Selasa, 02 Januari 2018

Mengenal Black Adam (Theo Adam), Musuh Bebuyutan Shazam (Captain Marvel)


Siapa itu Black Adam? Simak asal-usul dan kekuatan Black Adam dalam artikel berikut ini!


Selowae.Net Theo Adam merupakan seorang asisten arkeolog yang ditugaskan untuk menyelidiki makam Rameses II di bawah pengawasan C.C. Batson dan istrinya. Dalam penggalian tersebut, ditemukan sebuah artefak berbentuk kumbang yang menyimpan kekuatan Khem Adam, yang dulu sempat dipilih sebagai pewaris kekuatan Shazam. Sejak melihat benda ini, Adam langsung terobsesi untuk memilikinya. Theo Adam pun membunuh pasangan Batson untuk dapat memilikinya. Setelah melakukan perbuatan keji ini, ia kembali ke Amerika.

Saat pertamakali melihat Captain Marvel (Shazam), Adam merasa bahwa sosok jagoan itu mirip dengan C.C. Batson yang ia bunuh. Hal ini membuatnya sadar bahwa ia merupakan reinkarnasi Khem Adam. Ia pun mencoba mengucapkan “Shazam!” sambil memegang artifak curiannya. Hal ini merubahnya menjadi Black Adam.

siapa black adam adalah kekuatan black adam
Black Adam

Black Adam kemudian menemui Shazam dan memberitahu bahwa dia yang membunuh pasangan Batson. Mendengar pengakuan ini, Shazam segera menyerang Adam dan terjadi perkelahian hebat, tapi akhirnya Shazam menang karena ia berhasil mengambil artifak sumber kekuatan Black Adam. Shazam pun menggunakan kekuatannya untuk menghilangkan suara Black Adam, agar ia tidak dapat lagi menyebutkan kata keramat itu. Singkatnya ‘Shazam’ untuk Black Adam yang juga menjadi sumber kekuatannya adalah stamina Shu, kegesitan Horus, kekuatan Amon, kebijaksanaan Zehuti, tenaga Aton dan keberanian Mehen (ini berbeda dengan singkatan Shazam-nya Billy Batson, yaitu Solomon, Hercules, Atlas, Zeus, Achilles, Mercury).

Tapi setelah itu diketahui bahwa Black Adam dan Theo Adam merupakan dua entitas yang berbeda, hal ini diketahui dari sidik jari yang diambil dari mayat kedua orang tua Billy. Black Adam kemudian merasa bahwa ia telah berubah dan bukan lagi sosok yang telah mengkhianati kepercayaan Shazam. Meskipun terkadang ia masih dapat dipengaruhi oleh Theo Adam bahkan ia pernah menyerang JLA saat berada di bawah pengaruh Theo. Namun setelah melalui operasi tumor otak Adam merasa bahwa kali ini ia benar-benar telah bebas dari pengaruh Theo dan ia pun diterima sebagai anggota JSA.

Tidak lama kemudian Black Adam beserta beberapa karakter DC lain seperti Atom Smasher, Brainwave, Northwind, Feithera, Nemesis dan mantan kurator museum JLA bernama Alex Montez yang dirasuki Eclipso membentuk tim yang memiliki cara ekstrem dalam usaha mereka menegakkan keadilan.

Black Adam kemudian menginvasi Kahndaq, negara yang merupakan negara asalnya setelah adanya perubahan kontinuitas DC. Ia melakukan ini karena pada saat itu Kahndaq berada di bawah kekuasaan seorang diktator kejam. Tindakannya ini membuat Black Adam dimusuhi oleh JSA. Akhirnya dibuat kesepakatan yang membiarkan Black Adam tetap menjadi penguasa Kahndaq selama ia tetap berada dalam batas negara itu.

Black Adam juga pernah bergabung dengan kelompok super-villain di dunia DC, contohnya Secret Society of Super-Villain karena ia ingin melindungi Kahndaq. Selain Black Adam, ada beberapa musuh Shazam lainnya yang profil singkatnya bisa kalian lihat di bawah ini.


Doctor Sivana


Doctor Sivana

Doktor yang memiliki nama asli Thaddeus Bodog Sivana ini merupakan musuh bebuyutan Shazam (Captain Marvel). Meski jika dilihat sekilas sosok pendek dan botak ini terlihat tidak menakutkan, namun kecerdasannya menjadikan Sivana salah satu supervillain paling disegani di dunia DC.

Pada zaman Fawcett, Sivana merupakan salah satu penjahat yang cukup pandai untuk dapat mengetahui identitas rahasia Shazam, superhero yang menjadi musuh bebuyutannya. Karakter satu ini bukan hanya membenci Shazam, namun juga semua Marvel Family.


Mr. Mind


musuh shazam dc

Mr. Mind merupakan anggota terakhir makhluk berbentuk cacing beritelejensi tinggi yang berasal dari Venus. Ia ditugaskan sebagai agen yang akan menyiapkan invasi ke Bumi, namun ia ditangkap oleh Bulletman, Starman dan Green Lantern (Abin Sur) sebelum sempat menjalankan rencananya.

Beberapa tahun kemudian, dengan bantuan Doctor Sivana ia berhasil menggagalkan menjalankan rencananya tapi kali ini digagalkan oleh Marvel Family. Selain berhasil menggagalkan invasi para cacing, Marvel Family juga berhasil memusnahkan semua cacing-cacing Venus tersebut.


Demikian pengenalan singkat mengenai Black Adam dari DC Comics dan beberapa musuh Shazam lainnya. Klik Next untuk membaca asal-usul dan kekuatan Shazam (New 52).


Next > Mengenal Shazam

Loading...
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: