Senin, 04 Desember 2017

Asal-Usul dan Kekuatan Constantine (Hellblazer), Penyihir Cerdas dan Ahli Menipu

Siapa sebenarnya Constantine? Simak asal-usul dan kekuatan Constantine (Hellblazer) melalui artikel di bawah ini!


Selowae.Net John Constantine atau dikenal juga sebagai Hellblazer pertamakali muncul dalam komik The Saga of the Swamp Thing #37 garapan Alan Moore. Karakter yang terinspirasi dari Sting ini awalnya merupakan pemeran pendukung di komik Swamp Thing. Dalam debutnya, John Constantine hanya berperan sebagai semacam penasihat supranatural bagi sang monster rawa tersebut. Selain dalam komik Swamp Thing, Constantine juga muncul dalam seri The Books of Magic dan menjadi karakter pendukung di beberapa komik Vertigo Comics.

Melihat reaksi fans yang cukup antusias dengan karakter Constantine, DC Comics kemudian memberikan serial sendiri untuk penyihir satu ini. Terbitlah seri komik berjudul Hellblazer di mana Constantine adalah karakter utamanya.

Ketahui lebih banyak tentang John Constantine alias Hellblazer melalui pembahasan berikut ini!


Tentang John Constantine (DC)


Asal-Usul dan Kekuatan Constantine (Hellblazer), Karakter DC Berkekuatan Supranatural
Asal-Usul dan Kekuatan Constantine (Hellblazer)

Tidak banyak yang diketahui mengenai masa kecil Hellblazer. Ibunya meninggal saat melahirkan John Constantine sehingga ayahnya berubah menjadi emosional dan selalu menyalahkan John kecil.

Saat kondisi ayahnya semakin parah akibat kecanduan minuman keras dan tindakan kriminal hingga akhirnya dipenjara, John kecil lalu tinggal bersama kakak perempuannya Cheryl di rumah bibi mereka. Beranjak dewasa, Constantine kemudian tinggal secara tetap dan mandiri di London.

Constantine diketahui sempat memakai beraneka macam pakaian, namun ia paling sering diperlihatkan memakai jas panjang (trenchcoat) berwarna hijau dan blus putih dengan dasi hitam. Secara keseluruhan, penampilannya terlihat relatif "kusut" dan kurang terawat dengan rambut berwarna pirang yang acak-acakan.

John Constantine dikenal sebagai orang yang tidak terikat pada aturan hidup dan cenderung bersikap ‘semaunya’ sehingga ia melakukan sesuatu tanpa terlalu risau akan penampilan dan konsekuensi bagi dirinya.

Constantine adalah seorang perokok berat dan suka keluar masuk klub malam dan berbagai perkumpulan supranatural, termasuk yang dikenal dengan nama "The Trenchcoat Brigade".


Baca juga: Semua tentang The Flash dan Speedster DC



Constantine diperlihatkan memiliki minat terhadap musik rock. Bahkan ia sempat membentuk grup musik sendiri bernama Mucous Membrane.

Karakter satu ini lebih pantas disebut sebagai antihero daripada superhero. Dengan sikap kasar dan anti-sosialnya, Consantine sering tidak ragu untuk melakukan apa saja demi menyelesaikan pekerjaannya.


Kekuatan Constantine (Hellblazer)


Kekuatan Constantine (Hellblazer)

Sebagai salah satu aktivis di dunia sihir, John Constantine memiliki pengetahuan dan naluri sihir yang luar biasa. Constantine bisa memakai sihirnya untuk menghipnotis dan memanipulasi pikiran orang lain sehingga orang yang bersangkutan mengalami halusinasi. Lewat mantra lainnya, ia bisa menghilangkan kenangan buruk seseorang. Constantine juga bisa memanggil makhluk-makhluk gaib seperti golem, mayat korban pembunuhan, sampai iblis dari dimensi lain.

Meski menguasai berbagai ilmu sihir, dalam ceritanya Constantine cukup jarang menggunakan mantra magis. Kecuali kalau dia benar-benar harus melakukannya. Ia lebih banyak mengandalkan pengetahuannya yang luas soal dunia gaib serta kemampuannya dalam mempengaruhi pihak kawan maupun lawan.


Baca juga: 



Selain kekuatan sihirnya, Constantine juga memiliki berbagai kemampuan hebat. Contohnya ia bisa membuat jimat untuk menghilangkan keberadaan seseorang sehingga tidak bisa dilacak oleh makhluk supranatural dari dimensi lain, mengeluarkan roh jahat dari tubuh seseorang dan sebagainya.

Dalam versi filmnya, Constantine juga memiliki kemampuan untuk melihat makhluk hibrid, yaitu campuran antara manusia dengan makhluk supranatural. Ia juga menggunakan beraneka macam peralatan seperti senapan emas berbentuk salib, kotak kumbang untuk mengusir setan, napas naga, hingga kursi untuk berpindah ke dimensi neraka.


Demikian pembahasan asal-usul dan kekuatan Constantine atau Hellblazer dalam komik DC. Klik Next untuk melihat profil anggota Justice League Dark lainnya.


Next > Anggota Justice League Dark

Previous Post
Next Post

post written by: