Rabu, 21 Februari 2018

Mengenal Thor, Sang Dewa Petir dari Marvel Comics


Siapa sebenarnya Thor? Simak pembahasan asal-usul dan kekuatan Thor di bawah ini!


Selowae.Net – Dewa Petir. Saat mendengar kata itu hal pertama yang terlintas dalam pikiran seorang fanboy pasti Thor. Tokoh Marvel Comics yang terinspirasi dari cerita mitologi dewa-dewa wilayah Skandinavia ini memang salah satu tokoh komik yang paling hebat. Bahkan ia dianggap sebagai Superman versi dunia Marvel, setidaknya sebelum kemunculan Sentry beberapa tahun lalu.

Mari kita mengenal lebih banyak tentang sang dewa petir melalui pembahasan asal-usul dan kekuatan Thor di bawah ini!


Siapa Sebenarnya Thor?


Karakter Thor muncul pada saat kreator legendaris Stan Lee ingin membuat karakter yang lebih kuat daripada Hulk. Karena merasa seorang manusia tidak akan dapat menyaingi kekuatan si Raksasa Hijau itu, Lee memutuskan untuk mengikutsertakan seorang dewa sebagai salah satu tokoh komik Marvel. Thor pun memulai debutnya dalam buku Journey into Mystery #83 yang terbit pada bulan Agustus 1962.

Thor adalah putra Odin yang ingin mempunyai seorang anak yang dapat mewakili Asgard (dunia dewa) dan Midgard (dunia manusia). Ia kemudian menikahi Gaea, yang merupakan putri tertua dewi penguasa Bumi. Dan lahirlah Thor.

Thor tumbuh bersama saudara tirinya, Loki yang selalu merasa iri padanya. Pada saat ulang tahunnya yang kedelapan Odin membuat sebuah palu magis bernama Mjolnir yang ia janjikan akan diberikan pada Thor jika Thor dapat menjadi seorang ksatria yang tangguh. Untuk bisa mendapatkan senjata tersebut Thor melatih dirinya hingga pada saat ia berusia enam belas tahun Odin merasa bahwa putra kebanggaannya ini telah menjadi prajurit terbaik Asgard dan pantas menjadi pemilik Mjolnir.


Asal-Usul Thor dalam Komik Marvel


Asal-Usul Thor dalam Komik Marvel

Kisah Thor di dunia Marvel diawali saat Odin, ayahnya, merasa Thor terlalu angkuh. Hal ini terlihat saat Thor mengejar seekor monster ke wilayah para Frost Giant. Tindakan ini hampir menimbulkan perang besar di Asgard. Odin menyadari bahwa Thor perlu belajar sifat rendah hati dan rasa sabar, dengan berat hati Odin lalu menghilangkan ingatan putranya ini dan menempatkannya dalam tubuh seorang mahasiswa kedokteran cacat bernama Donald Blake.

Donald yang tidak menyadari bahwa ia adalah Thor, menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran dan rasa rendah diri. Hal-hal tersebut ia pelajari saat ia menjalani karirnya sebagai seorang dokter.

Donald pertama kali menyadari bahwa ia adalah Thor saat makhluk Kronan berusaha menguasai Bumi. Hal ini diketahui oleh Don saat ia menjalani liburan di Norwegia. Setelah melihat pesawat para alien tersebut, Don kemudian melarikan diri ke sebuah gua. Di gua inilah Don menemukan sepotong kayu untuk kembali menjadi Thor.

Berkat usaha Thor, invasi makhluk Kronan dapat dihentikan. Thor kemudian memusatkan kegiatan heroiknya di wilayah kota New York. Di sanalah ia bertemu dengan saudara tirinya, Loki yang masih menyimpan rasa iri.

Dalam kehidupannya sebagai Donald Blake, Thor jatuh cinta pada perawat bernama Jane Foster. Hal ini menimbulkan cinta segitiga yang ganjil antara Thor, Jane, dan Don Blake.

Meski ia telah mendapatkan kembali kekuatannya, Thor tetap tidak memiliki ingatan mengenai masa lalunya, tapi hari demi hari ia mulai mengingat dn Odin pun akhirnya muncul dan memulihkan ingatan Thor. Odin juga mengenalkan Thor pada Sif, seorang jagoan wanita yang kemudian akan menambah rumit kehidupan asmara Thor.

Kisah asmara antara Thor dan Jane Foster berakhir saat Jane jatuh cinta pada seorang dokter bernama Kevin Kincard.

Thor membuang identitas Donald Blake tidak lama setelah ia bertemu Beta Ray Bill, seorang alien yang memiliki sifat tidak jauh berbeda dengannya. Thor kemudian memberikan Bill, yang juga sanggu menggunakan Mjolnir, sebuah senjata bernama Stormbreaker. Tidak hanya itu, sihir yang memungkinkannya menjadi Don Blake, juga ia alihkan pada Bill.

Thor kemudian meminta bantuan pada Nick Fury untuk membuatkannya sebuah identitas agar mempermudah kegiatannya di Bumi. Pimpinan S.H.I.E.L.D. ini kemudian memberikan nama Sigurd Jarlson pada Thor. Dalam identitas yang sepertinya dijiplak dari komik Superman ini, Thor memakai kacamata dan mengikat rambutnya saat ia bekerja sebagai seorang pekerja konstruksi.

Kejadian penting yang akan mengubah hidup Thor terjadi saat ia bersama Odin dan Loki menghadapi serangan dari para Dark Elves dan Surtur. Dalam pertempuran besar yang terjadi Odin mengorbankan dirinya untuk mengalahkan Surtur. Asgard yang kehilangan pemimpinnya kemudian berpaling pada Thor.


Namun sebelum ia sempat menghadiri upacara untuk memilih siapa yang akan menjadi pemimpin baru Asgard, Loki mengubahnya menjadi seekor katak. Saat berada dalam wujud ini, dia sempat terlibat dalam perang antara tikus dan katak di Central Park.

siapa thor adalah, kekuatan thor marvel comics adalah

Thor juga menyebut dirinya sebagai Thor the Frog. Setelah peristiwa aneh tersebut, Thor meminta para warga Asgard untuk memilih Balder, salah satu sahabatnya, menjadi pimpinan baru.

Ia juga sempat menyatu dengan sahabatnya yang bernama Eric Masterson yang hampir tewas saat berusaha menyelamatkan Thor. Tidak lama setelah kejadian ini, Loki yang telah lama menjadi musuh bebuyutan Thor menyerang keluarga Masterson dan membunuh sekretaris Masterson. Thor yang geram kemudian menyerap jiwa Loki ke dala Mjolnir, Loki pun dianggap tewas. Tapi ternyata hal ini merupakan tipuan Mephisto, yang sudah sejak lama menginginkan jiwa Loki. Setelah menghadapi Mephisto, Thor dan Masterson terpisah. Meskipun demikian Masterson tetap memiliki kekuatan super dan memakai identitas Thunderstrike.

Tapi Odin kemudian hidup kembali dan kembali menjadi raja para dewa. Di saat inilah Thor mulai menghadapi berbagai masalah psikologi. Termasuk di antaranya munculnya Evil Thor, yang merupakan perwujudan sisi jahat dirinya.

Setelah itu Thor memakai identitas Jake Olson, seorang paramedik yang tewas waktu pertempuran antara Destroyer dan Avengers. Di sini ia bekerjasama dengan Hercules untuk menghentikan para Dark Gods yang berusaha menguasai Asgard dan Olympus.


Baca juga: Mengenal Pet Avengers dari Marvel Comics



Ia kemudian bertemu dengan entitas kosmik bernama Tarene –yang kemudian menamakan dirinya Thor Girl. Mereka menghadapi Gladiator yang berusaha membunuh Thor demi mencegah terwujudnya kejadian mengerikan yang akan disebabkan oleh Thor di masa depan.

Pada saat yang sama Asgard tengah menghadapi serangan dari para Troll dan Odin terpaksa bertindak demi menyelamatkan kota ini. Ia merasa kecewa pada Thor dan menghilangkan anugerah kehidupan abadi yang telah ia berikan padanya.

Saat Thor menghadapi Destroyer yang dihidupkan kembali oleh Loki, ia terluka parah. Meski luka yang diderita oleh Jake Olson dapat disembuhkan, Thor tetap berada dalam kondisi menyedihkan. Odin yang iba melihat anaknya kemudian mengembalikan anugerah kehidupan abadi kepada Thor. Setelah pertempuran ini Thor terpisah dari Jack Olson.

Tidak lama kemudian dalam sebuah pertempuran besar antara dewa Asgard dengan Surtur, Odin yang meminjam kekuatan Tarene dan Thor mengorbankan dirinya untuk dapat membunuh Surtur.

Setelah kematian Odin, Thor pada awalnya menolak menerima posisi sebagai raja, tapi berkat nasehat dari Jake Olson, ia akhirnya menerima tanggung jawab tersebut. Sebagai penguasa Asgard, Thor pun mendapat kekuatan Odinforce.

Saat inilah Thor pun menghadapi tantangan terbesarnya, yaitu Ragnarok yang diramalkan sebagai akhir atau kiamat para dewa Asgard.

asal-usul thor, kekuatan thor odinson, awal mula thor marvel, cerita thor

Ragnarok diawali dengan serangan Loki yang bersekutu dengan Surtur. Mereka memberikan senjata yang memiliki kekuatan yang sama dengan Mjolnir pada musuh-musuh Thor. Meski pada akhirnya berakhir mengalahkan Loki dengan cara memotong leher dewa licik ini. Thor kehilangan para rekan-rekannya seperti Lady Sif dan Warriors Three.

Di tengah puing-puing akibat Ragnarok, Thor berusaha mencari tahu apa penyebab bencana dahsyat ini. Ternyata Ragnarok didalangi oleh kelompok dewa yang dikenal sebagai Those Who Sit Above in Shadow yang mengendalikan takdir para dewa Asgard dan Ragnarok merupakan siklus yang akan terus berulang.

Demi mencegah berlanjutnya siklus ini, Thor menolak tawaran para dewa terebut dan mengajaknya bergabung sebagai salah satu dari mereka. Sebagai akibatnya, dunia Asgard beserta seluruh penghuninya pun hancur.

Sesaat sebelum kematiannya Thor bertemu dengan perwujudan Odinforce yang menyatakan bahwa sang Putra Odin telah berhasil membebaskan kaumnya dari siklus Ragnarok. Hal ini ternyata merupakan misi terbesar Thor yang sengaha dibebankan padanya oleh Odin.

Sesaat setelah kematian Thor, Mjolnir mendarat di Bumi. Reed Richard yang meneliti artifak ini memperkirakan bahwa ini merupakan pertanda kembalinya Thor.

Demikian sedikit cerita perjalanan Thor dalam komik Marvel. Klik Next untuk membaca daftar kekuatan Thor.

Next > Kekuatan Thor

Loading...
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: