Senin, 22 Januari 2018

Asal-Usul Captain Marvel (Shazam) dari DC Comics

Siapa itu Captain Marvel (Shazam)? Simak asal-usul dan kekuatannya di bawah ini!


Selowae.Net – Mempunyai mantra istimewa yang mampu mengubah kita menjadi  superhero mungkin salah satu bentuk khayalan yang pernah menghampiri para fanboy. Tapi bagi Billy Batson, impian itu terkabul.

Sejak tahun 40-an ia dapat beraksi sebagai superhero hanya dengan mengucapkan kata “Shazam!” dan mulai menghajar para penjahat. Di kalangan superhero DC Comics, para anggota Marvel Family dikenal sebagai superhero paling jujur dan polos. Mungkin karena latar belakang mereka sebagai seorang remaja yang masih lucu. Berikut merupakan pembahasan tentang Captain Marvel alias Shazam beserta beberapa hal yang terkait dengannya!


Asal-Usul Captain Marvel (Shazam) Original


 Asal-Usul Captain Marvel (Shazam) dari DC Comics

Tokoh yang menjadi asal mula mitos keluarga superhero yang mengucapkan mantra “Shazam!”ini diciptakan oleh Bill Parker dan C.C. Beck pada tahun 1940 dan pertama kali muncul dalam buku Whiz Comics #2 terbitan Fawcett Comics. Pada tahun 40-an, Captain Marvel merupakan salah satu tokoh komik paling populer. Hal ini dapat dilihat dari penjualan serial komiknya yang bahkan lebih laris dibanding komik lain seperti Action Comics dan Detective Comics. Baru pada tahun 1953, DC Comics secara resmi memiliki karakter satu ini.

Captain Marvel atau Shazam merupakan identitas rahasia Billy Batson, seorang pemuda yatim piatu yang berusaha bertahan hidup dengan cara menjual koran. Ia berada dalam keadaan ini karena pamannya yang jahat mencuri harta warisan orang tuanya dan menelantarkannya. Hidup Billy berubah drastis saat ia bertemu dengan seorang tak dikenal yang mengajaknya ke sebuah stasiun kereta bawah tanah. Di sana mereka menuju tempat tinggal penyihir bernama Shazam.

Penyihir Shazam lalu memberitahu Billy bahwa ia telah dipilih untuk menjadi jagoan pembela kebenaran. Hanya dengan mengucapkan kata “Shazam!”, Billy berubah menjadi seorang pria dewasa yang memiliki kebijaksanaan Solomon, tenaga Hercules, stamina Atlas, kekuatan Zeus, keberanian Achilles dan kecepatan Merkurius.

Billy Batson juga diberitahu bahwa jika ia ingin kembali ke wujudnya semula, ia cukup mengucapkan kata “Shazam!” sekali lagi. Setelah memberikan instruksi ini, Penyihir Shazam ditimpa sebongkah besar granit dan Billy Batson pun bersumpah untuk menjalankan tugas yang telah dipercayakan kepadanya. Meski penyihir Shazam meninggal, namun Billy masih dapat menemuinya dalam wujud hantu ketika ingin meminta nasihat.

Tidak lama setelah kemunculannya, Captain Marvel alias Shazam mendapatkan rekan-rekan yang disebut Marvel Family yang terdiri dari Mary Marvel, Captain Marvel Jr dan lainnya.


Baca juga: 7 Anggota Green Lantern Terkuat dalam Komik DC



Asal-Usul Shazam Silver Age


Asal-Usul Shazam Silver Age

Setelah kejadian Crisis on Infinite Earths, asal-usul Captain Marvel sedikit banyak dirubah. Kini Billy Batson merupakan keponakan Sivana dan Dudley. Keduanya memperebutkan hak asuh anak ini setelah kecelakaan yang merenggut orang tua Billy. Dalam versi ini, kecelakaan tersebut merupakan ulah Sivana.

Perubahan yang paling besar adalah tidak berubahnya kepribadian Billy Batson saat ia menjadi Captain Marvel (Shazam), karena di versi Fawcett saat berkata “Shazam!” badan sekaligus kepribadian Billy berubah menjadi dewasa.

Tapi asal-usul Captain Marvel ini juga kurang disukai para pembaca sehingga dalam serial The New Beginning pada tahun 1994, DC Comics menampilkan asal-usul baru yang mirip dengan versi originalnya. Kali ini orang tuanya tewas dibunuh oleh Theo Adam saat mereka menggali sebuah situs arkeologi di Mesir. Dan adik Billy, Mary, yang setelah diculik Adam juga menghilang secara misterius.

Dalam versi ini, Adam mengetahui identitas Billy Batson sebagai Shazam dan ia juga mendapatkan kekuatan yang mengubahnya menjadi Black Adam. Pada masa ini, Captain Marvel alias Shazam sempat menjadi anggota Justice League of America namun kemudian pindah ke JSA untuk mengawasi Black Adam yang pada waktu itu juga menjadi anggota JSA.


Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: