Selasa, 09 Januari 2018

Mengenal Dan Garret, Blue Beetle Generasi Pertama

Selowae.Net – Setelah sebelumnya kami membahas asal-usul Blue Beetle generasi kedua, yaitu Ted Kord. Kali ini kami akan mengenalkan secara singkat sang original Blue Beetle, yaitu Dan Garret. Siapakah Dan Garret? Simak pengenalan singkatnya di bawah ini!


Dan Garret, Blue Beetle Generasi Pertama


siapa Dan Garret, Blue Beetle Generasi Pertama

Tokoh bernama Blue Beetle muncul pertamakali dalam buku Mystery Men Comics #1, Agustus 1939. Blue Beetle pertama ini merupakan Dan Garret, anak seorang polisi yang tewas saat bertugas, yang kemudian memutuskan untuk meneruskan profesi ayahnya.

Garret mendapatkan kekuatannya dari sejenis obat bernama Vitamin 2X, yang dibuat seorang ilmuwan bernama Dr. Franz. Saat beraksi sebagai superhero, ia juga menggunakan berbagai peralatan lain, termasuk kostum anti peluru ciptaannya sendiri.

Sebagai polisi, Garret bertugas bersama Mike Mannigan yang tidak menyadari bahwa rekannya adalah seorang superhero. Mike juga mengira Blue Beetle adalah seorang gembong kriminal.

Tokoh lain yang juga sering muncul dalam serial ini adalah Joan Mason, seorang reporter dari harian Daily Blade yang kemudian menjadi kekasih Dan Garret.

Berbeda dengan versi modern-nya, Blue Beetle versi Dan Garret sifatnya lebih mirip Batman. Ia bahkan terkenal lebih sadis dengan motto “Tembak dulu, bertanya belakangan”. Dan Garret juga mempunyai reputasi sering membunuh lawannya. Ia punya sidekick bernama Spinky, seorang biasa yang tidak punya kekuatan super.

Di era Silver Age, Dan Garret muncul kembali, walaupun didaur ulang menjadi arkeolog. Dalam versi ini, Blue Beetle mendapatkan tenaga super, kemampuan terbang dan kemampuan menembakkan petir dari sebuah artifak berbentuk kumbang yang bernama Scarab. Artifak ini ia temukan saat melakukan penggalian di Mesir.

Seperti Captain Marvel yang mempunyai mantra “Shazam!” untuk berubah wujud, Dan Garret biasanya mengucapkan “Kaji Dha!” ketika akan berubah menjadi Blue Beetle. Padahal artifak tersebut berfungsi untuk mengurung mui seorang Pharaoh jahat.

Meskipun sudah meninggal, Dan Garret telah beberapa kali dihidupkan kembali oleh artifak kumbang miliknya. Sejak kematiannya, Scarab tersebut berada di tangan Ted Kord (Blue Beetle II), namun Ted tidak bisa menggunakannya. Pengguna Scarab setelah Dan Garret adalah Jaime Reyes yang merupakan Blue Beetle generasi ketiga.


Demikian pengenalan singkat tentang Dan Garret, Blue Beetle original dari DC Comics. Klik Next untuk membaca asal-usul dan kekuatan Ted Kord.


Previous Post
Next Post

post written by: