Minggu, 17 Desember 2017

Asal-Usul dan Kekuatan Spawn, Karakter Nomor Satu dari Image Comics


Siapa itu Spawn? Simak asal-usul dan kekuatan Spawn dalam pembahasan berikut ini!


Selowae.Net – Apa jadinya bila tiba-tiba kamu terbangun dan tidak mengingat apapun tentang masa lalumu? Lalu kamu mendapati bahwa dirimu adalah pemimpin pasukan milik Neraka? Spawn sangat memahami perasaan ini, dan ia tidak menyukainya. Kisahnya dalam menjalani hidup (kembali) cukup menarik untuk dicerimati. Kenali semua hal tentang Spawn dengan membaca artikel berikut ini!


Asal-Usul Spawn (Al Simmons)


Asal-Usul dan Kekuatan Spawn, Karakter Nomor Satu dari Image Comics

Tokoh ciptaan Todd McFarlane ini pertama kali muncul dalam komik Spawn #01 di tahun 1992 yang diterbitkan oleh Image Comics. Spawn menjadi komik independen pertama dengan penjualan terbanyak, yaitu 1.7 juta ekslempar untuk edisi #1 saja. Bisa dibilang Spawn adalah tonggak awal Image Comics, yang didirikan oleh Todd McFarlane bersama enam orang artist populer lainnya.

Komik Spawn sendiri mengisahkan tentang seorang anggota pengawal presiden AS bernama Al Simmons. Namun, sebenanya Al Simmons adalah anggota marinir yang direkrut oleh lembaga intelijen rahasia pemerintah AS, yang melaksanakan tugas seperti pembunuhan dan infiltrasi daerah-daerah yang dicurigai merupakan tempat musuh-musuh pemerintah AS. Karir Al Simmons menanjak dengan cepat setelah ia menyelamatkan presiden dari usaha pembunuhan. Ia pun dianugerahi kenaikan pangkat luar biasa menjadi Letnan Kolonel.

Namun, Simmons merasa semua tugas yang ia lakukan semata-mata demi keuntungan sepihak pemerintahannya saja. Selama ini ia meyakini bahwa pekerjaannya membunuh banyak orang adalah atas nama menegakkan hukum, tapi tiap misi yang dikerjakannya membuat Simmons semakin yakin bahwa pemerintah AS adalah penjahat yang sebenarnya. Kecurigaan Simmons rupanya diperhatikan oleh Jason Wynn. Untuk menghindari pembelotan Simmons, Wynn yang juga atasan dan mentor Simmons memutuskan untuk menghabisi nyawa Simmons. Tugas ini diberikan kepada salah satu teman baiknya, Chapel yang merupakan anggota Youngblodd.


Baca juga: Mengenal Miles Morales, Spider-Man Penerus Peter Parker




Atas dosa-dosanya melakukan banyak pembunuhan, Al Simmons dikirim ke neraka tingkat kedelapan yang dikuasai Malebolge.Tapi ia tidak mau meninggalkan kehidupannya, terutama meninggalkan istrinya, Wanda. Tanpa ragu-ragu, Simmons mengadakan perjanjian dengan Malebolgia, sang penguasa neraka tingkat kedelapan. Kebetulan Malebolgia sedang mengumpulkan banyak pengikut untuk menjadi tentara, dalam perang melawan Surga. Kemampuan berperang Al Simmons menjadikannya figur yang cocok untuk pasukan tersebut. Perjanjian pun dibuat dan Al Simmons bisa hidup kembali, setelah berubah menjadi Hellspawn atau singkatnya Spawn.


Kekuatan Spawn


Asal-Usul dan Kekuatan Spawn, Karakter Nomor Satu dari Image Comics

Spawn belum mengetahui sejauh apa kekuatannya. Ia dapat melakukan apapun yang bisa ia bayangkan. Mulai dari menembakkan energi, teleportasi, sampai menghidupkan kembali orang yang sudah mati. Sayangnya, setiap kali Spawn menggunakan kekuatannya, ia menjadi selangkah lebih dekat untuk mati kembali dan menjadi budak Malebolgia (seperti perjanjian).

Dalam komiknya, bahkan ada semacam meteran yang mengukur sisa kekuatan Spawn. Untungnya Spawn mempunyai mentor yang hebat bernama Cog. Itu adalah kependekan dari Count Alessandro Di Cogliostro. Masa lalu Cog ini sangat misterius. Sebenarnya ia adalah orang pertama yang menjadi Hellspawn, yang sudah tinggal selangkah lagi dari kembali ke neraka. Karena itu, ia memutuskan bertobat dan mencari Hellspawn lainnya untuk melatih mereka menggunakan sihir tanpa menggunakan kekuatan Hellspawn. Cog juga mengajari cara menggunakan kostum yang mereka kenakan, bahkan mengajak tiap Hellspawn yang ia temui untuk bertobat. Sayangnya, belum ada Hellspawn yang mengikuti ajaran Cog.


Baca juga: 



Bicara soal kostum, tidak ada jagoan yang lengkap tanpa kostum yang ia kenakan. Begitu juga dengan Spawn. Semua anak buah Malebolgia mendapat hadiah berupa seragam keren. Sebuah kostum hidup berupa simbiot parasit yang semakin lama digunakan semakin mempengaruhi kepribadian pemakainya. Kostum yang dipakai Al Simmons sendiri bernama K-7 Leetha.

Keunggulan kostum yang digunakan oleh para Hellspawn adalah kemampuan mereka untuk bergerak melindungi pemakainya tanpa disuruh. Selain itu, kostum hidup itu masih memiliki banyak kemampuan lain. Sayangnya kostum yang haus darah itu juga memakan kepribadian si pemakai, dan sekali sudah dipakai tidak akan bisa dilepas lagi atau akibatnya akan fatal.


Sepak Terjang Spawn di Layar Lebar


siapa spawn adalah sejarah kekuatan spawn

Kesuksesan Spawn mendorong Todd McFarlane untuk membuat Spawn dalam bentuk lain, seperti mainan, film dan animasi. Ia membuat tiga perusahaan. Todd McFarlane Productions mengurus pembuatan komik Spawn dan judul-judul lain. Banyak judul spin-off yang digarap berdasarkan Spawn, seperti Angela, Spawn the Undead, The Curse of Spawn, Sam & Twicth, Hellspawn dan sebagainya.

McFarlane Toys bagian membuat berbagai macam action figure dan merchandise tokoh-tokoh dari dunia Spawn. Selain itu, McFarlane Toys juga memproduksi action figure dan mainan yang berhubungan dengan film dan olahraga.


Baca juga: Daftar Film Animasi Justice League dari Masa ke Masa




Terakhir adalah Todd McFarlane Entertainment, perusahaan yang mengurus pembuatan film, serial animasi dan game. Film layar lebar “Spawn The Movie” yang dirilis tahun 1997 cukup sukses meraup 37 juta dollar AS dalam 10 hari. Serial animasi “Todd McFarlane’s Spawn” juga sempat ditayangkan di stasiun televisi HBO selama dua tahun, dari tahun 1997 sampai 1999.

Baru-baru ini, dikabarkan bahwa Spawn akan kembali diangkat ke layar lebar dengan versi lebih fresh. Seperti dikutip dari Comicbook, bahwa film reboot Spawn akan ditulis dan disutradarai oleh Todd McFarlane. Menurut McFarlane, film yang memiliki rating R (dewasa) ini akan tampil berbeda dari versi sebelumnya.


Demikian pembahasan asal-usul dan kekuatan Spawn, karakter paling populer dari Image Comics. Klik Next untuk membaca asal-usul dan kekuatan Galactus.


Next > Asal-Usul dan Kekuatan Galactus

Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: