Rabu, 20 Juni 2018

Apakah Databook One Piece Besifat Canon?


Benarkah Databook One Piece Besifat Canon?


Selowae.Net - Banyak yang bertanya apakah databook resmi One Piece bersifat canon atau tidak. Sebenarnya ada dua pendapat umum, yaitu canon sepenuhnya dan tidak sepenuhnya canon / semi canon.

Seperti yang sudah-sudah, Databook dibuat oleh pihak Shueisha, dan tentunya dengan pertimbangan Oda. Walaupun begitu, manusia terkadang membuat kesalahan, termasuk Oda juga.

Apakah Databook One Piece Besifat Canon?
Apakah Databook One Piece Besifat Canon?

Ingat, Databook biasanya hanya memuat info yang sudah ada di manga. Jadi, jangan terlalu berharap ada info yang mendahului manganya, misalnya "Uranus itu berbentuk bla bla bla".
Plus, terkadang ada info minor yang muncul di databook, contohnya nama karakter, tanggal lahir, dan lain-lain.

Kalau bagi kami, Databook Vivre Card setidaknya bersifat canon untuk informasi yang sudah ada di manga dan "canon sementara" untuk informasi yang hanya ada di Databook.

Oleh karena itu, mesti hati-hati dalam menyampaikan info dari databook. Jangan terlalu subjektif dan mesti open mind .

Dulu nasib Sabo pernah menjadi bahan obrolan yang lama karena Databook Green (rilis di Jepang pada tanggal 4 November 2010).


Di sana disebutkan Sabo sudah mati. Well, ini karena faktanya ada anak buah Dadan bernama Dogura yang melihat kapal Sabo ditembak oleh kapal Tenryuubito (chapter 588), jadi Sabo disimpulkan mati.

Itu memang benar, pada saat itu Sabo memang dianggap mati. Tapi, tidak sepenuhnya tepat juga, karena satu chapter berikutnya (ch 589, rilis legal pada 28 Juni 2010) ada hint dari satu panel dimana Dragon berbincang dengan Ivankov. Hint tersebut mengindikasikan Dragon membawa seseorang.

Apakah Databook One Piece Besifat Canon?

Jadi pada saat itu, sepertinya info Databook Green mengenai Sabo hanya menginfokan ulang dari pernyataan Dogura.

Kalau menurut kami, saat itu memang serba salah menempatkan status Sabo di Databook. Apakah sudah mati, belum mati, atau tidak diketahui. Ketiganya pasti mengandung perdebatan. Mungkin akan lebih baik jika pihak Shueisha berhati-hati dalam memilih kata-katanya. Contohnya: "menurut Dogura Sabo sudah tewas" .

Jadi, apakah databook One Piece bersifat canon? Kamu dapat memiliki pendapat sendiri, tapi begitulah pendapat dari kami.

Next > Fakta Menarik Databook Vivre Card One Piece

Previous Post
Next Post

0 komentar: