Sabtu, 16 Desember 2017

Mengenal Para Superhero Amalgam Comics, Gabungan Tokoh DC dan Marvel


Inilah profil singkat para superhero gabungan DC dan Marvel yang muncul dalam Amalgam Comics!


Selowae.Net – Pada pertengahan tahun 90-an, industri komik Amerika mulai berkembang dengan lahirnya banyak penerbit baru yang mulai menyaingi penerbit besar seperti DC dan Marvel. Seiring dengan itu, animo penggemar komik juga mulai berubah mengarah ke tokoh-tokoh baru yang ditampilkan oleh para ‘pemain baru’ itu. Kabarnya, untuk mengatasi kemungkinan pindahnya para penggemar, DC dan Marvel Comics memutuskan mereka harus melakukan tindakan untuk menjaga fanbase mereka (sekaligus menarik pembaca baru).

Di akhir tahun 1995, DC Comics dan Marvel Comics bertemu untuk menggabungkan kekuatan mereka. Dimulai dengan proyek DC vs Marvel, di mana kedua raksasa komik Amerika itu melanjutkannya dengan lini produk Amalgam, yang berisi gabungan para superhero dari kedua dunia yang berbeda tersebut.

Rencananya sederhana, masing-masing penerbit mengeluarkan 12 komik dengan karakter baru yang merupakan gabungan dari superhero DC dan Marvel. Beberapa tokoh yang ikut bertarung di DC vs Marvel juga tampil dalam proyek ambisius ini. Misalnya, Spider-Man digabungkan dengan Superboy menjadi Spider-Boy, Electra dengan Catwoman menjadi Catsai, dan ada tokoh Amazon yang merupakan gabungan Storm dan Wonder Woman. Tokoh-tokoh lain yang tidak bertemu di DC vs Marvel juga digabungkan. Seperti Captain America dan Superman yang bergabung menjadi Super Soldier, Batman dan Wolverine yang bergabung menjadi Dark Claw dan sebagainya.

Berikut merupakan beberapa superhero gabungan DC dan Marvel yang eksis di dunia Amalgam. Simak profil singkatnya setelah tanda titik dua berikut:


Super Soldier (Clark Kent)


super soldier amalgam comics

Siapa itu Super Soldier?

Clark Kent adalah hasil eksperimen serum Super Soldier yang digabungkan dengan DNA makhluk asing yang ditemukan pemerintah AS sebelum Perang Dunia II. Clark pun menjadi tentara berkekuatan super. Setelah melawan Ultra Metallo, pemerintah AS membekukan tubuh Super Soldier. Tapi kemudian ia dibangunkan kembali oleh Justice League Avengers.

Super Soldier merupakan versi gabungan dari Superman (DC) dan Captain America (Marvel).


The Dark Claw (Logan Wayne)


Mengenal Para Superhero Amalgam Comics, Gabungan Tokoh DC dan Marvel

Siapa itu Dark Claw?

Logan Wayne menjadi yatim piatu sejak berumur lima tahun, ketika kedua orang tuanya ditembak seorang perampok. Logan pun dibesarkan di rumah yatim piatu, setelah Pamannya juga terbunuh ketika menjalankan tugas sebagai polisi. Beranjak dewasa, Logan bergabung dengan angkatan udara  dan direkrut oleh proyek Weapon X. Namun karena tidak mau menjadi pembunuh berdarah dingin milik pemerintah, Logan pun dikeluarkan dari proyek tersebut. Setelah kejadian itu, Logan Wayne pindah ke kota New Gotham dan menjadi pemberantas kejahatan bernama Dark Claw. Ia beraksi bersama sidekicknya, yaitu Sparrow.

The Dark Claw merupakan versi gabungan dari Batman (DC) dan Wolverine (Marvel). Sedangkan Sparrow merupakan versi gabungan dari Robin (DC) dan Jubilee (Marvel).


Amazon (Ororo of Themyschira)


Mengenal Para Superhero Amalgam Comics, Gabungan Tokoh DC dan Marvel

Siapa itu Amazon?

Ororo Munroe adalah seorang mutan dari Themyschira yang bertarung dengan adiknya, Diana Prince, yang mengatakan bahwa Ororo bukanlah keturunan Amazon dan putri dari Hippolyta. Perkelahian itu dihentikan oleh Hippolyta yang menjelaskan bahwa Ororo sebenarnya ditemukan terdampar di pantai Themyschira, setelah kapal yang ditumpangi keluarganya dihancurkan oleh Poseidon. Ia kemudian diadopsi oleh para Amazon. Kenyataan itu membuat Ororo berniat membalas dendam pada Poseidon.

Amazon merupakan versi gabungan dari Storm (Marvel) dan Wonder Woman (DC).


Baca juga:



Iron Lantern (Hal Stark)


iron lantern amalgam comics hal stark

Siapa itu Iron Lantern?

Suatu hari, ketika sedang memperbaiki simulator terbang, Hal Stark terbawa oleh simulator itu (yang tiba-tiba terbang dengan sendirinya). Simulator itu mendarat di dekat sebuah kapal luar angkasa milik alien bernama Rhomann Sur, tapi ia mati sebelum menyampaikan maksudnya. Stark pun menggunakan teknologi di pesawat itu untuk menciptakan armor bertenaga baterai yang berbentuk lentera. Sejak saat itu, Hal Stark beraksi menjadi pemberantas kejahatan bernama Iron Lantern.

Iron Lantern merupakan versi gabungan dari Iron Man (Marvel) dan Green Lantern (DC).


Speed Demon (Blaze Allen)


karakter amalgam gabungan superhero marvel dan dc

Siapa itu Speed Demon?

Blaze Allen membuat perjanjian dengan Merlin sang penyihir untuk bersatu dengan Etrigan the Demon, agar dapat merebut kembali tunangannya, Iris, dari genggaman Night Spectre. Speed Demon mendapat bantuan dari Speed Demon lain. Speed Demon II ini kemudian diketahui adalah Wally West, keponakannya yang juga membuat perjanjian dengan Merlin untuk membantu pamannya.

Speed Demon merupakan versi gabungan dari Ghost Rider (Marvel), The Flash (DC) dan Etrigan the Demon (DC).

Spider-Boy (Peter Ross)


karakter amalgam gabungan superhero marvel dan dc

Siapa itu Spider-Boy?

Dalam sebuah eksperimen untuk menciptakan kembali Super Soldier, Peter Ross (asisten laboratorium Dr. Otto Octavius) terbunuh dalam kecelakaan di tempat kerjanya. Namun, klon yang digunakan dalam eksperimen menggunakan DNA Peter Parker, yang akhirnya memiliki kekuatan melawan gravitasi dan menggunakan nama ‘Spider-Boy’. Spider-Boy harus menghadapi Bizarnage, symbiote jahat yang ingin menghancurkannya beserta Project CADMUS.

Spider-Boy merupakan versi gabungan dari Spider-Man (Marvel) dan Superboy (DC).


Baca juga: 



Lobo the Duck


Mengenal Para Superhero Amalgam Comics, Gabungan Tokoh DC dan Marvel

Siapa itu Lobo the Duck?

Lobo the Duck adalah preman paling jago di seluruh galaksi. Pemburu hadiah ini disewa oleh The Offending Society untuk melawan penjahat penghancur dunia. Bahkan kekasihnya, Bevarlene, tidak mampu menenangkan pikirannya yang muram. Keadaan bertambah parah ketika musuh lama Lobo, Lunatik-Bug, ikut terlibat dalam menciptakan kekacauan.

Lobo the Duck adalah versi gabungan dari Lobo (DC) dan Howard the Duck (Marvel).


Doctor Strangefate (Charles Xavier)


Mengenal Para Superhero Amalgam Comics, Gabungan Tokoh DC dan Marvel

Siapa itu Doctor Strangefate?

Gabungan dari Doctor Strange (Marvel), Charles Xavier (Marvel) dan Doctor Fate (DC) ini adalah penguasa sihir di dunia Amalgam. Dia juga menggunakan tokoh-tokoh dunia Amalgam untuk mempertahankan keberadaan dunia gabungan itu. Di markasnya yang berada di atap Arkham Tower, Doctor Strangefate selalu ditemani pelayannya, Myx.


Demikian profil singkat dari beberapa superhero gabungan DC dan Marvel yang eksis di Amalgam Comics. Meski sangat unik, namun produk ini ternyata tidak berumur panjang, Amalgam mengakhiri keberadannya pada tahun 1997.


Next > Supervillain di Dunia Amalgam

Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: