelakaan.

Ketika Mephisto datang untuk mengambil jiwanya, entah bagaimana, Johnny diselamatkan oleh kekuatan emosi kekasihnya, Roxanne. Sebagai balasan, Mephisto menyatukan Johnny dengan iblis Zarathos. Setelah itu Johnny menjadi tengkorak dengan api membara di kepalanya. Semenjak Zarathos menjadi bagian dari dirinya, Johnny Blaze pun menjadi iblis bernama Ghost Rider ketika ada aura kejahatan dan akan menghancurkannya.

Ghost Rider memiliki kemampuan untuk mengendalikan api neraka, menyalurkannya ke tangan, mata, mulut, atau senjata apapun yang dia pegang. Ghost Rider juga memiliki kemampuan untuk menciptakan rantai yang bisa terus memanjang sampai batas yang tidak diketahui. Kemampuannya yang paling kuat adalah Penance Stare, kemampuan ini bisa memaksa siapapun yang tertangkap di dalamnya untuk merasakan semua rasa sakit dan penderitaan yang mereka berikan ke orang lain selama seumur hidup dalam beberapa detik saja.

Johnny Blaze memulai debutnya dalam komik Marvel Spotlight #5 tahun 1972.


Danny Ketch


macam-macam ghost rider marvel
Ghost Rider Danny Ketch

Danny Ketch awalnya berlari dari kejaran sekelompok orang jahat dan menemukan sebuah medali misterius yang mengubah dirinya menjadi Ghost Rider. Tanpa iblis yang mendiami tubuhnya, banyak yang bertanya-tanya bagaimana Ketch bisa menjadi Ghost Rider, tapi hal ini kemudian dijelaskan ketika Ketch dan Johnny Blaze menemukan fakta bahwa mereka sebenarnya adalah kakak-adik beda ayah. Ghost Rider versi Danny Ketch ini sedikit unik karena terkadang memancarkan api berwarna biru.


Alejandra Jones


macam ghost rider dari generasi ke generasi
Ghost Rider Alejandra Jones

Asal-usul Ghost Rider versi Alejandra Jones mungkin yang paling menarik dari Ghost Rider lainnya. Seorang wanita muda yang lahir dan dibesarkan di antara sekelompok calon potensial yang dilatih untuk menjadi inang bagi Ghost Rider oleh Adam, sang manusia pertama. Adam, sang pencipta dan pelaku dosa pertama memutuskan untuk menghapuskan semua dosa dari manusia di muka bumi, ia berhasil meyakinkan Johnny Blaze untuk menyerahkan kutukannya ke Alejandra.


Baca juga: Rekomendasi Anime Fantasy Terbaik dan Terkeren



Masa-masa Jones sebagai Ghost Rider menunjukkan bahwa dia memiliki kemampuan yang unik dari yang lain karena dia bisa membuat motornya sendiri secara utuh dari api neraka dengan kekuatannya. Selain itu, ia juga menggunakan sabit/parang selain dari hell-chain, sebagai senjatanya.


Robbie Reyes


jenis Generasi Ghost Rider, dari Carter Slade sampai Robbie Reyes
Ghost Rider Robbie Reyes

Roberto ‘Robbie’ Reyes adalah generasi terbaru dari Ghost Rider. Robbie tidaklah dirasuki atau terikat dengan Zarathos bahkan tidak ada hubungan darah dengan Johnny Blaze.

Semua bermula ketika Robbie Reyes ditembak mati oleh anggota geng dan tubuhnya terikat dengan jiwa Eli Morrow, pembunuh berantai dan pemuja setan yang ternyata merupakan pamannya sendiri. Hal itu mengubahnya menjadi Ghost Rider baru. Berbeda dengan para Ghost Rider sebelumnya, Robbie mengendarai mobil bukannya sepeda motor. Lebih banyak tentang Ghost Rider versi Robbie Reyes bisa kamu baca di komik All New All Different Ghost Rider.


Demikian profil singkat dari 5generasi Ghost Rider dalam komik Marvel. Klik Next untuk mengetahui 4 generasi The Flash dalam komik DC.


Previous Post
Next Post

post written by: