Sabtu, 06 Januari 2018

Daftar Film Animasi Batman dari Masa ke Masa

Simak daftar film animasi Batman yang masuk DC Universe Animated Original Movies berikut ini!


Selowae.Net – Setelah sebelumnya kami membahas daftar film animasi Justice League dari masa ke masa, kali ini giliran Batman yang akan kami buatkan daftarnya. Batman sendiri telah banyak diangkat ke serial dan film animasi, baik dalam jajaran DC Universe Animated Original Movies maupun dalam jajaran DC Animated Universe.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan membahas film animasi Batman yang termasuk dalam DC Universe Animated Original Movies saja. Berbeda dengan film animasi lainnya yang lebih ditujukan untuk anak-anak, film dalam DC Universe Animated Original Movies yang sekarang lebih untuk konsumsi remaja ke atas. Bahkan, ada beberapa yang memiliki rating R (dewasa) seperti Batman: The Killing Joke dan Justice League Dark.

Bagi yang ingin menonton semua film animasi Batman, berikut telah kami susun daftarnya!


Batman: Gotham Knight (2008)


Daftar Film Animasi Batman dari Masa ke Masa

Batman: Gotham Knight, film animasi yang rilis hampir bersamaan dengan film The Dark Knight ini menyajikan 6 cerita pendek yang terjadi antara Batman Begins (2005) dan The Dark Knight (2008). Keenam cerita tersebut adalah “Have I Got a Story for You”, “Crossfire”, “Field Test”, “In Darkness Dwells”, “Working Through Pain”, dan “Deadshot”.


Daftar Film Animasi Batman dari Masa ke Masa

Superman/Batman: Public Enemies (2009)


Daftar film animasi Batman berikutnya adalah Superman/Batman: Public Enemies yang rilis tahun 2009. Film ini mengadaptasi kisah “The World’s Finest” dari seri komik Superman/Batman yang terbit tahun 2003-2004.

Diceritakan Lex Luthor yang merupakan presiden Amerika menjebak Superman dengan tuduhan akan menghancurkan planet bumi menggunakan asteroid Kryptonite. Ia menjanjikan hadiah $1 juta bagi siapa saja yang bisa membunuh Superman dan partnernya, Batman.

Superman dan Batman pun berusaha untuk membongkar rencana jahat sang presiden, sembari berusaha bertahan dari serangan para supervillain yang berusaha menghabisi mereka demi mendapatkan uang hadiah.


Baca juga: Marvel Zombies, Ketika Superhero Marvel Berubah Menjadi Zombie



Batman: Under the Red Hood (2010)


Film animasi Batman yang berdurasi 75 menit ini mengadaptasi komik Under the Hood (Batman #635-641) garapan Judd Winncik. Film ini mengangkat kisah mengenai kematian Robin kedua, Jason Todd dan kelahiran kembalinya sebagai anti-hero bernama Red Hood. Kisah ini juga pernah kami bahasa dalam artikel tentang Jason Todd dan Red Hood.


Superman/Batman: Apocalypse (2010)


Superman/Batman: Apocalypse adalah sekuel dari film animasi Superman/Batman: Public Enemies. Dalam film animasi ini, Batman sebenarnya tidak berperan banyak. Ceritanya sendiri lebih berfokus pada pengenalan karakter Supergirl dan hubungannya dengan sepupunya, Superman.

Film animasi yang rilis tanggal 28 September 2010 ini diadaptasi dari “The Supergirl from Krypton” dari seri komik Superman/Batman (2004) yang ditulis oleh Jeph Loeb dan Michael Turner.


Daftar Film Animasi Batman dari Masa ke Masa

Batman: Year One (2011)


Film animasi DC berdurasi 64 menit ini berkisah tentang tahun pertama Bruce Wayne kembali ke Gotham City sebagai Batman semenjak ia menghilang selama 12 tahun demi melatih kemampuan bertarungnya. Ceritanya sendiri diangkat dari komik Batman: Year One karangan Frank Miller.


Batman: The Dark Knight Returns (2012, 2013)


The Dark Knight Returns bisa dibilang merupakan film animasi Batman terbaik dalam daftar ini. Film yang dibagi menjadi dua part ini diadaptasi dari “The Dark Knight Returns” karangan Frank Miller. Part pertama berfokus pada arc Two Face dan Mutant Gang. Sedangkan part kedua berfokus pada arc Superman dan Joker.

Dalam film animasi ini, kita juga akan melihat perselisihan Batman dan Superman yang menjadi salah satu inspirasi film Batman v Superman: Dawn of Justice.

Son of Batman (2014)


Bisa ditebak dari judulnya, cerita Son of Batman akan berfokus pada Damian Wayne, putra dari Batman dengan Talia Al Ghul. Film animasi yang diangkat dari komik Batman and Son (Batman #655-658) karya Grant Morrison ini mengisahkan kemunculan Damian dan sepak terjangnya sebagai sidekick Batman, Robin.


Baca juga: Macam-macam Robin, Sidekick Batman dari Generasi ke Generasi


film animasi batman terbaik

Batman: Assault on Arkham (2014)


Daftar film animasi Batman berikutnya adalah Batman: Assault on Arkham yang ceritanya lebih berfokus kepada enam orang kriminal pilihan Amanda Waller yang diberi nama Task Force X atau Suicide Squad.

Enam orang kriminal tersebut adalah Deadshot, Harley Quinn, Black Spider, Captain Boomerang, Killer Frost dan King Shark. Mereka diberi misi untuk mencuri flashdisk milik The Riddler yang saat itu ditahan di Arkham Asylum.


Batman vs. Robin (2015)


Batman vs. Robin rilis pertama kali pada tanggal 7 April 2015. Film animasi Batman kali ini bisa dikatakan sebagai kelanjutan dari Son of Batman. Ceritanya sendiri sedikit banyak mengadaptasi arc Court of the Owls dari seri DC New 52.


Batman: Bad Blood (2016)


Batman: Bad Blood adalah sekuel dari Batman vs. Robin. Cerita dalam film animasi ini benar-benar baru alias orisinil tidak mengadaptasi dari komik yang sudah ada. Mengisahkan tentang Batman yang berhasil ditangkap oleh Talia al Ghul dan dicuci otaknya. Robin (Damian Wayne), Nightwing, Batwing, dan Batwoman harus bekerjasama untuk menyelamatkan Batman.


Baca juga: 5 Kisah Cinta Superman, dari Lori Lemaris sampai Wonder Woman



Batman: The Killing Joke (2016)


film animasi batman terbaik

Cerita dalam film animasi “Batman: The Killing Joke”  menggabungkan adaptasi graphic novel berjudul sama karangan Alan Moore dan Brian Bolland dengan ekstra 30 menit cerita prolog yang orisinil.

Selain usaha Batman dalam menangkap Joker, di sini juga terjadi peristiwa ‘lahirnya’ karakter Oracle (Barbara Gordon) pasca dirinya ditembak oleh Joker dan mengalami kelumpuhan.


Batman and Harley Quinn (2017)


Daftar Film Animasi Batman dari Masa ke Masa

Film animasi DC terbaru yang rilis tahun 2017 ini memiliki cerita orisinil alias tidak merupakan adaptasi dari cerita yang sudah ada di komik. Plot yang ada pada film Batman & Harley Quinn ini adalah tentang Poison Ivy dan Floronic Man bekerja sama untuk mengubah seluruh makhluk hidup yang ada di bumi menjadi tumbuhan, dan Batman harus meminta bantuan dari orang yang tidak pernah ia pikirkan sebelumnya: Harley Quinn.


Demikian daftar film animasi Batman dari masa ke masa. Klik Next untuk melihat daftar live-action Batman dari masa ke masa.


Next > Daftar Film Batman

Previous Post
Next Post

post written by: