Kamis, 14 Desember 2017

Dark Nights: Metal, Pengenalan Dark Multiverse dan Kemunculan 7 Batman Jahat

Apa itu Dark Nights: Metal? Simak pembahasan singkat tentang Dark Nights: Metal di bawah ini!


Apa itu Dark Nights: Metal?

Selowae.Net – Dark Nights: Metal adalah sebuah miniseri terbaru dari DC Comics yang terbit mulai bulan Juni 2017 lalu. Komik yang digarap oleh Scott Snyder (cerita) dan Greg Capullo (ilustrasi) ini memiliki cakupan cerita yang lebih luas dan berkaitan dengan cerita canon (utama).

Dark Nights: Metal sendiri sejauh ini mendapat respon sangat baik dari berbagai pihak, dengan rata-rata penilaian di atas 8/10. Mulai dari cerita prelude, main story sampai tie-in benar-benar patut diacungi jempol. Cukup membuat kami berharap semoga film-film DCEU selanjutnya juga bisa sekeren ini.

Seperti yang sudah kita tahu, Dark Nights: Metal ini mengisahkan tentang keberadaan Dark Multiverse di dunia DC. Jika selama ini kita mengenal 52 Bumi dalam multiverse DC, kini ada tambahan lagi dari dark multiverse yang luasnya setara dengan total 52 Bumi yang sudah ada. So, hal ini tentu menjamin kalau cerita komik DC akan jauh lebih luas lagi kedepannya.

Kisah Dark Nights: Metal bermula dari investigasi Batman yang menyelidiki keberadaan Dark Multiverse dan kaitannya dengan Nth Metal. Pada prosesnya, aksi Batman ini justru mengakibatkan terciptanya tujuh versi jahat dari dirinya yang berasal dari dark multiverse. Ketujuh Batman jahat tersebut menamakan diri mereka Dark Knights, yaitu adalah Batman Who Laughs, The Red Death, The Drowned, The Dawnbreaker, The Murder Machine, The Merciless, dan The Devastator. Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan yang berbeda dan mengacu pada rekan superhero Batman lainnya.

Berikut beberapa komik yang masuk dalam mini seri Dark Nights: Metal!


Prelude:


Prelude komik Dark Nights: Metal ini berdasarkan cerita Dark Days: The Forge & The Casting. Dikisahkan Ganthet, salah satu Guardian, memerintahkan Hal Jordan (Green Lantern) untuk memeriksa adanya sesuatu yang gelap yang berasal dari Batcave. Sesampainya di Batcave, Hal Jordan dan Duke Thomas malah menemukan keberadaan Joker yang diam-diam dikurung oleh Batman. Joker yang berhasil lolos memberitahu Duke bahwa dirinya adalah seorang metahuman. Joker kemudian menghancurkan sebuah mesin di Batcave dan menghilang begitu saja. Berkat kemampuan Duke yang baru dan cincin Green Lantern, mesin tersebut dapat dirakit kembali.

Di waktu yang sama, Batman sedang melakukan investigasi terkait keberadaan energi gelap yang sudah lama ia rasakan. Penyelidikannya itu membawanya kembali ke Batcave, di mana Batman menggunakan mesin tadi untuk mencoba melihat masa depan dan mencari tahu tentang energi gelap. Sayangnya, yang ia lihat hanyalah kegelapan.

Scene berpindah ke tempat lain, ribuan mil di dalam perut Bumi, terlihat sekelompok orang misterius yang mengatakan bahwa tindakan Batman barusan telah membuka segel Dark Multiverse. Dark Knights akan segera datang.


Baca juga: Kisah Kematian The Flash dan Supergirl dalam Komik Crisis on Infinite Earths



Cerita Utama Dark Nights: Metal


cerita Dark Nights: Metal, Pengenalan Dark Multiverse dan Kemunculan 7 Batman Jahat

Cerita utama dalam event Dark Nights: Metal ini terdiri dari 6 edisi. Namun di sini kami tidak akan menjelaskan semuanya, hanya sebagai pengantar saja. Narasi cerita berdasarkan jurnal dari Carter Hall yang sudah lama menyelidiki tentang Nth Metal. Terlihat Kendra Saunders menemui Justice League dan memberitahu mereka tentang keberadaan Dark Multiverse dan Barbatros. Hasil investigasinya menunjukkan bahwa Barbatos memiliki keterkaitan dengan keluarga Wayne. Batman ternyata sudah diramalkan akan menjadi portal bagi Dark Multiverse apabila ia terkena paparan 5 metal sekaligus. Diketahui juga bahwa ternyata Barbatos telah menandai Batman semenjak ia tewas di akhir Final Crisis karena Omega beam milik Darkseid (yang kemudian dikisahkan kalau ternyata Batman terkirim ke masa lalu).


Baca juga: Mengenal The Presence dan The One-Above-All, Karakter Terkuat dari DC dan Marvel



Mengetahui hal ini, Batman malah justru mencuri sampel Nth Metal milik kendra yang merupakan salah satu metal istimewa di dunia DC. Batman pun memeriksanya di Batcave dan bermodal jurnal Carter Hall, ia mengonfirmasi segala sesuatu yang selama ini sudah diketahuinya tentang dark multiverse. Apa yang terjadi selanjutnya? Bisa kamu baca sendiri dalam komik Dark Nights# Metal #01.


Komik Tie-In Dark Nights: Metal


Apa itu komik Tie-In? Secara sederhana tie-in adalah cerita pendukung, di mana kita tidak wajib untuk membaca komiknya untuk bisa mengetahui alur cerita utama. Tie-in ada yang berupa one-shot maupun cerita cross-over. Dalam Dark Nights: Metal , komik-komik tie-in nya berupa one-shot. Apa saja kira-kira? Berikut ini di antaranya!


Dark Nights: Metal, Pengenalan Dark Multiverse dan Kemunculan 7 Batman Jahat

Batman: The Red Death


Story: Joshua Williamson
Art: Carmine Di Giandomenico
Color: Ivan Plascencia
Letter: Tom Napolitano
Judul Edisi: Ride The Lightning
Tanggal Rilis: 20 September 2017


Batman: The Murder Machine


Story: Frank Tieri, James Tynion IV
Art: Ricardo Federici
Color: Rain Beredo
Letter: Tom Napolitano
Judul Edisi: Heavy Metal
Tanggal Rilis: 27 September 2017


Batman: The Dawnbreaker


Story: Sam Humpheries
Art: Ethan Van Sciver
Color: Jason Wright
Letter: Tom Napolitano
Judul Edisi: Fear Of The Dark
Tanggal Rilis: 4 Oktober 2017


Batman: The Drowned


Story: Dan Abnett
Art: Philip Tan, Tyler Kirkham
Color: Dean White, Arif Prianto
Letter: Tom Napolitano
Judul Edisi: The Rise of The Ancient Mariner
Tanggal Rilis: 18 Oktober 2017


baca komik Dark Nights: Metal, Pengenalan Dark Multiverse dan Kemunculan 7 Batman Jahat

Batman: The Merciless


Story: Peter J. Tomasi
Art: Francis Manapul
Letter: Tom Napolitano
Judul Edisi: Wrath Child
Tanggal Rilis: 25 Oktober 2017


Batman: The Devastator


Story: Frank Tieri, James Tynion IV
Art: Tony S. Daniel (Pencils) / Danny Miki (Inks)
Color: Tomeu Morey
Letter: Tom Napolitano
Judul Edisi: Symphony of Destruction
Tanggal Rilis: 1 November 2017


Batman: Lost


Story: Scott Snyder, James Tynion IV, Joshua Williamson
Art: Doug Mahnke, Yanick Paquette, Jorge Jimenez (Pencils) / Jaime Mendoza, Paquette, Jimenez (Inks)
Color: Wil Quintana, Nathan Fairbairn, Alejandro Sanchez
Letter: Tom Napolitano
Tanggal Rilis: 8 November 2017


The Batman Who Laughs


Story: James Tynion IV
Art: Reilly Rossmo
Color: Ivan Plascencia
Letter: Tom Napolitano
Tanggal Rilis: 15 November 2017


Demikian penjelasan singkat mengenai komik Dark Nights Metal, mini seri terbaru DC yang menggebrak tahun 2017. Klik Next untuk Mengenal The Read Death, ketika Batman mengunakan kekuatan Speed Force.

Next > The Red Death

Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: