Minggu, 17 Desember 2017

Asal-Usul dan Kekuatan Batman, The Dark Knight dari DC Comics

Siapa sebenarnya Batman? Simak asal-usul dan kekuatan Batman melalui artikel di bawah ini!


Selowae.Net – Bayangkan Gotham City di waktu malam, jalan-jalan mulai sepi. Para kriminal mulai beraksi. Saat sebagian besar penduduk kota itu terlelap, ada seorang penduduk kota yang selalu terjaga. Dia adalah Batman.

Inilah pembahasan asal-usul dan kekuatan Batman, salah satu superhero paling top dari DC Comics!


Asal-Usul Batman (Bruce Wayne)


Nama dan ketenaran Batman mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Perjalanan sang Dark Knight dimulai lewat enam halaman cerita Detective Comics #27 yang terbit tahun 1939. Tokoh yang diciptakan oleh Bob Kane ini kemudian mendapatkan judulnya sendiri di musim semi 1940, dengan dirilisnya Batman #01 oleh DC Comics.
Asal-Usul dan Kekuatan Batman, The Dark Knight dari DC Comics
Asal-Usul Batman

Batman adalah identitas lain yang digunakan oleh seorang milyader bernama Bruce Wayne. Bruce Wayne memutuskan untuk memberantas kejahatan di kota Gotham, setelah kedua orang tuanya terbunuh ketika ia kecil. Sejak saat itu, ia menggunakan semua waktu dan sumber daya yang ia miliki untuk melatih berbagai keahlian yang ia perlukan.

Bruce Wayne memutuskan untuk mengenakan kostum kelelawar setelah mendapatkan pertanda. Seekor kelelawar menerobos masuk jendela di Wayne Manor, tempat tinggalnya. Ternyata tepat di bawah rumahnya itu, ada sebuah gua alami, yang kemudian ia beri nama Batcave. Di markasnya itu, Batman menyimpan berbagai peralatan, kendaraan dan bahkan barang-barang yang ia koleksi selama karirnya sebagai Batman (seperti robot dinosaurus yang sudah rusak atau sebuah koin raksasa).


Baca juga: Shazam (DC), Superhero DC yang Mampu Menandingi Superman



Walau mempunyai reputasi sebagai vigilante yang tidak kenal ampun, Batman menerapkan kebijakan untuk tidak membunuh. Oleh karena itu, semua peralatan yang ia bawa di ikat pinggangnya, Utility Belt, hanya digunakan untuk melumpuhkan gerak para penjahat yang dihadapinya.

Menjaga Gotham City yang dipenuhi berbagai macam penjahat memang tidak mudah. Untungnya Batman tidak berpatroli sendiri, ia hampir selalu ditemani oleh sidekick dan teman-temannya, seperti Robin, Batgirl, dan Oracle. Bahkan Komisaris Gordon yang merupakan kepala kepolisian Gotham City juga sering membantu sekaligus mendapatkan bantuan dari Batman. Selain itu, Bruce Wayne yang sejak kecil menjadi yatim piatu, diasuh oleh Dr. Leslie Thompkins. Leslie Thompkins adalah teman lama keluarga Wayne, yang juga dokter pribadi Bruce. Lalu yang paling penting adalah Alfred Pennyworth, pelayan, mentor sekaligus figur pengganti orang tua bagi Bruce Wayne.


Mantle of the Bat


Setelah membahas asal-usul Batman, kali ini kami akan memperkenalkan sedikit tentang orang-orang yang pernah menggunakan identitas Batman selain Bruce Wayne. Menjadi Batman bukan tugas yang mudah. Dalam Batman: Knightfall, salah seorang musuh Batman, Bane berhasil mengalahkannya. Ia melepas semua tahanan Arkham Asylum, sebuah rumah sakit mental tempat para musuh besar Batman ditahan. Situasi berubah menjadi mimpi buruk. Semua penjahat yang namanya sudah dikenal dan ditakuti oleh Gotham lepas dan mengamuk. Batman yang terluka parah setelah melawan musuh-musuhnya, didatangi oleh Bane di Wayne Manor. Bane pun mematahkan punggung Batman agar ia tidak bisa beraksi lagi.

Benar saja. Setelahnya kostum Batman dikenakan oleh Jean Paul Valley, seorang mahasiswa di Gotham dan seorang pembunuh dari ordo rahasia St. Dumas (Batman bertemu dengannya dalam cerita Batman: Sword of Azrael). Bruce Wayne mengambil kembali jubah Batman karena Valley membiarkan tewasnya salah seorang musuh Batman, Abbatoir. Setelah Valley, Dick Grayson (Robin, Nightwing) sempat mengsi kostum berlambang kelelawar tu.

Baca juga:


Selain kedua orang itu, dalam serial Batman Beyond yang bersetting di masa depan, Terry McGinnis mengenakan kostum Batman sebagai Batman Beyond. Ia mendapatkan kehormatan itu setelah menggantikan Bruce Wayne yang sudah terlalu tua untuk menjadi Batman.

Tim Drake (Red Robin) juga menjadi Batman di masa depan. Ia menyandang pistol yang membunuh orang tua Bruce Wayne. Hal itu bisa diketahui karena Teen Titans terlempar ke masa depan dalam alur cerita Titans Tomorrow.

Dalam salah satu cerita bersetting masa depan, Damian Wayne (anak Bruce) juga ditampilkan menggunakan kostum Batman setelah dalam masa itu Batman diceritakan tewas. Bahkan, Superman juga pernah menggantikan posisi Bruce sebagai Batman walau hanya sebentar saja. Lebih banyak tentang Batman selain Bruce Wayne akan kami bahas di lain kesempatan.


Kekuatan Batman


sejarah batman awal mula batman kekuatan batman

Batman tidak memiliki kekuatan super seperti anggota Justice League lainnya. Meski begitu, kemampuan dan kekuatannya tidak perlu diragukan lagi.

Batman memiliki kecerdasan di atas rata-rata, fisik di atas manusia normal, menguasai berbagai teknik bela diri, menguasai ilmu penyelidikan detektif dan mengetahui cara berpikir para pelaku kriminal.

Batman juga dikenal sebagai orang yang hati-hati dan selalu punya rencana untuk setiap situasi. Kemampuan “detektif” dan beladiri yang luar biasa ini masih didukung oleh alat-alat canggih seperti Bat-MobileBatarangBat-Armor dan banyak lagi lainnya.


Demikian pembahasan singkat tentang asal-usul dan kekuatan Batman, sang ksatria malam dari DC Comics. Tunggu pembahasan seputar musuh-musuh Batman dan anggota Bat-familiy di artikel kami selanjutnya.


Next > Armor Batman

Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: