Jumat, 12 Januari 2018

25 Anime Sports Terbaik dari Berbagai Jenis Olahraga

Inilah rekomendasi anime sports (olahraga) terbaik sepanjang masa yang paling keren dan seru!


Selowae.Net – Setelah sebelumnya membahas daftar anime science fiction terbaik, kali ini kami akan memberikan rekomendasi anime genre sports atau olahraga paling keren yang wajib untuk ditonton.

Anime olahraga sendiri masih menjadi salah satu genre yang cukup populer di kalangan pencinta anime Jepang. Selain memberikan suguhan yang seru, anime sports juga bisa membuat orang lain tertarik untuk ikut memainkan olahraga tersebut. Contohnya adalah orang-orang yang gemar bermain voli setelah menonton anime Haikyuu, atau orang-orang yang tertarik dengan American Football setelah menonton Eyeshield 21.

Jika kamu tertarik untuk menonton anime genre sports, langsung saja disimak daftar anime sports terbaik dan terkeren sepanjang masa berikut ini!


Note: Urutan TIDAK berarti peringkat


Rekomendasi Anime Sports Terbaik Sepanjang Masa


#1 – Eyeshield 21


Rekomendasi Anime Sports Terbaik Sepanjang Masa

Musim Perdana: Spring 2005
Jumlah Episode: 145
Skor: 9

Sinopsis:

Eyeshield 21 bercerita mengenai anak remaja SMA Deimon yang bernama Sena Kobayakawa, yang merupakan seorang penakut dan sering dijahili oleh teman-temannya. Sena bergabung dalam tim America Football di sekolahnya, sebagai manager.

Youichi Hiruma yang merupakan Kapten tim American football tersebut menyadari bakat terpendam dari Sena, yaitu dapat berlari cepat diatas rata-rata. Sehingga ia memaksa Sena untuk mengenakan kostum 21 dan bermain sebagai running back. Ia pun memberi julukan kepada Sena dengan nama "Eyeshield 21". Dan perjalanan Sena sebagai Eyeshield 21 pun dimulai.


Rekomendasi Anime Sports Terbaik Sepanjang Masa

#2 – Slam Dunk


Musim Perdana: Fall 1993
Jumlah Episode: 101
Skor: 9

Sinopsis:

Slam Dunk mengisahkan tentang Hanamichi Sakuragi, seorang berandalan yang telah 50 kali ditolak perempuan. Ia kemudian bertemu Akagi Haruko, gadis idamannya yang mengajurkan Sakuragi untuk mencoba bergabung dengan tim basket SMA Shōhoku.

Sakuragi memutuskan untuk masuk tim basket agar dapat membuat Haruko terkesan dan membuktikan dirinya pantas untuk menjadi pacar Haruko. Berbagai kisah seru dan lucu pun menemani hari-hari Sakuragi. Tidak berlebihan jika Slam Dunk dikatakan sebagai salah satu anime sports terbaik sepanjang masa.


#3 – Diamond no Ace


Musim Perdana: Fall 2013
Jumlah Episode: 75
Skor: 8

Sinopsis:

Anime bergenre comedy, sports dan shounen ini mengisahkan tentang Sawamura Eijun adalah seorang pitcher yang bergabung ke sekolah elit dengan seorang catcher luar biasa bernama Miyuki Kazuya. Bersama dengan seluruh tim, mereka mengikuti Kejuaraan Koushien dengan penuh tekad dan kerja keras.


#4 – Haikyuu


Musim Perdana: Spring 2014
Jumlah Episode: 25
Skor: 9

Sinopsis:

Rekomendasi anime sports terbaik selanjutnya adalah Haikyuu!!. Anime genre comedy, sports dan school ini bercerita tentang Hinata Shouyou, seorang siswa SMP yang menyukai olahraga voli sejak ia melihat pertandingan Kejuaraan Nasional di TV. Meskipun tubuhnya pendek, ia bertekad untuk mengikuti jejak pemain bintang di Kejuaraan Nasional tersebut yg dijuluki "Little Giant".

Terinspirasi dengan pemain itu, dia mendirikan klub voli dan mulai berlatih. Akhirnya dia mendapatkan tiga anggota yang ikut bergabung, kemudian dia mengajak dua teman lainnya dari klub yang berbeda untuk ikut bergabung setidaknya hanya untuk mengikuti turnamen. Namun mereka kalah dalam pertandingan pertama setelah berhadapan dengan tim favorit juara yang salah satu pemainnya adalah Kageyama Tobio yang dijuluki "King of the Court". Meskipun timnya kalah, ia bertekad untuk melampaui dan mengalahkan Kageyama.

Haikyuu!! Tidak diragukan lagi adalah salah satu anime olahraga terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan.


Baca juga: Rekomendasi Anime Adventure Terbaik Sepanjang Masa



Anime Sports Terbaik

#5 – Ping Pong The Animation


Musim Perdana: Spring 2014
Jumlah Episode: 11
Skor: 9

Sinopsis:

Meskipun memiliki kepribadian yang berbeda, Peco dan Smile telah berteman sejak kecil. Sekarang mereka berdua menjadi anggota paling berbakat di klub tenis meja di SMA Katase. Namun, saat Peco bertanding dengan pemain China, ia kalah mutlak hingga membuatnya hancur dan berpikir untuk berhenti bermain ping pong. Sementara itu, kepribadian smile yang mudah mengalah pada lawan saat bertanding segera di ketahui Pelatih Jou dan ia mulai memotivasi Smile untuk mengatasi hambatan psikologisnya. Pelatih Jou berusaha untuk mengasah bakat yang dimiliki Smile untuk menjadi pemain ping pong yang hebat.

Mengangkat olahraga yang anti-mainstream dalam anime, Ping Pong The Animation yang tayang tahun 2014 ini berhasil menyajikan cerita keren dan mendapat skor 9 di situs MyAnimeList.


#6 – DIVE!


Musim Perdana: Summer 2017
Jumlah Episode: 12
Skor: 7

Sinopsis:

Salah satu anime sports terbaik ini mengisahkan tentang sebuah Klub Lompat Indah Mizuki yang di ambang penutupan setelah mengalami masalah keuangan. Pelatih baru klub tersebut menyakinkan ke perusahaan induk klub agar tidak menutup klub dengan satu syarat, yaitu dapat mengirimkan salah satu anggota klub dalam olimpiade yang akan berlangsung tahun depan.


#7 – Yowamushi Pedal


Musim Perdana: Fall 2013
Jumlah Episode: 38
Genre: Comedy, Drama, Shounen, Sports
Skor: 8

Sinopsis:

Yowamushi Pedal bercerita tentang seorang anak bernama Sakamichi Onoda yang baru memasuki SMA. Onoda merupakan seorang otaku yang ingin bergabung dengan klub anime. Namun karena klub anime di sekolahnya telah dibubarkan, maka ia diharuskan setidaknya menemukan 4 orang yang mau bergabung, agar klub anime di sekolahnya dapat dibentuk kembali.

Kisahnya dimulai ketika ia bertemu dengan seseorang bernama Imaizumi Shunsuke, murid baru yang mengikuti klub sepeda balap. Salah satu anime terkeren yang mengangkat olahraga sepeda ini jangan sampai kamu lewatkan!

Baca juga: 28 Anime Action Terbaik Sepanjang Masa


rekomendasi Anime olahraga Terbaik

#8 – Yuri on Ice


Musim Perdana: Fall 2016
Jumlah Episode: 12
Skor: 8

Sinopsis:

Anime sports terkeren selanjutnya adalah Yuri on Ice. Mengisahkan tentang Katsuki Yuuri yang membawa semua harapan Jepang dalam kompetisi ice skating, Gran Prix Finale harus menerima kekalahannya.

Dia pun kembali ke rumahnya di Kyushu dengan perasaan putus asa. Namun tiba-tiba, peraih juara ice skating lima kali berturut-turut, Victor Nikiforov muncul dihadapannya bersama dengan Yuri Plisetsky, skater muda Rusia yang telah mengalahkan seniornya. Victor dan kedua Yuri menerima tantangan di seri Gran Prix yang belum pernah terjadi sebelumnya.


#9 – Ballroom e Youkoso


Musim Perdana: Summer 2017
Jumlah Episode: 24
Genre Comedy, Sports, Drama, Romance, School, Shounen
Skor: 8

Sinopsis:

Ballroom e Youkoso, anime olahraga terbaik ini mengisahkan tentang Tatara Fujita, seorang murid SMP biasa yang tak memiliki tujuan hidup. Hari-harinya dia habiskan begitu saja tanpa ada hal yang spesial. Namun, kehidupannya mulai berubah ketika seorang pria misterius membawanya ke kelas ballroom dance.

Pada awalnya Tatara tidak terlalu tertarik dengan tari. Namun, setelah melihat pasangan penari yang menari dengan mengagumkan hatinya mulai tergerak dan memutuskan untuk mendedikasikan masa mudanya untuk olahraga tari.


#10 – Free!


Musim Perdana: Summer 2013
Jumlah Episode: 12
Skor: 8

Sinopsis:

Rekomendasi anime sports terbaik berikutnya ditempati oleh Free!. Sebelum lulus SD, empat anak laki-laki yaitu Haruka, Makoto, Nagisa dan Rin berpartisipasi dalam sebuah turnamen renang dan kemudian berpisah. Bertahun-tahun kemudian, mereka bertemu kembali ketika Rin menantang Haruka untuk berlomba dan memenangkannya. Tak ingin kalah begitu saja, Haruka mengumpulkan Makoto, Nagisa dan merekrut orang baru bernama Rei untuk membentuk klub renang SMA Iwatobi.


25 Anime Sports Terbaik dari Berbagai Jenis Olahraga

#11 – Kuroko no Basket


Musim Perdana: Spring 2012
Jumlah Episode: 25
Genre: Comedy, School, Shounen, Sports
Skor: 9

Sinopsis:

Tim basket SMP Teikou, tim yang sangat kuat yang telah memenangkan semua kompetisi dalam tiga periode berturut-turut. Dalam catatan cemerlangnya tersebut, terdapat lima orang pemain berbakat yang hanya dapat ditemukan dalam sepuluh tahun sekali yang sering disebut sebagai "Generasi Keajaiban". Tapi ada isu lain mengenai Generasi Keajaiban yang tidak diketahui siapapun dan tidak ada dalam catatan permainan. Satu anggota lagi yang lebih diakui dari Generasi Keajaiban. Mereka menyebutnya sebagai "Pemain Bayangan Keenam".


#12 – Captain Tsubasa


Musim Perdana: Fall 1983
Jumlah Episode: 128
Skor: 7

Sinopsis:

Rekomendasi anime sports terbaik berikutnya adalah Captain Tsubasa. Cerita berfokus pada petualangan seorang pemuda Jepang dan tim sepak bola kapten Tsubasa Oozora , nama yang secara harfiah diterjemahkan ke "Big Sky Wings". Seri ini dicirikan oleh sepak dinamis bergerak, seringkali gaya dan tidak masuk akal.

Plot Captain Tsubasa berfokus pada hubungan dengan teman- temannya, persaingan dengan lawan-
lawannya, pelatihan, kompetisi, dan tindakan dan hasil dari setiap pertandingan sepak bola. Salah satu anime olahraga terpopuler ini tentu pantas untuk kamu tonton.


#13 – Prince of Tennis


Musim Perdana: Fall 2001
Jumlah Episode: 178
Skor: 8

Prince of Tennis mengisahkan tentang Echizen Ryoma, anak kelas satu SMP yang merupakan jenius tenis –ia telah memenangkan berbagai kejuaraan tenis junior di Amerika- yang pindah ke Jepang dan bergabung dengan klub tenis SMP-nya, SMP Seigaku.

Klub tenis SMP Seigaku terkenal dengan pemain regulernya yang hebat. Hanya selang beberapa waktu sejak bergabung, Echizen yang memiliki bakat dan prestasi pun diangkat menjadi anggota reguler. Mereka bertanding, bertarung, berjuang melawan berbagai sekolah yang tak kalah kuat--bahkan terkuat di Jepang--dalam Kejuaraan Kantou dan Kejuaraan Nasional, untuk menjadi nomer satu di Jepang.


Baca juga: Apabila Saitama One Punch Man Melawan Superhero Marvel dan DC


25 Anime Sports Terbaik dari Berbagai Jenis Olahraga

#14 – Hajime no Ippo


Musim Perdana: Fall 2000
Jumlah Episode: 75
Skor: 9

Sinopsis:

Cerita diawali ketika Ippo, seorang murid sekolah menengah sering dijahili oleh berandalan tanpa bisa melawan. Suatu hari, ketika ia diganggu oleh berandalan Ippo ditolong oleh seorang petinju professional bernama Takamura. Dia berhasil membuat para berandalan itu kabur setelah mencopot semua kancing mereka dalam beberapa saat saja. Ippo yang kagum ingin menjadi petinju seperti dirinya.

Esoknya Ippo dibawa ke bawah pohon dan diajari menggunakan jab. Dia harus mengambil sepuluh daun yang jatuh dari pohon dengan cepat. Setelah berhasil, dia lalu pergi ke sasana Kamogawa untuk menjadi petinju juga. Dimulailah karier bertinju Ippo. Hajime no Ippo tidak diragukan lagi merupakan anime olahraga terbaik yang sangat sayang jika kamu lewatkan begitu saja.


#15 - Keijo!!!


Musim Perdana: Fall 2016
Jumlah Episode: 12
Skor: 7

Sinopsis:

Keijo adalah anime bergenre ecchi dan sports yang mengisahkan tentang Kaminashi Nozomi adalah seorang gadis pesenam luar biasa yang telah membuat banyak universitas dengan program senam terbaik tertarik untuk merekrutnya. Tapi karena masalah keuangan yang dialami keluarganya, Kaminashi lebih memilih terjun ke dunia "Keijo", sebuah olahraga dimana para gadis bersaing diatas platform kecil untuk menjatuhkan lawannya ke dalam air.

Hal yang unik dari olahraga Keijo adalah para pemain hanya diperbolehkan mendorong lawannya dengan menggunakan pantat atau payudara mereka.


#16 – Cross Game


Musim Perdana: Winter 2005
Jumlah Episode: 17
Skor: 8

Sinopsis:

Anime sports terbaik ini mengisahkan tentang Kou Kitamura, putra pemilik Kitamura Sports. Dalam lingkungan yang sama adalah usaha yang dijalankan oleh keluarga Tsukishima. Karena kedekatan mereka dan hubungan antara perusahaan mereka, Kitamura dan keluarga Tsukishima telah dekat selama bertahun-tahun, dengan mereka sering bolak-balik antara kedua rumah keluarga mereka. Karena Kou dan Wakaba berada diusia yang sama dan selalu bersama setiap saat, Aoba cemburu saat Kou menghabiskan waktu dengan kakaknya. Aoba adalah pitcher berbakat dengan bentuk badan yang sangat baik, dan Kou diam-diam berlatih untuk menjadi seperti dia, bahkan ketika orang-orang menunjukkan sedikit minat dalam bisbol. Bagaimana hubungan antara mereka berdua?


Baca juga: 11 Anime Komedi Terbaik yang Paling Lucu dan Bikin Ngakak


daftar Anime Sports 2018

#17 – Air Gear


Musim Perdana: Spring 2005
Jumlah Episode: 25
Skor: 7

Sinospsis:

Air Gear mengisahkan tentang Ikki atau Itsuki Minami, pria bertampang baby face dari SMP Higashi, dia melawan setiap orang yang mengusik sekolah atau teman-temannya, suatu hari Ikki dijebak oleh seorang lawan yang di hajar habis-habisan lawannya ini menyewa sekelompok Strom Raider yang bernama Skull Rider, Ikki yang belum dapat mengerti cara bertarung dengan Strom Raider kalah dengan memalukan SMP Higashi di kuasai oleh Skull Raider dan Ikki di musuhi oleh seluruh sekolah. Namun hal buruk ini kemudian membawanya ke sebuah dunia luar biasa yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Anime olahraga ini benar-benar seru dan sangat anti-mainstream. Tentu pantas menjadi salah satu anime sports terbaik sepanjang masa.


#18 – Days


Musim Perdan: Summer 2016
Jumlah Episode: 24
Skor: 7

Sinopsis:

Days adalah anime bergenre sports comedy yang bercerita tentang dua anak laki-laki bernama Tsukushi dan Jin. Tsukushi adalah seorang anak yang memiliki talenta khusus, sementara Jin dianggap sebagai seorang jenius dalam sepakbola. Pada suatu malam saat badai, Jin dan Tsukushi terseret ke dalam dunia sepakbola.


#19 – Cheer Danshi!!


Musim Perdana: Summer 2016
Jumlah Episode: 12
Skor: 7

Sinopsis:

Hanya satu olahraga di dunia ini yang memiliki peran untuk mendukung seseorang, yaitu cheerleader. Inilah kisah unik dan lucu tentang kelompok cheerleader laki-laki di sebuah universitas.
Bandoo Haruki yang frustasi dengan olahraga judo diajak teman masa kecilnya, Hashimoto Kazuma untuk membentuk "BREAKERS", tim cheerleader laki-laki yang selama ini belum pernah ada.

Anggota yang ikut bergabung diantaranya, Mizoguchi yang suka berargumen, si rakus Ton, dua orang kansai Gen dan Ichirou, lalu seorang ikemen yang berpengalaman sebagai cheerleader, Shou. Salah satu anime olahraga terbaik ini jangan sampai kamu lewatkan!


Baca juga: Anime Tersedih yang Paling Mengharukan dan Bikin Nangis


daftar Anime Sports terbaru 2018

#20 – Hikaru no Go!


Musim Perdana: Fall 21
Jumlah Episode: 75
Skor:  8

Sinopsis:

Hikaru no Go bercerita tentang Hikaru Shindo yang menemukan sebuah papan Go dalam tumpukan barang bekas kakeknya. Di papan tersebut ternyata bersemayam jiwa Fujiwara no Sai, seorang mantan guru Go kaisar Jepang, yang hidup pada masa Heian (sekitar tahun 794 – 1185).

Sai tidak bisa pergi ke nirwana sebelum menuntaskan hasratnya untuk menguasai Kami no Itte, langkah dewa yang memungkinkan seorang pemain Go mengubah kondisinya yang terdesak menjadi pemenang. Demi membantu Sai, Hikaru yang pada mulanya sama sekali tak tertarik pada Go, kemudian mulai bermain Go.


#21 – Chihayafuru


Musim Perdana: Fall 2011
Jumlah Episode: 25
Skor: 7

Sinopsis:

Chihayafuru bercerita tentang Ayase Chihaya adalah gadis semangat yang tertarik pada kompetisi karuta, sebuah permainan kartu yang didasarkan pada puisi Jepang. Chihaya mulai mengenal gaya permainan agresif dari teman SD-nya bernama Wataya Arata. Keduanya segera menjadi teman akrab. Mereka mulai bermain secara berkelompok bersama dengan Mashima Taichi, teman masa kecil Chihaya yang cerdas dan atletis. Namun saat SMP, karena suatu hal mereka harus berpisah. Seiring kehidupan baru mereka sebagai siswa SMA dimulai, mereka kembali bertemu.


#22 – All Out!


Musim Perdana: Fall 2016
Jumlah Episode: 25
Skor: 7

Sinopsis:

All Out adalah salah satu anime sports terbaik yang mengisahkan tentang olahraga rugby. Dalam olahraga rugby, tidak ada seorang ace striker, tak ada batter nomor empat, lalu siapa yang jadi bintang dalam tim?

Cerita dimulai bersamaan dengan upacara penyambutan siswa baru di SMA Kanagawa, sekolah tempat Gion Kenji yang berpostur kecil namun pemberani bergabung dengan klub rugby. Dia bergabung bersama teman kelasnya, Iwashimizu, sub-kapten Hachiouji yang selalu peduli dengan anggota klubnya, dan tentunya sang Kapten, Sekizan yang memiliki kekuatan luar biasa.

Dengan perbedaan kepribadian dan kekuatan fisik dari para anggota klub, mereka harus belajar untuk bekerja sama dan tumbuh sebagai satu kejatuan tim untuk menjadi yang terbaik.



Anime olahraga Terbaik

#23 – Ookiku Furikabutte


Musim Perdana: Spring 2007
Jumlah Episode: 25
Skor: 8

Sinopsis:

Setelah mengalami masa suram di tim bisbol SMP, Mihashi memasuki SMA Nishiura dengan bekal ketidaktahuan berinteraksi, pendapat pesimis terhadap dirinya sendiri, dan niat untuk berhenti main bisbol. Akan tetapi, di klub bisbol SMA Nishiura, butuh seorang pitcher, dan mereka pun menyambut Mihashi. Yang paling antusias lagi menyambutnya adalah Abe, seorang catcher keras hati dengan masalah bermainnya sendiri.

Dan begitulah, battery (pasangan catcher-pitcher) dengan berbagai masalahnya sendiri pun terbentuk. Jika bisa tahu bagaimana cara bekerja sama, mereka mungkin bisa menjawab masalah mereka masing-masing dan tim pun akan bisa merasakan manisnya kemenangan.


#24 – Battery


Musim Perdana: Summer 2016
Jumlah Episode: 11
Skor: 7

Sinopsis:

Saat musim semi, Harada Takumi bersama keluarganya pindah ke daerah pegunungan, Prefektur Okayama. Semenjak kepindahannya, Takumi yang merupakan seorang Pitcher mulai frustasi karena di tempat tinggalnya yang baru tak ada seorang Catcher yang dapat bersaing dengannya.

Saat ia merasa akan menyerah, tiba-tiba teman kelasnya, Nagakura Gou muncul di hadapannya dan berkeinginan untuk membentuk "battery" (kombinasi pitcher dan catcher) dengan Takumi.


#25 – Prince of Stride


Musim Perdana: Winter 2016
Jumlah Episode: 12
Skor: 7

Sinopsis:

Satu lagi anime sports terbaik yang bisa kamu tonton, yaitu Prince of Stride. Anime genre sports ini bercerita tentang sebuah olahraga ekstrim yang disebut "Stride". Setiap tim dalam olahraga ini, terdiri dari 6 orang pemain. Fujiwara Takeru dan Sakurai Nana adalah murid SMA kelas satu yang berusaha menghidupkan kembali klub olahraga "Stride" yang nyaris mati di akademi Honan. Mereka berencana untuk mengikuti turnamen "End of Summer", yaitu turnamen olahraga "Stride" yang diadakan di wilayah jepang bagian timur. Untuk memenuhi anggota tim yang kurang, mereka pun meminta Yagami Riku untuk bergabung.


Demikian daftar rekomendasi anime sports terbaik sepanjang masa yang patut kamu tonton. Klik Next untuk membaca lebih banyak anime keren yang tayang tahun 2018.


Next > Anime Terbaik 2018

Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: