Minggu, 17 Desember 2017

Biografi Todd McFarlane, Pencipta Karakter Spawn dan Pendiri Image Comics

Simak biografi singkat Todd McFarlane dalam pembahasan berikut ini!


Selowae.Net – Mendengar nama Todd McFarlane kemungkinan besar akan membuat kalian teringat pada Spawn, atau mungkin membuat kalian langsung melirik ke deretan action figure yang nongkrong di kamar kalian.

Salah satu pendiri Image Comics ini memulai debutnya di dunia komk dengan menjadi penciller cerita back-up komik Coyote yang berjudul “Scorpion Rose”. Ia mengerjakan komik itu sebanyak 11 halaman untuk penerbit Marvel/Epic Comics. Kesempatan itu pun ia dapatkan setelah pontang-panting menyerahkan artwork ke berbagai penerbit di AS dan Kanada, sampai mendapat 700 surat penolakan.

Biografi Todd McFarlane, Pencipta Karakter Spawn dan Pendiri Image Comics
Todd McFarlane

Mantan atlit baseball yang pernah bermain di Little League Baseball ini kemudian mengerjakan beberapa edisi Hulk untuk Marvel, juga beberapa judul dari DC seperti Batman:Year Two. Namun, nama Todd McFarlane baru benar-benar meroket setelah ia mendapat kepercayaan dari Marvel untuk mengerjakan komik Amazing Spider-Man dan Spider-Man. Gayanya yang unik dan khas membuat orang dengan mudah mengenali Spider-Man yang digambar oleh McFarlane. Bahkan Spider-Man #1 laku keras hingga mencapai jumlah penjualan 2,5 juta eksemplar.

Bosan bekerja untuk penerbit besar dan tidak bisa menikmati hasil kerjanya mendorong McFarlane dan enam artist Marvel lainnya (Jim Lee, Rob Liefeld, Jim Valentino, Erik Larsen, Marc Silvestri dan Whilce Portacio) keluar dari Marvel dan mendirikan Image Comics. Terbitan Image Comics yang meledak tentu saja adalah Spawn. Edisi #1 komik Spawn terjual hingga 1,7 eksemplar. Bahkan, dari Spawn kemudian terbit judul-judul spin-off seperti Angela, Curse of the Spawn, Hellspawn dan sebagainya.

Todd McFarlane tidak berhenti di situ saja. Melihat ketertarikan fans pada komiknya, ia memutuskan untuk memperluas usahanya. Salah satu caranya adalah dengan membuat mainan dan lisensi berbagai produk lainnya. McFarlane Toys didirikan pada tahun 1994 dengan lini produk action figure tokoh-tokoh dari komik Spawn. Kini McFarlane Toys mempunyai lini produk yang tidak hanya terbatas pada komik, tapi juga bintang olah raga sepert action figure atlet American Football, dan ikon-ikon musik seperti action figure KISS, Ozzy Osbourne, dan bahkan Elvis Presley.


Baca juga: 8 Cover Komik DC dan Marvel yang Berkesan Bagi Jim Lee



Spawn juga sempat menguasai Hollywod dan menembus Box Office pada tahun 1997. Film Spawn yang dirilis di bawah bendera New Line Cinema, dibintangi oleh Michael Jal White dan Martin Sheen. Tidak hanya di layar lebar, serial animasi Spawn juga tampil di layar kaca dengan judul Todd McFarlane’s Spawn yang ditayangkan dari tahun 1997 sampai 1999.

Tidak puas dengan komik dan film, ia juga merambah dunia musik. Todd McFarlane sempat membuat sequence animasi untuk video klip grup Pearl Jam dan Korn.

Baru-baru ini, terdengar kabar bahwa Spawn akan kembali hadir di layar lebar. Seperti dikutip dari Comicbook, bahwa film reboot Spawn akan ditulis dan disutradarai oleh Todd McFarlane. Menurut McFarlane, film yang memiliki rating R (dewasa) ini akan tampil berbeda dari versi sebelumnya.

Apa yang berbeda?

Di Comic-Con 2017 kemarin, McFarlane menjelaskan bahwa meski judulnya adalah Spawn, namun yang akan menjadi karakter utamanya adalah Twitch. Dia akan berusaha mengejar dan menyelesaikan kasus Spawn yang aksinya dianggap ilegal.

“Ada dua karakter yang penting dalam reboot film Spawn. Yang pertama jelas Spawn sendiri, tapi dia bukan karakter utama. Karakter utamanya kali ini adalah Twitch yang muncul sejak edisi pertama.” Ungkap Todd McFarlane seperti dikutip dari Comicbook.

Jadi, film reboot Spawn akan dibuat berdasarkan sudut pandang dari Twitch. Cukup menarik dan memberikan hal baru karena (sepertinya) sampai sekarang belum ada yang melakukannya di film superhero.


Demikian sedikit biografi McFarlane, salah satu pendiri Image Comics dan pencipta superhero Spawn. Klik Next untuk membaca biografi Gail Simone.


Next > Biografi Gail Simone

Previous Post
Next Post

post written by: