Selasa, 05 Desember 2017

Asal-Usul Wonder Woman dari Masa ke Masa – Bagian 1

Simak asal-usul Wonder Woman dari masa ke masa melalui artikel di bawah ini!


Asal-Usul Wonder Woman dari Masa ke Masa – Bagian 1

Selowae.Net – Karakter Wonder Woman diciptakan oleh William Moulton Marston, seorang psikolog yang terkenal sebagai pencipta detektor kebohongan. Pada tahun 1941, bersama istrinya Elizabeth Holloway Marston, ia menciptakan tokoh superhero wanita untuk DC Comics bernama Suprema. Baru kemudian diubah menjadi Wonder Woman karena banyak yang mengkritik kalau namanya terlalu mirip dengan Superman.

Dengan menggunakan istrinya sebagai model wanita tahun 40-an yang mandiri dan tegar, ia membuat tokoh yang memiliki kekuatan setara dengan Superman, tetapi memiliki daya tarik seorang wanita cantik.

Salah satu alasan alasan dibuatnya tokoh ini adalah karena Marston, yang pada saat itu merupakan Konsultan Pendidikan bagi DC Comics, menganggap DC terlalu dipenuhi tokoh pria.

Putri Diana dari suku Amazon merupakan gambaran wanita sempurna Marston, dengan sifat pandai, kuat, cantik dan memiliki sifat lembut. Tokoh yang nantinya akan jadi salah satu ikon DC ini pertama kali muncul dalam All Star Comics #8.

Simak asal-usul sang Putri Amazon dari masa ke masa melalui artikel berikut ini!


Asal-Usul Wonder Woman Original


 Asal-Usul Wonder Woman Original marston 1941

Saat itu Wonder Woman merupakan seorang putri Amazon yang jatuh cinta pada Steve Trevor, perwira intelijen yang pesawatnya jatuh di Paradise Island. Untuk dapat menemani Steve ke dunia luar, Diana mengikuti kontes yang diadakan untuk memilih wakil bangsa Amazon yang akan melawan ancaman Nazi.

Walau dilarang oleh ibunya, Ratu Hippolyta, Diana tetap mengikuti kontes tersebut dengan memakai topeng dan menang. Ia pun ikut Steve ke dunia luar dengan identitas sebagai perawat bernama Diana Prince. Mereka kemudian menjadi duo pembasmi kejahatan. Selain itu, Wonder Woman juga merupakan anggota wanita pertama Justice Society of America. Walau pada saat itu ia hanya menjabat sebagai sekretaris kelompok tersebut.

Wonder Woman memilii laso magis dari ikat pinggang magis Aphrodite yang tidak dapat putus, dapat memanjang tanpa batas, serta membuat apapun yang dilingkarinya berkata jujur dan mematuhi perintah pemegang laso ini.

Ia juga punya gelang perak yang terbuat dari bagian perisai Aegis milik Zeus. Walaupun Diana memiliki berbagai hadiah dari dewa, kekuatannya bukanlah pemberian dewa melainkan berasal dari dirinya sendiri dalam bentuk “Amazon Concertation”.


Baca juga: Ares, Musuh Wonder Woman di Film Solo Pertamanya



Pada tahun 1947, setelah kematian Marston, Wonder Woman ditulis oleh Robert Kanigher. Di bawah arahannya, sang putri Amazon memperoleh beberapa peralatan baru, seperti Anting yang memungkinkannya bernapas di luar angkasa, Royal Tiara yang dapat dijadikan bumerang, radio komunikasi di gelangnya, dan bahkan pesawat tembus pandang.


Asal-Usul Wonder Woman 1950-an (Silver Age Wonder Woman)


 Asal-Usul Wonder Woman adalah

Pada pertengahan tahun 50-an, dengan dibuatnya Comics Code Authority asal-usul Wonder Woman mengalami perubahan. Kali ini ia memperoleh kekuatannya dari dewa Romawi dan Yunani. Dengan lahirnya konsep multiverse DC, ditetapkan bahwa Golden Age Wonder Woman (yang berasal dari Paradise Island dan melepaskan kehidupan abadinya untuk menikahi Steve Trevor) tinggal di Earth-Two, sedangkan Silver Age Wonder Woman ada di Earth-One.

Tahun 60-an, penulis Bob Haney yang tidak menyadari bahwa Wonder Girl adalah Wonder Woman saat masih muda, menjadikan Wonder Girl anggota Teen Titans yang pada saat itu merupakan kelompok sidekick superhero DC. Untuk memperbaiki kesalahan ini ditetapkan bahwa Wonder Girl adalah seorang yatim piatu yang diselamatkan oleh Diana. Ia memperoleh kekuatannya akibat efek samping penyembuhan yang dilakukan dengan Purple Ray bangsa Amazon.


Wonder Woman 70-an


kekuatan wonder woman

Pada tahun 70-an, Diana Prince menyerahkan kekuatannya karena ia tidak mau mengikuti bangsa Amazon yang hendak pergi ke dimensi lain. Pada saat ini, Diana yang merupakan pemilik sebuah butik berguru pada seorang ahli beladiri bernama I Ching.

Setelah melalui latihan berat, Diana menjadi seorang mata-mata. Saat ini sifatnya sudah sangat berbeda. Ia tidak ragu-ragu mencelakai para penjahat untuk melindungi dirinya. Selain itu, untuk memungkinkan perubahan serial ini dari cerita superhero menjadi cerita spionase, Diana memakai kostum putih da beberapa tokoh dihilangkan. Termasuk di antaranya Steve Trevor yang tewas terbunug. Era ini merupakan saat paling kontroversial dalam sejarah Wonder Woman.

Pada tahun 1973, Wonder Woman kembali mengenakan kostumnya, untuk dapat diterima kembali sebagai anggota JLA (yang ia tinggalkan setelah kehilangan kekuatannya). Setelah menyelesaikan 12 tes dari Justice League, Diana diterima kembali sebagai anggota.

Pada masa ini pula, Steve Trevor dihidupkan kembali oleh Aphrodite (tapi tidak untuk waktu lama) sebagai Steve Howard. Ia diceritakan bekerja bersama Diana untuk PBB. Latar cerita Wonder Woman juga diubah ke tahun 70-an, untuk mengikuti kepopuleran serial TV-nya yang dibintangi Linda Carter.


Wonder Woman 80-an


Asal-Usul Wonder Woman dari Masa ke Masa – Bagian 1

Pada tahun 80-an, terjadi perombakan kecil atas tokoh Wonder Woman, dalam cerita yang ditulis oleh Gerry Conway. Diana yang kehilangan ingatan bertemu kembali dengan Steve Trevor dari dimensi lain, yang juga tiba di Paradise Island. Mereka berdua meninggalkan pulau tersebut untuk bergabung dengan dinas intelijen militer.

Pada tahun 1982 Wonder Woman mendapatkan tambahan baru di kostumnya, yaitu lambang W yang menggantikan simbol elang di dadanya.




Dalam Crisis on Infinite Earths tahun 1986, Wonder Woman Earth-Two beserta seluruh sejarah dari tokoh pendukungnya dihapus dari kontinuitas. Tapi Wonder Woman dan Steve Trevor pindah ke Olympus. Sedangkan Wonder Woman Earth-One, yang dikira para superhero tewas dibunuh Anti-Monitor, ternyata terlempar ke masa lalu dan kembali ke bentuk aslinya yang berupa lilin.


Post-Crisis Wonder Woman


awal mula wonder woman awal mula

Pada tahun 1987, Wonder Woman mendapat asal-usul baru. Kali ini, George Perez memberikan latar belakang mitologi Yunani yang kental dan memunculkan berbagai penjahat baru. Wonder Woman memiliki sifat yang sama seperti yang diinginkan penciptanya: Seorang wanita cantik yang tangguh, pendukung gerakan emansipasi wanita.

Dalam versi ini, Wonder Woman adalah Diana, seorang putri dan duta dari Themyscira (Paradise Island) untuk dunia. Ia memperoleh kecantikan dewi Aphrodite, kebijaksanaan dewi Athena, kekuatan Bumi dewi Demeter dan persahabatan dengan api dari Hestia yang membuatnya kebal terhadap elemen ini. Artemis memberinya insting pemburu dan kemampuan berkomunikasi dengan binatang, dan dari Hermes ia mendapatkan kemampuan terbang dan kecepatan super.


Baca juga: Asal-Usul dan Kekuatan Cheetah, Musuh Bebuyutan Wonder Woman



Wonder Woman versi ini tidak memiliki identitas rahasia, naif dan pada awalnya ia tidak dapat berbahasa Inggris. Tapi ia terlatih sebagai seorang prajurit dan tidak ragu membunuh musuhnya.

Para tokoh pendukungnya juga berubah. Steve Trevor menjadi seorang perwira Angkatan Udara yang jauh lebih tua dari Diana, sehingga tidak ada hubungan romantis di antara keduanya. Musuh besar Wonder Woman saat ini adalah dewa Yunani kuno, Ares dan penyihir bernama Circe. Musuh lainnya yang sering muncul adalah Cheetah, Giganta dan Silver Swan.


Asal-usul Wonder Woman dan sepak terjangnya dalam dunia DC versi tahun 2000-an ke atas akan kami bahas di bagian kedua. Klik Next untuk membaca daftar kekuatan Wonder Woman

Next > Kekuatan Wonder Woman

Previous Post
Next Post

post written by: