Kamis, 04 Januari 2018

25 Rekomendasi Anime Sci-Fi Terbaik Sepanjang Masa

Simak rekomendasi anime sci-fi terbaik dan terkeren dalam artikel berikut ini!


Selowae.Net – Setelah sebelumnya kami merekomendasikan anime adventure terbaik dan anime harem ecchi terbaik, kali ini giliran anime genre science fiction atau sci-fi yang akan kami susun daftarnya.

Sci-Fi sendiri jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti ‘Fiksi Ilmiah’, artinya anime atau film sci-fi akan mengangkat cerita fiksi dengan fantasi yang kuat namun tetap berkaitan dengan unsur Sains. Anime genre sci-fi biasanya mengisahkan tentang masa depan atau sesuatu yang futuristik, mulai dari cyborg android sampai berbagai penemuan mutakhir yang belum ada saat ini.

Jika kalian tertarik untuk menonton anime science fiction, langsung saja disimak rekomendasinya berikut ini!


Rekomendasi Anime Science Fiction (Sci-Fi) Terbaik Sepanjang Masa


#1 - Steins;Gate


Rekomendasi Anime Science Fiction Terbaik Sepanjang Masa

Musim Perdana: Spring 2011
Jumlah Episode: 24
Studio: White Fox
Skor: 10

Sinopsis:

Rekomendasi anime science fiction yang pertama adalah Steins;Gate . Anime ini mengisahkan tentang Okabe, seorang ilmuan eksentrik bersama dengan teman masa kecilnya, Mayuri dan sang hacker otaku, Daru telah membentuk "Laboratorium Penelitian Gadget Masa Depan".

Mereka menghabiskan waktu di laboratorium bobrok dan kadang-kadang mencoba menciptakan gadget futuristik yang luar biasa. Salah satu penemuan yang paling menarik adalah Phone Microwave yang dapat mengirim pesan teks ke masa lalu. Akibatnya aliran waktu berubah, Okabe dan seluruh anggota laboratorium pun harus menerima konsekuensinya.


30 Rekomendasi Anime Sci-Fi Terbaik Sepanjang Masa

#2 - Aldnoah.Zero


Musim Perdana: Summer 2014
Jumlah Episode: 12
Studio: A-1 Pictures, TROYCA
Skor: 8

Sinopsis:

Pada tahun 1972, sebuah gerbang Hypergate ditemukan di permukaan Bulan. Hypergate tersebut diketahui sebagai gerbang yang dapat menghubungkan Bulan dengan Mars. Penemuan ini membuat manusia mulai bermigrasi ke Mars dan tinggal di sana. Banyaknya manusia yang tinggal di Mars membuat terbentuknya Kekaisaran Vers. Selain penemuan Hypergate, ditemukan kembali suatu teknologi peninggalan masa lalu bernama Aldnoah. Penemuan ini menjadi awal mula terjadinya konflik antara Kekaisaran Vers dengan penduduk Bumi.


#3 - Kiseijuu: Sei no Kakuritsu


Musim Perdana: Fall 2014
Jumlah Episode: 24
Studio: Madhouse
Skor: 8

Sinopsis:

Kiseijuu: Sei no Kakuritsu, anime psychological sci-fi ini mengisahkan tentang para alien yang berbentuk seperti cacing datang ke bumi yang kemudian disebut sebagai parasit. Mereka hidup dengan memakan tubuh manusia untuk dijadikan sebagai wadah.

Cerita dimulai ketika salah satu parasit tersebut mencoba masuk kedalam otak seorang anak SMA bernama Izumi Shinichi untuk memakannya, ketika ia sedang tidur. Namun sial bagi parasit tersebut, ketika baru sampai di lubang hidung, shinichi terbangun dan bersin, sehingga alien tersebut terpental keluar. Shinichi langsung bereaksi dan mencoba membunuh parasit itu, namun parasit malah masuk kedalam tangan kanan Shinichi dan memakannya untuk dijadikan wadah. Salah satu anime sci-fi terbaik ini benar-benar seru dan bisa bikin ketagihan.


#4 - Dimension W


Musim Perdana: Winter 2016
Jumlah Episode: 12
Studio: Studio 3Hz
Skor: 8

Sinopsis:

Pada tahun 2071, permasalahan tentang energi dunia dapat diselesaikan setelah ditemukannya jaringan cross-dimensional electric-field inductors-"coils" yang dapat mengekstrak energi dari suatu sumber yang diperkirakan tak terbatas. Sumber itu adalah Dimensi W, yaitu dimensi keempat yang berada diatas dimensi X, Y dan Z.

Di sisi lain, beredar coil ilegal yang dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang tak bertanggung jawab. Polisi tidak berbuat banyak untuk mengatasi mereka. Mabuchi Kyouma, yang membenci coil ditugaskan untuk mengumpulkan coil ilegal ini dengan dibantu oleh android unik bertenaga coil bernama Mira. Salah satu anime sci-fi terbaik ini jangan sampai kamu lewatkan...


Baca juga: Anime Tersedih yang Paling Mengharukan dan Bikin Nangis


Anime Sci-Fi Terbaik Sepanjang Masa

#5 - Occultic;Nine


Musim Perdana: Fall 2016
Jumlah Episode: 12
Studio: A-1 Pictures
Skor: 7

Sinopsis:

Occultic;Nine adalah anime genre mystery sci-fi yang menceritakan tentang "Paranormal Science" yang berfokus pada sembilan orang aneh yang saling terhubung melalui sebuah blog okultis "Choujou Kagaku Kirikiri Basara" yang dikelola oleh seorang siswa SMA bernama Gamon Yuuta. Keganjilan kecil yang terjadi di sekeliling sembilan orang ini akhirnya mengarah ke sesuatu yang lebih besar, kejadian tak terbayangkan yang mengubah pemikiran akal sehat (masyarakat) di dunia ini.


#6 - Made in Abyss


Musim Perdana: Summer 2017
Jumlah Episode: 13
Studio: Kinema Citrus
Skor: 9

Sinopsis:

Gua yang sangat besar yang dikenal sebagai Abyss adalah satu-satunya tempat di dunia yang belum dijelajahi. Tidak ada yang tahu seberapa dalam lubang titanic ini. Di dalamnya dihuni oleh makhluk aneh yang menakjubkan dan penuh dengan benda-benda misterius peninggalan di masa kuno yang tidak dikenal oleh manusia modern.

Generasi petualangan pemberani tertarik untuk menjelajahi kedalaman Abyss. Penjelajah lubang berbahaya yang memakan waktu itu dikenal sebagai "Cave Raider".

Di Oosu, kota yang berada di tepi jurang Abyss, tinggal seorang anak yatim piatu bernama Riko yang bermimpi menjadi Cave Raider yang hebat seperti ibunya. Suatu hari saat menjelajahi gelapnya kedalaman, dia bertemu dengan seorang anak laki-laki yang ternyata adalah robot


#7 – Mobile Suit Gundam


Musim Perdana: Spring 1979
Jumlah Episode: 43
Studio: Sunrise
Skor: 8

Sinopsis:

Rekomendasi anime sci-fi terbaik berikutnya adalah Mobile Suit Gundam. Anime legendaris ini mengambil setting pada tahun 0079 dari Universal Century. Manusia telah pindah ke ruang angkasa dan hidup di cluster koloni yang dikenal sebagai "Side". Salah satu "Side" yang menyatakan sebagai "Kerajaan Zeon", mengumumkan perang terhadap Federasi Bumi. Dengan menggunakan robot humanoid yang kuat yang dikenal sebagai "mobile suit", membuat Zeon lebih berkuasa.

Sembilan bulan sejak awal konflik, Federasi Bumi telah mengembangkan "mobile suit" sendiri yang bernama Gundam. Ketika Zeon melancarkan serangan pada barisan Gundam, seorang warga sipil bernama Amuro Ray tiba-tiba terlibat dalam konflik yang membawanya pada lintas Bumi dan Ruang Angkasa.


Baca juga: 20 Rekomendasi Anime Misteri Terbaik


Anime Sci-Fi Terbaik Sepanjang Masa

#8 – Brave Witches


Musim Perdana: Fall 2016
Jumlah Episode: 12
Genre: Action, Ecchi, Magic, Military, Sci-Fi
Skor: 7

Sinopsis:

Pada bulan September 1944 pasukan sekutu yang dipimpin oleh 501 Joint Fighter Wing "Strike Witches" berhasil menjaga keamanan Eropa Barat dari ancaman Neuroi. Sekutu pun memanfaatkan kesempatan ini dengan mulai menyusun taktik untuk melawan Eropa Tengah dan Timur. Dibentuklah basis di Petersburg, Kerajaan Orussia. Dengan segera 502 Joint Fighter Wing "Brave Witches" mendapatkan misi untuk melakukan serangan dadakan.


#9 - Persona 4 the Animation


Musim Perdana: Fall 2011
Jumlah Episode: 25
Genre: Adventure, Mystery, School, Sci-Fi, Super Power, Supernatural
Skor: 8

Sinopsis:

Narukami Yuu baru saja pindah ke Inaba, sebuah kota yang nampak tenang dan biasa yang membuatnya dengan cepat dapat berteman dengan Hanamura Yousuke, Satonaka Chie dan Amagi Yukiko. Namun, tak lama setelah kedatangan Yuu, serangkaian pembunuhan misterius mulai terjadi. Di saat yang sama, rumor tentang saluran televisi aneh yang dinamakan "Midnight Channel" mulai menyebar.

Menurut rumor yang beredar, jika seseorang melihat layar TV di tengah malam, maka orang itu dapat melihat jodohnya. Namun, setelah mengetahui jatuhnya korban yang disebabkan Midnight Channel, Yuu coba melihatnya dan membuatnya terseret ke dunia lain dalam TV yang dipenuhi dengan "Shadows", iblis dari kegelapan.

Menyadari keterkaitan antara dimensi tersembunyi dengan kasus pembunuhan, membuat Yuu dan teman-temannya mencoba untuk memecahkan kasus yang terjadi dengan menjelajahi dunia yang menyeramkan dari Midnight Channel dengan menggunakan "Persona", sebuah kemampuan yang telah terbangun dari jati diri mereka. Persona 4 the Animation tidak diragukan lagi merupakan salah satu anime science fiction terbaik sepanjang masa.


#10 – Plastic Memories


Musim Perdana: Spring 2015
Jumlah Episode: 13
Studio: Doga Kobo
Skor: 8

Sinopsis:

Plastic Memories adalah anime romance sci-fi yang mengambil setting waktu di masa depan, dimana android sudah sangat mirip dengan penampilan manusia dan telah tersebar di seluruh dunia. Sebuah perusahaan yang bernama SA Corp., memproduksi Giftia, android jenis baru yang dapat menyimpan dan bertingkah laku sangat mirip seperti manusia yang sangat berbeda dengan android lainnya.

Tetapi, karena keterbatasan teknologi, android ini masih harus membutuhkan layanan perbaikan yang berkala. Oleh karena itu SA Corp. pun menciptakan terminal perbaikan untuk memperbaiki android ini, jika android tidak di perbaiki maka android akan mengalami kerusakan dan tidak dapat diperbaiki dan ini merupakan tugas lain dari terminal service untuk mengumpulkan para android yang rusak tersebut. Jika kamu menyukai anime sciene fiction berbumbu romance yang bisa bikin baper, maka Plastic Memories yang termasuk dalam daftar anime sci-fi terbaik ini wajib kamu tonton.


Anime Sci-Fi terbaru 2018

#11 – Psycho-Pass


Musim Perdana: Fall 2012
Jumlah Episode: 22
Studio: Production I.G
Skor: 10

Sinopsis:

Tahun 2113, Sibyl System (シビュラシステム Shibyura Shisutemu) digunakan sebagai indikator untuk mengukur mental, kepribadian, dan potensi seseorang akan melakukan kejahatan. Hasil penilaian dari Sibyl System disebut dengan Psycho-Pass (サイコパス Saikopasu). Ketika sesorang terlibat dalam kejahatan dan indeks Psycho-Pass miliknya melebihi tingkat tertentu, maka ia akan segera ditangkap, atau bahkan jika perlu akan dibunuh.


#12 - Gakusen Toshi Asterisk


Musim Perdana: Fall 2015
Jumlah Episode: 12
Genre: Action, Comedy, Ecchi, Fantasy, Harem, Romance, School, Sci-Fi, Supernatural
Skor: 7

Sinopsis:

Rikka adalah Kota Akademi yang berdiri diatas air. Kota ini dikenal dengan sebutan Asterisk, tempat dilaksanakannya pertempuran terbesar di dunia. Dimulailah pertempuran hebat para genestella untuk mewujudkan impiannya.


#13 – Code Geass


Musim Perdana: Fall 2006
Jumlah Episode: 25
Studio: Sunrise
Skor: 9

Sinopsis:

Kerajaan Britannia menyerang Jepang menggunakan senjata robot raksasa yang disebut Knightmare Frame. Jepang kini dikenal sebagai Area 11. Lelouch bersumpah demi teman Jepang-nya Suzaku, ia akan menghancurkan Britannia. Beberapa tahun kemudian, Lelouch bertemu dengan gadis misterius yang memberinya kekuatan "Geass Power of the King". Code Geass tidak diragukan lagi adalah salah satu anime sci-fi terbaik dan terkeren yang tidak boleh dilewatkan.


Baca juga: Rekomendasi Anime Psychological Terbaik


daftar Anime Sci-Fi terbaru 2018

#14 – Eureka Seven


Musim Perdana: Spring 2005
Jumlah Episode: 50
Genre Sci-Fi, Adventure, Drama, Romance, Mecha
Studio: Bones
Skor: 8

Sinopsis:

Eureka Seven, anime mecha adventure berbumbu sci-fi ini menceritakan tentang Renton Thurston, anak laki-laki berusia 14 tahun yang tinggal di kota terpencil bersama dengan kakeknya yang seorang mekanik. Renton ingin pergi dari rumah dan bergabung dengan kelompok bayaran yang dikenal sebagai Gekkostate.

Dia berharap dapat menemukan petualangan seru dan dapat lepas dari desakan kakeknya yang ingin dirinya menjadi mekanik sepertinya. Suatu hari, seorang gadis bernama Eureka datang ke garasi dengan mengendarai "Light Finding Operation (LFO)" tipe NirvashZERO. Pertemuan mereka menjadi awal dari keterlibatan Renton dengan Gekkostate sekaligus menjadikannya sebagai co-pilot Nirvash bersama Eureka.


#15 - Robotics;Notes


Musim Perdana: Fall 2012
Jumlah Episode: 22
Studio: Production I.G
Skor: 8

Sinopsis:

Tahun 2019, (dengan) rasio penyimpangan 1,048596.

Masa depan di mana perangkat populer PokeCom yang dikemas dengan PhoneDroid OS, mulai beredar dan membawa dunia Augmented Reality dekat dengan kenyataan.

Di SMA Pusat Tanegashima terdapat sebuah Klub Penelitian Robot yang terancam di non-aktifkan karena tak memiliki banyak anggota. Yashio Kaito adalah salah satu dari dua anggota klub itu.

Kaito hanya tertarik dengan robot tempur dan sama sekali tidak berminat dengan kegiatan-kegiatan klub. Sementara itu, anggota lain, Senomiya Akiho bertekad untuk menyelesaikan pembuatan robot raksasa dan berjuang untuk mempertahankan klub.

Suatu hari, Kaito menemukan laporan rahasia yang berisi tuduhan terhadap seseorang bernama Kimijima Kou yang terlibat dalam konspirasi dunia.


Baca juga:

#16 – World Trigger


Musim Perdana: Fall 2014
Jumlah Episode: 73
Studio: Toei Animation
Skor: 8

Sinopsis:

Rekomendasi anime sci-fi terbaik selanjutnya ditempati oleh World Trigger. Suatu hari di Kota Mikado, sebuah gerbang menuju dunia lain terbuka. Monster-monster yang disebut "Neighbors" pun mulai muncul. Semua orang takut karena senjata Bumi tidak dapat mengalahkan monster itu. Tapi kemudian datanglah Border, sebuah organisasi yang meneliti teknologi "Neighbors" untuk melindungi gerbang. Dalam waktu singkat mereka membangun markas besar untuk melindungi kota dari serangan "Neighbors".


anime sci-fi action terbaik

#17 - Suzumiya Haruhi no Yuuutsu


Musim Perdana: Spring 2006
Jumlah Episode: 14
Genre: Comedy, Mystery, Parody, Sci-Fi, Slice of Life, School
Skor: 8

Sinopsis:

Kyon adalah siswa SMA biasa seperti kebanyakan siswa lainnya. Namun, kehidupannya berubah dari kehidupan biasa menjadi kehidupan yang luar biasa setelah bertemu dengan Suzumiya Haruhi. Bersama dengan Nagato Yuki, Asahina Mikuru, Koizumi Itsuki dan dipimpin oleh Haruhi, mereka mulai menjalankan kegiatan klub SOS yang mengkhususkan diri dalam hal yang berhubungan dengan supernatural.


#18 – Guilty Crown


Musim Perdana: Fall 2011
Jumlah Episode: 22
Studio: Production I.G
Skor: 8
Sinopsis:

Guilty Crown adalah anime genre sci-fi bersetting pada tahun 2029, ketika Jepang dilanda musibah besar yang terjadi karena kemunculan viris misterius. Jepang yang kacau balau berhasil dikendalikan oleh organisasi multinasional, GHQ. Kejadian ini kemudian dikenal sebagai "Lost Christmas".

Sepuluh tahun pun berlalu, Ouma Shuu yang seorang pelajar SMA menikmati kesehariannya dengan mendengarkan lagu yang dinyanyikan Yuzuriha Inori, penyanyi kesukaannya yang terkenal di dunia internet.

Suatu hari, secara kebetulan Shuu bertemu dengan Inori yang kemudian diketahui ternyata salah satu anggota dari "Undertakers", sebuah kelompok pemberontak yang ingin membebaskan Jepang dari kendali GHQ. Setelah pertemuan itu, Shuu mulai terseret dalam pertempuran sengit antara Undertakers dengan GHQ. Salah satu animt sci-fi terkeren ini wajib ditonton.


#19 – Black Bullet


Musim Perdana: Spring 2014
Jumlah Episode: 13
Studio: Kinema Citrus

Sinopsis:

Black Bullet adalah anime action sci-fi terbaik yang bersetting pada tahun 2021, di mana umat manusia dikalahkan oleh virus parasit bernama Gastrea. Umat manusia terpaksa hidup dalam dinding yang terbuat dari logam Varanium Monoliths yang mampu melemahkan Gastrea. Tak lama setelah itu, ditemukan "Anak-anak Terkutuk" yang lahir dengan kemampuan super yang dapat mengontrol virus Gastrea. Dibentuklah pasukan khusus pembasmi Gastrea yang terdiri dari anak-anak tersebut.


anime sci-fi terbaik

#20 – Kiznaiver


Musim Perdana: Spring 2016
Jumlah Episode: 12
Genre: Sci-Fi, Action, Drama, Thriller
Skor: 8

Sinopsis:

Anime sci-fi terbaik berikutnya adalah Kiznaiver. Mengambil latar cerita di sebuah kota fiksi Sugomori, Jepang. Suatu hari, Sonozaki mengatakan pada Katsuhira: "Kamu terpilih untuk menjadi Kiznaiver". Kizuna System, membuat Katsuhira dapat berbagi luka dan menghubungkan dirinya dengan teman sekelas yang memiliki kehidupan dan kepribadian yang berbeda darinya.

Kizuna System adalah sebuah sistem yang diimplementasikan untuk perdamaian dunia dengan menghubungkan melalui luka. Semua orang yang terhubung dalam sistem ini disebut dengan Kiznaiver. Ketika salah satu Kiznaiver terluka, sistem akan membagi dan mengirimkan luka ke Kiznaiver lainnya.


#21 - Re:CREATORS


Musim Perdana: Spring 2017
Jumlah Episode: 22
Studio: TROYCA
Skor: 7

Sinopsis:

Inilah Re:CREATORS, dunia yang semua orang adalah Pencipta. Di dunia ini banyak cerita yang tercipta dari tangan manusia. Kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, dan emosi mendalam lainnya. Cerita-cerita tersebut dapat menarik dan menggerakkan perasaan seseorang. Namun, itu hanya sebatas apa yang dirasakan oleh pengamat atau pendengar cerita. Namun, bagaimana jika para karakter atau tokoh dalam cerita tersebut memiliki kehendak sendiri? Apakah mereka yang menciptakan cerita akan menganggap diri mereka sebagai Dewa?


#22 - Kantai Collection: KanColle


Musim Perdana: Winter 2015
Jumlah Episode: 12
Studio: Diomedéa

Sinopsis:

Sebuah armada misterius yang dikenal sebagai "Abyssals" muncul dari kedalaman laut dan menyerang secara acak. Satu-satunya harapan untuk melawan ancaman ini adalah Kanmusu, sekelompok gadis-gadis yang memiliki semangat juang dalam perang antar kapal. Anime sci-fi terbaik sepanjang masa ini jangan dilewatkan.


Baca juga: Inilah yang Terjadi Jika Saitama Melawan Superhero Marvel dan DC


anime science fiction terbaik sepanjang masa

#23 - Kujira no Kora wa Sajou ni Utau


Musim Perdana: Fall 2017
Jumlah Episode: 12
Genre: Sci-Fi, Mystery, Drama, Fantasy, Shoujo
Skor: 8

Sinopsis:

Kujira no Kora wa Sajou ni Utau berkisah tentang Chakuro, seorang anak laki-laki yang tinggal di kapal raksasa "Paus Lumpur" yang melayang di atas lautan pasir. Chakuro dan teman-temannya tidak pernah melihat orang lain dari dunia luar. Sehari-hari mereka habiskan untuk mengeksplorasi dan mengetahui banyak hal. Suatu hari, muncul pulau yang mengapung di lautan pasir. Di dalam pulau tersebut, Chakura bertemu dengan seorang gadis yang akan mengubah takdirnya.


#24 – Terra Formars


Musim Perdana: Summer 2014
Jumlah Episode: 13
Studio: LIDENFILMS
Skor: 8

Sinopsis:

Anime sci-fi terbaik berikutnya adalah Terra Formars. Dalam upaya untuk menjelajah ke Mars, para ilmuwan pada abad 21 bertugas untuk menaikkan suhu planet agar manusia dapat bertahan hidup di planet ini. Untuk efisiensi dan penghematan biaya, mereka menyebar kecoa dan jamur. Jamur yang telah disebar akan menyerap sinar matahari dan menjadikan bangkai kecoa sebagai sumber makanannya.

Lima ratus tahun kemudian, kapal berawak pertama berhasil mendarat di planet ini dengan membawa enam anggota awak yang siap melaksanakan misi. Namun yang mengejutkan, mereka justru menemukan makhluk mutasi kecoa humanoid raksasa yang memiliki kekuatan fisik luar biasa.


#25 – Toaru Kagaku no Railgun


Musim Perdana: Fall 2009
Jumlah Episode: 24
Genre: Action, Sci-Fi, Super Power
Skor: 7

Sinopsis:

Satu lagi rekomendasi anime sci-fi terkeren yang wajib ditonton, yaitu Toaru Kagaku no Railgun. Kota Akademi adalah kota yang sangat maju dalam bidang teknologi dan 80% dari 2,3 juta penduduknya adalah pelajar.

Fokus utama dalam studi di kota ini untuk mempelajari kekuatan esper. Misaka Mikoto adalah salah satu esper level atas yang tinggal di kota ini bersama teman sekamarnya, Shirai Kuroko yang juga esper level atas dan merupakan anggota dari Judgement. Judgement adalah badan penegak hukum yang anggotanya adalah para pelajar.

Misaka dan Shirai adalah murid SMP Tokiwadai, sebuah sekolah swasta untuk esper level tinggi dan murid kaya. Bersama dengan dua teman lainnya, Uiharu Kazari dan Saten Ruiko, mereka berempat menjalani kehidupan di Kota Akademi yang penuh dengan petualangan menarik.


Itulah daftar rekomendasi anime sci-fi terbaik sepanjang masa yang bisa kamu jadikan referensi untuk ditonton. Klik Next untuk membaca rekomendasi anime mecha.


Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: