Senin, 05 Februari 2018

Karakter DC Comics yang Mampu Merobohkan Dinding ke Empat

Breaking the 4th Wall! Sederetan karakter DC Comics ini mampu mendobrak dinding ke empat!


Selowae.Net – Apa itu Breaking the Fourth Wall? Dalam dunia komik, 'Breaking the 4th Wall' atau 'Comic Awareness' adalah sebuah kemampuan yang membuat pemiliknya sadar akan eksistensi atau keberadaannya dalam dunia fiksi. Akibatnya, karakter tersebut dapat berinteraki dengan pembaca dan bahkan penulis komik itu sendiri.

Salah satu contohnya adalah Deadpool dari Marvel Comics, di komik maupun filmnya sering kali ia berbicara atau berinteraksi dengan pembaca dan penonton. Itulah yang dinamakan Break the 4th Wall atau merobohkan dinding ke empat.

Tidak kalah dengan Marvel, DC Comics pun memiliki sederetan karakter populer yang mampu menembus dinding ke empat. Siapa saja? Berikut beberapa di antaranya!


Lobo


lobo dc comics, Karakter DC Comics yang Mampu Merobohkan Dinding ke Empat

Lobo adalah pembunuh bayaran antar galaksi yang mempunyai kemampuan Break the 4th Wall. Ia berasal dari ras Velorpian yang merupakan ras yang dikenal sulit dibunuh. Semua itu karena ras Velorpian memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri dari semua cedera. Akibat ras Velorpian susah untuk mati (bisa dibilang semi abadi), penghuni planet pun menjadi padat penduduk dan mereka berubah menjadi serakah.

Akhirnya, The Psion membuat racun yang dapat membunuh ras Velorpian sehingga ras ini musnah. Lobo adalah salah satu makhluk ras Velorpian yang berhail selamat dari racun itu. Setelahnya, Lobo menggembara menjadi pembunuh bayaran dan termasuk salah satu karakter terkuat DC (kemampuan regenerasinya bahkan lebih ampuh dari Deadpool-nya Marvel Comics).


Ambush Bug


Karakter DC Comics yang Mampu Merobohkan Dinding ke Empat

Ambush Bug muncul pertama kali dalam “DC Comics Presents #52 - Negative Woman Goes Berserk!”. Karakter DC Comics yang memiliki nama asli Irwin Schwab ini terkenal humoris dan cenderung gila.

Ambush Bug memiliki tekad kuat untuk melakukan hal baik, namun sudut pandangnya tentang kebaikan agak berbeda dengan kebanyakan orang. Karakter yang mempunyai asal-usul yang berbeda-beda ini merupakan salah satu tokoh DC Comics yang mampu mendobrak dinding ke empat.




Mr. Mxyzptlk


breaking the fourth wall, mr mxyzptlk, Karakter DC Comics yang Mampu Merobohkan Dinding ke Empat

Mr. Mxyzptlk adalah makhluk dari dimensi ke 5 yang memiliki kekuatan untuk melakukan hampir semua hal yang dibayangkannya. Dengan kekuatannya tersebut, Mr. Mxyzptlk mampu merubah Bumi menjadi Kotak, Bulan dan bahkan menjadi Keju. Meskipun kekuatannya sangat mengerikan, namun Mr. Mxyzptlk lebih suka mempermainkan Superman dan Justice League demi kesenangannya sendiri.

Satu-satunya cara untuk mengalahkan atau mengusir Mr. Myxzptlk adalah dengan memaksanya untuk menyebut nama secara terbalik. Jika berhasil melakukan itu, maka makhluk ini akan kembali ke dimensi tempat asalnya.


Joker


Karakter DC Comics yang Mampu Merobohkan Dinding ke Empat

Musuh bebuyutan Batman ini juga memiliki kemampuan Break the 4th Wall. Seperti yang kita tahu, Joker adalah psikopat yang memiliki sakit mental parah dan seorang maniak berbahaya. Semua itu cukup menjadi alasan mengapa dirinya memiliki kemampuan menembus dinding ke empat. Joker sendiri sering diperlihatkan berbicara dengan dirinya sendiri dan seakan-akan ia berbicara dengan pembaca.


Itulah beberapa karakter DC Comics yang bisa menembus dinding ke empat. Jika kamu ingin menambahkan yang lainnya, langsung saja ditulis di kolom komentar...


Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: