Selasa, 16 Januari 2018

Siapa itu Ant-Man? Simak asal-usul Ant-Man versi Hank Pym dan Scott Lang melalui pembahasan di bawah ini!


Asal-Usul Ant-Man (Hank Pym)


Asal-Usul Ant-Man (Hank Pym)

Dr. Henry "Hank" Pym adalah salah satu ilmuwan tercerdas dari Marvel Comics. Ia adalah orang yang menemukan partikel subatomic yang kemudian diberi nama Pym Particles. Memanfaatkan partikel ini, Hank Pym membuat formula yang bisa merubah ukuran benda.

Hank Pym melakukan uji coba penemuan barunya memakai tubuhnya sendiri, yang kemudian menyebabkan dirinya terjebak di sarang semut. Untunglah, Hank Pym bisa kembali ke ukuran semula dengan formula pembalik sebelum tewas diserang semut-semut itu. Meski penemuannya berhasil, namun Hank merasa bahwa penemuan itu akan sangat berbahaya dan memutuskan untuk menghancurkan formula tersebut.

Beberapa lama kemudian, Hank menciptakan kembali formula itu namun kali ini ia juga membuat helm cybernetic yang bisa berkomunikasi dan mengontrol para semut. Akhirnya, Hank pun menciptakan kostum khusus yang dipakainya ketika mengecil seukuran semut. Ia pun menjadi superhero pembasmi kejahatan bernama Ant-Man.

Selain mengecil sebagai Ant-Man, Hank juga memiliki nama lain untuknya yang memiliki kekuatan untuk merubah ukuran tubuh menjadi setinggi 12 kaki, yaitu Giant-Man. Ia juga pernah menggunakan nama alias Goliath ketika terperangkap di ukuran raksasa (tidak bisa mengecil).

Hank Pym memiliki rekan yang juga bisa mengecil, yaitu Janet Van Dyne alias The Wasp. Orang yang menciptakan kostum Wasp adalah Hank sendiri. Keduanya pernah menjadi anggota inti kelompok superhero Avengers.


Baca juga: Asal-Usul dan Kekuatan Storm, Mutan Seksi dari X-Men



Dari sekian banyak anggota Avengers, Hank digambarkan sebagai orang yang memiliki mental paling tidak stabil. Ia bahkan pernah menjadi Yellow Jacket, nama yang ia gunakan ketika mengalami personality crisis dan schizoprenia.

Superhero Marvel Comics yang dijuluki Earth's Scientist Supreme ini juga merupakan ilmuwan yang menciptakan Ultron, salah satu musuh terbesar Avengers.


Asal-Usul Ant-Man II (Scott Lang)


Asal-Usul Ant-Man II (Scott Lang)

Scott Lang adalah Ant-Man generasi kedua, yang kita kenal dalam franchise Marvel Cinematic Universe. Ant-Man versi Scott Lang awalnya adalah seorang teknisi elektronik yang berubah menjadi pencuri agar bisa menghidupi keluarganya. Namun, kemudian ia tertangkap dan berakhir di penjara.

Ketika Cassie, anaknya, didiagnosa mengidap penyakit jantung bawaan yang serius, Scott meminta bantuan seorang Dockter Spesialis yang bisa menyembuhkan penyakit anaknya. Sayangnya, sang dokter sedang ditahan oleh Darren Cross. Mau tidak mau, sekali lagi Scott masuk ke dunia pencurian demi membebaskan si Dokter dan menyelamatkan nyawa anaknya. Scott pun nekat mencuri kostum Ant-Man di rumah Hank Pym, yang tanpa diketahuinya kalau ternyata Hank Pym tahu dan tengah mengawasinya.

Akhirnya, Scott Lang berhasil menyelamatkan Dokter tersebut yang kemudian merawat anaknya. Scott Lang pun menemui Hank Pym untuk mengembalikan kostum yang dicurinya. Namun, tanpa ia duga Hank malah memberikan kostum Ant-Man itu kepada Scott karena dia percaya bahwa Scott akan menggunakan kostum itu untuk kebaikan. Sejak saat itu, resmilah Scott Lang menjadi Ant-Man generasi kedua.

Sebagai superhero, Scott Lang pernah bergabung bersama kelompok superhero seperti Fantastic Four (anggota pengganti), Heroes for Hire, Defenders, Future Fundation dan Avengers.


Demikian pembahasan singkat seputar asal-usul Ant-Man versi Hank Pym dan Scott Lang. Selain Hank Pym dan Scott Lang, sebenarnya ada satu lagi generasi Ant-Man yaitu Eric O'Grady. Akan kami bahas di lain kesempatan. Klik Next untuk membaca asal-usul dan kekuatan The Wasp.

Next > Asal-Usul dan Kekuatan The Wasp

Previous Post
Next Post

post written by:

Loading...