Senin, 01 Mei 2017

Mengenal Phantom Zone, Penjara Interdimensi dari DC Comics


Selowae.Net – Marvel Comics mempunyai Negative Zone, dimensi lain yang dijadikan penjara oleh Reed Richards dari Fantastic Four pada saat event Civil War. Tapi, para penghuni dunia DC telah lebih dulu mengenal tentang adanya penjara interdimensi yang dikenal dengan nama Phantom Zone.

Phantom Zone dibangun oleh Jor-El dengan maksud memberikan sistem lembaga pemasyarakatan yang lebih manusiawi dibandingkan sistem hukuman Krypton yang lama. Dulu sebelum dimensi ini ditemukan, semua orang Krypton yang melakukan kejahatan berat akan dibuang ke luar angkasa sambil ditanam implant yang akan mencuci otak mereka untuk berbuat baik setelah masa hukuman mereka selesai.

Mengenal Phantom Zone, Penjara Interdimensi dari DC Comics

Lebih banyak tentang Phantom Zone dapat kamu ketahui melalui pembahasan di bawah ini!


Phantom Zone Portal


Phantom Zone Portal berupa mesin besar dengan sebuah layar untuk memantau segala sudut dalam dimensi hampa tempat para penjahat dunia DC yang berbahaya dipenjara, Phantom Zone. Tersimpan dengan rapi dan terjaga dengan baik di dalam Fortress of Solitude. Dengan alat ini Superman memastikan bahwa tidak akan ada yang bisa masuk atau keluar dari Phantom Zone tanpa sepengetahuannya.


Mon-El di Phantom Zone


Lar-Gand alias Mon-El adalah satu-satunya penghuni Phantom Zone yang ada di sana atas kehendaknya. Dulu saat ia mendarat di Bumi dan bertemu dengan Clark Kent muda, tanpa sengaja ia terekspos oleh timah. Oleh karena orang planet Daxam sangat rentan dengan timah, Mon-El dipastikan akan mati. Untuk memperlambat efek keracunan ini, Clark membuang Mon-El ke Phantom Zone dengan berat hati sambil berjanji untuk mencari penyembuhnya. Baru pada abad 31 ditemukan penyembuh racunnya oleh Brainiac 5, anggota Legion of Superheroes.


The Phantoms, Penduduk Phantom Zone


Teori Jor-El yang mengatakan bahwa Phantom Zone yang ditemukannya adalah sebuah dimensi hampa dan kosong ternyata salah. Dalam komik Supergirl #16 terungkap bahwa Phantom Zone ternyata ada penghuninya. Mereka berwujud seperti hantu, tidak bisa terlihat oleh manusia lain.

Zor-El, adik Jor-El, adalah satu-satunya orang yang mengetahui fakta ini. Ia bahkan menduga para hantu tersebut kesal karena dunia mereka dicemari oleh aura kejahatan yang dibawa oleh para penjahat.


Phantom Zone Projector


Mengenal Phantom Zone, Penjara Interdimensi dari DC Comics

Proyektor yang berbentuk seperti cermin ini adalah salah satu alat untuk keluar masuk ke dalam Phantom Zone. Dahulu, alat proyektor yang digunakan oleh Dewan Kryptonian yang akan membuang para tahanan ke Phantom Zone. Sekarang benda yang berdiam di Fortress of Solitude ini digunakan oleh Superman untuk akses keluar masuk ke dalam kota Kandor.


The Zoners


Phantom Zone dikenal sebagai penjara yang mengerikan karena itu para penghuninya pun adalah penjahat-penjahat yang tidak mungkin dikurung dalam penjara biasa, bahkan mungkin oleh penjara Oa sekalipun. Di antara para penghuninya, ada tiga orang yang dikenal paling berbahaya, yaitu General Zod, Ursa dan Non. Trio ini berkali-kali merepotkan Superman.

Mereka bertiga dihukum karena melakukan pemberontakan terhadap dewan Krypton, padahal mereka ingin membantu Jor-El menyelamatkan Krypton yang akan kiamat. Tapi dewan keadilan menuding tindakan mereka adalah makar. Bahkan dengan kejamnya mereka melobotomi Non, yang dulunya mentor Jor-El, hingga menjadi bisu dan bodoh seperti sekarang.


The Phantom Arrow


Superman pernah mendesain sebuah anak panah yang mata panahnya merupakan portal yang akan menjebak dan mengirimkan makhluk apapun yang terperangkap olehnya ke Phantom Zone. Dalam salah satu kunjungan Teen Titans ke Fortress of Solitude, Roy Harper alias Speedy diam-diam mengambil anak panah tersebut. Panah ini akhirnya digunakan Mia Dearden saat menghadapi Superboy-Prime pada saat Teen Titans bertempur dengannya.


Metropia, The Phantom Paradise


Superman pernah membuat sebuah dunia yang seindah surga yang disebut Metropia. Tempat di mana manusia Bumi akan tinggal jika sewaktu-wakt planet ini mengalami nasib serupa dengan Krypton. Dengan teknologi Krypton ia menciptakan Metropia dari bagian Phantom Zone dengan harapan membuktikan bahwa ia bisa mengubah dunia kelam itu.


Demikian beberapa hal tentang Phantom Zone dalam komik DC. Klik Next untuk membaca Daftar Kekuatan Anggota Justice League.



Previous Post
Next Post

post written by: