Kamis, 07 Desember 2017

Asal-Usul dan Kekuatan Catwoman (Selina Kyle), Kucing Pencuri dari DC Comics

Siapa sebenarnya Catwoman? Simak asal-usul dan kekuatan Catwoman melalui pembahasan di bawah ini!


Selowae.Net – Nama Catwoman pertama kali muncul dalam komik Batman #1 yang terbit tahun 1940. Tapi pada saat itu ia menggunakan nama The Cat dan belum memakai kostum. Baru pada Batman #10, ia menggunakan identitas Catwoman.

Asal-Usul dan Kekuatan Catwoman (Selina Kyle), Kucing Pencuri dari DC Comics

Selina Kyle alias Catwoman, pada awalnya digambarkan sebagai seorang pencuri yang menyukai hal-hal mewah. Tapi akhirnya diketahui bahwa ia merupakan mantan istri seorang pria bengis yang kerap menyiksanya. Saat akhirnya Selina memutuskan untuk melarikan diri, ia juga membawa serta perhiasan miliknya yang dicurinya dari sebuah lemari besar milik suaminya.

Pengalaman ini membuat Selina menyadari bahwa dirinya memiliki bakat dalam bidang mencuri. Selina pun memulai karir kriminalnya sebagai pencuri dengan nama The Cat. Namun latar belakang ini baru diketahui beberapa tahun kemudian, karena pada awalnya ia mengaku sebagai seorang pramugari yang melakukan kejahatan akibat benturan di kepalanya, saat pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan.

Dalam era Pra-Crisis, Catwoman Golden Age diceritakan tinggal di Earth-Two, di mana tinggal para Superhero DC era Golden Age lainnya. Di sana, Catwoman telah berhenti menjadi pencuri dan kini menjadi istri Bruce Wayne alias Batman. Mereka bahkan memiliki seorang putri bernama Helena Wayne, yang saat dewasa menjadi superhero bernama Huntress.

Catwoman versi Pasca-Crisis muncul pertama kali dalam komik Batman: Year One karya Frank Miller dan David Mazzucchelli. Dalam cerita itu Selina Kyle adalah seorang PSK yang menyukai kucing dan memutuskan menjadi pencuri berkostum setelah menyaksikan Batman beraksi. Akibat banyaknya keberatan dengan latar belakang baru ini, DC memutuskan Selina sebenarnya adalah pencuri yang tengah menyamar untuk menipu pria hidung belang.

Di saat ini pula diperkenalkan tokoh Holly Robinson (Catwoman generasi kedua) yang profil lengkapnya dapat kamu baca di Mengenal Catwoman versi Holly Robinson.


Asal-Usul Catwoman


siapa catwoman adalah istri batman dc

Masa kecil Selina tidak bisa dibilang indah. Ibunya, Maria Kyle adalah seorang wanita yang sering menjadi korban kebengisan suaminya. Tidak tahan akan hal tersebut, Maria Kyle kemudian bunuh diri. Ayahnya, Bryan Kyle juga tidak bernasib baik karena ia meninggal akibat kecanduan alkohol.

Selina lalu dikirim ke sebuah panti asuhan setelah ia ketahuan mencuri makanan saat bertahan hidup di jalanan. Oleh karena sikapnya yang selalu menyendiri dan tidak memperdulikan orang lain, para pengawas di tempat tersebut menganggapnya sebagai seorang pembuat masalah. Akibatnya, Selina sering menerima hukuman kurung dalam kamar isolasi.




Tapi ternyata Selina menyimpan rahasia kecil karena tanpa diketahui seorang pun, ia sering menyelinap keluar dari ruang isolasi dan menjelajahi atap bangunan tempat tinggalnya. Hal tersebut dapat dilakukannya berkat bakat atletik dan kemampuan akrobat yang dimilikinya sejak lahir.

Pada saat berumur 13 tahun, Selina mendapat kesempatan untuk keluar dari tempat ini saat ia mendengar percakapan telpon sang sipir kepala. Dari percakapan itu diketahui bahwa sang sipir telah menggelapkan sejumlah anggaran untuk kepentingannya sendiri. Selina kemudian menggunakan informasi tersebut untuk memperoleh kebebasan, sayangnya sang sipir yang merasa terancam malah mencoba membunuhnya.

Persis seperti kucing yang sering disebut memiliki sembilan nyawa, ia berhasil meloloskan diri dan bahkan mendapat bukti korupsi yang dilakukan pihak pengelola. Hal itu menjamin bahwa sang sipir tidak akan memberitahu tentang pelariannya.

Selina Kyle kemudian kembali berjuang hidup di jalanan. Kali ini ia berada di bawah asuhan Mama Fortuna, seorang wanita yang memanfaatkan anak jalanan untuk mencuri baginya. Di sinilah Selina mulai belajar menjadi pencuri profesional. Namun perlakuan Fortuna yang brutal membuatnya memutuskan untuk melarikan diri.

Beberapa tahun kemudian, Selina yang telah berusia 17 tahun memutuskan untuk menjadikan wilayah East End di Gotham, daerah yang terkenal sebagai daerah rawan kejahatan, sebagai tempat beroperasinya. Di sana ia bertemu dengan Holly Robinson, seorang WTS cilik yang kemudian menjadi adik asuhnya.

Di saat inilah ia pertama kali melihat Bruce Wayne beraksi, meski pada saat itu ia belum mengenakan kostum Batman. Di saat ini, Selina sudah mulai menjadi seorang pencuri yang mengambil harta kalangan elit Gotham yang korup dan menggunakannya untuk keperluannya sendiri, meski kadang-kadang ia memakainya untuk kepentingan warga East End.


Artikel terkait:



Tidak lama kemudian ia melihat Batman beraksi dan langsung memutuskan untuk melakukan hal serupa. Supaya dapat melindungi dirinya saat beraksi, Selina memutuskan untuk menjadi murid Armless Master, seorang tokoh beladiri yang disegani di dunia DC. Ia juga menjadi anak didik dari anggota JSA, Wildcat.

Selina kemudian mulai mengalami perubahan. Awalnya ia hanya seorang pencuri yang memiliki tujuan egois. Tapi lama kelamaan, Catwoman mulai memiliki sifat seperti seorang superhero. Terkadang, ia bekerjasama dengan Batman untuk memberantas kejahatan dan bahkan Catwoman pernah membantu Justice League of America ketika menghadapi Secret Society of Supervillains.


Kekuatan Catwoman (Selina Kyle)


Asal-Usul dan Kekuatan Catwoman (Selina Kyle),

Catwoman merupakan seorang antihero dengan kemampuan atletik yang luar biasa. Ia juga memiliki hubungan khusus dengan kucing yang membuat hewan tersebut mau menerimanya sebagai bagian dari kelompok mereka.

Berkat latihan yang diterima dari Armless Master dan Wildcat, Catwoman menjelma menjadi petarung tangan kosong yang mengandalkan kelincahan dan bukan tenaga untuk mengalahkan lawannya. Ia juga memiliki kemampuan bersembunyi dan bergerak tanpa suara yang digunakannya.


Demikian pembahasan tentang asal-usul dan kekuatan Catwoman generasi pertama, yaitu Selina Kyle. Klik Next untuk membaca daftar aktris Hollywood yang pernah memerankan Catwoman di layar lebar.


Next > Aktris Pemeran Catwoman dari Masa ke Masa

Previous Post
Next Post

post written by: